MENGHIDUPKAN PERAN MESJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN DAN MEDIA DAKWAH KONTEMPORER

Authors

  • Abdur Rauf Universitas Muhammadiyah Riau
  • Pahruddin Hrp Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Ibnu Haikal Universitas Muhammadiyah Riau
  • Rahma Yuni Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24832

Keywords:

Masjid, Peranan Masjid, Wisata Religi.

Abstract

Wisata religi merupakan suatu kegiatan yang berkaitan erat dengan aktivitas ataupun tempat khusus yang berhubungan dengan nilai religi keagamaan. Wisata religi dimaknai sebagai kegiatan wisata yang memiliki makna khusus bagi umat beragama tertentu. Tempat-tempat ini dapat berupa tempat ibadah dan tempat bersejarah maupun makam. Penelitian ini dilakukan di Masjid Raya An-Nur Provinsi Riau. Masjid Agung An-Nur Provinsi Riau merupakan Masjid terbesardan termegah yang terletak di pusat Kota Pekanbaru, masjid ini terletak dijalan Hang Tuah, bentuk bangunan ini terlihat menyerupai gaya arsitekturNegara Arab, Turki, India, Melayu. Kebanyakan masyarakat menyebutbagunan Masjid ini menyerupai Taj Mahal India.Pembangunan Masjid Angung An- Nur Provinsi Riau berkaitandengan ide dan keinginan gubernur Riau II, Bapak Kharudin Nasutionuntuk membangun pusat kegiatan warga kota (civic center) Pekanbaru dalam kawasan terpadu. Yang meliputi adanya fasilitas rumah ibadah (Masjid Agung An-Nur) rumah sakit umum (sekarang RSUD ArifinAhmad), lapangan olahraga (dulu Stadion Hang Tuah), fasilitas. pendidikan (SMP 1, SMP 5, dan SMA 1 yang ada sekarang), dan pasar(pasar pusat/ sukaramai sekarang) rumah dinas gubernur (sekarang rumah dinas wakil gubernur) dalam suatu kawasan yang saling mendukung. Atas dasar keinginan tersebut maka dilaksanakan pembangunan rumah ibadah masjid Agung An- Nur, pembangunan Masjid Agung ini dilaksankan dengan semangat gotong royong masyarakat kota Pekanbaru bersama pemerintah.

References

Abu, K., Al, A.-A. L. ?., & Arri, M. A. (2007). Universitas islam negeri. 176.

Adam Bryan. (2021). Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan DanPariwisata Kota Pekanbaru DalamMensosialisasikan Program Wisata Halal DiKota Pekanbaru. 4722, 14–15.

Adli, F. (2021). Kontribusi Objek Wisata Halal Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pelaku Usaha Di Masjid Raya an-Nur Pekanbaru. Al-Amwal?: Jurnal Ekonomi Islam, 10(2), 87–111. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, R. (2022). Mengasah Kemampuan softskills dan hardskills calon guru SD/MI pada metode microteaching melalui pengembangan media visual mahasiswa PGMI UMRI. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11, 282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, W. (2022). PERAN GANDA GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDIT Al-HASAN KEC. TAPUNG KAB KAMPAR. 11, 301–308.

Aswidar, R., & Saragih, S. Z. (2022). Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373

Azhar, A. F. (2021). Konsep Kepemimpinan Dalam Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendi (Studi Kasus Bupati Pelalawan). https://repository.uir.ac.id/13876/%0Ahttps://repository.uir.ac.id/13876/1/167310161.pdf

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, R. (2022). Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru. Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI, 8, 100–110.

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.

Fathurohman, O. (2019). Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Eduprof?: Islamic Education Journal, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.3

Guarango, P. M. (2022). No Title??? ??? ????? ?? ?? ????? ???? ??????. ????, 8.5.2017, 2003–2005.

Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, R. T. A. E. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru. 4(6), 1734–10351.

