PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 188 JAKARTA

Authors

  • Ahiruddin Ahiruddin Universitas Indraprasta PGRI
  • Harun Rasyid Universitas Indraprasta PGRI
  • Novia Novia Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.17555

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Role-Playing, Penyesuaian Diri Siswa

Abstract

Penyesuaian diri pada siswa SMP merupakan aspek penting dalam perkembangan akademik dan sosial mereka. Layanan bimbingan kelompok telah diakui sebagai metode efektif untuk membantu siswa dalam mengatasi tantangan dan masalah penyesuaian diri. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role-playing terhadap penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 188 Jakarta. Metode penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu, dengan kelompok eksperimen yang menerima layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role-playing, dan kelompok kontrol yang tidak menerima layanan bimbingan. Sampel penelitian terdiri dari siswa SMP Negeri 188 Jakarta dari berbagai tingkat kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penyesuaian diri siswa adalah kuesioner penyesuaian diri yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Layanan bimbingan kelompok dilakukan secara terstruktur dengan menggabungkan teknik role-playing untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang situasi sosial dan meningkatkan kemampuan mereka dalam menangani masalah penyesuaian diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang menerima layanan bimbingan kelompok dengan teknik role-playing mengalami peningkatan yang signifikan dalam penyesuaian diri dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role-playing memiliki dampak positif pada penyesuaian diri siswa di SMP Negeri 188 Jakarta.

References

Astutik, S., Ramli, M., & Radjah, C. L. (2020). Bimbingan Penyesuaian Diri Berbasis Cerita Malangan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1128–1133.

Atikah, J. F., & Wirastania, A. (2022). Efektivitas Teknik Role playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Surabaya. Efektor, 9(2), 264–271.

Jarkawi, J., & Abidarda, Y. (2022). Pengembangan Model Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(3), 540–546.

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta. CV.

Veronika, M., & Afdal, A. (2019). Differences in self-concept of students from intact families and non-intact families. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 3(3), 151–158.

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Ahiruddin, A., Rasyid, H. ., & Novia, N. (2023). PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA SMP NEGERI 188 JAKARTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 99–104. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i1.17555