Handayani, F. (2020). (2020). PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI05 LAWANGAGUNG SELUMA (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU). In Malaysian Palm Oil Council (MPOC) (Vol. 21, Issue 1). http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, R. syafitri. (n.d.). Pola Komunikasi Guru dengan Peserta Didik dalam. 4(3), 1162–1168.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, W. (2021). Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Islam. AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 131–146. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183

Kemon, A. (2019). Analisis Semiotika Simbol Arsitektur Kubah Masjid Agung An-nur Kota Pekanbaru. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/6897%0Ahttps://repository.uir.ac.id/6897/1/149110049.pdf

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, W. (2022). KEMAMPUAN SUMBER DAYAMANUSIA DALAMMENINGKATKAN KUALITAS MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMDI ERA DISRUPSI 1Khairul. 11, 204–226.

Kusuma, D. (2018). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah. Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328, 2 No. 2(2), 34–40.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, W. (2022). IKHTIAR KEPALAMIS RAUDHATUL MUSHALLIN TANJUNG UNGGAT DALAMMENINGKATKAN EKSISTENSI MADRASAH YANG DIPIMPINNYA MELALUI PERBAIKAN MANAJEMEN. 11(2), 285–294.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, R. S. (2022). STRATEGI GURU PAI DALAMMENGATASI PERILAKU BULLYING DI MI AL – BAROKAH PEKANBARU. 11, 204–226.

Moh. Firdaus Mochammad; Haq, A. & M. (2020). Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 5, 114–119. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7746

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Mustika Sari, R., & Amin, M. (2020). Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner dan Multidisipliner: Studi Kasus di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 2(Maret 2020), 245–252. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/409

Noviza Indar Sulistiani, Mara Yunika, V. F. S. (2019). Pada Mahasiswa Universitas Islam. 4(3812), 1–7.

Nurhaibi, Zalisman, H. H. (2023). Mitra PGMI?: UPAYA GURU PAI MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK SDIT IMAM ASY-SYAFII PEKANBARU. 9, 71–79.

Pelealu, E. R. P., Rumampuk, S., & ... (2022). Potensi Objek Wisata Religi Di Bukit Doa Kota Tomohon. HOLISTIK, Journal of Social and Culture, 15(2), 1–18. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/41755%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/viewFile/41755/37064

Ramadhan, T., Sulasiah, S., Bagaskara, F., & Chair, A. (2022). Nuansa Harmoni di Alam Kebhinekaan: Praktik Toleransi di Situs-situs Religi Indonesia. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 17(1), 169–200. https://doi.org/10.24042/al-adyan.v17i1.11016

Rifai, N., Fauzan, F., & Bahrissalim, B. (2014). INTEGRASI KEILMUAN DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM DI UIN SE-INDONESIA: Evaluasi Penerapan Integrasi Keilmuan UIN dalam Kurikulum dan Proses Pembelajaran. TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 2(1), 13–34. https://doi.org/10.15408/tjems.v1i1.1108

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, W. (2022). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis “ Subsidi Silang ” Pada SDIT Imam Asy-Syafii. 11(2), 274–284.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Utama, I. P. S. J. (2021). Desa Blimbingsari Sebagai Potensi Unggulan Wisata Religi Di Kabupaten Jembrana. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 6(2), 104. https://doi.org/10.25078/pba.v6i2.2203

Wahidin, M. (2021). Realisasi Program Bangkit Pengusaha Muslim (BPM) Badan Kesejahteraan Masjid Raya An-Nur Kota Pekanbaru. http://repository.uin-suska.ac.id/55952/

Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, D. (2022). Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, VIII, 50–59.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, E. M. S. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER GENERASI MUKMIN BERBASIS INTEGRASI AL QUR’AN DAN SUNNAH DI SDIT AL HASAN TAPUNG - KAMPAR. 12(1), 196–209.

Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Wismanto. (2021). Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru. 12(1).

Wismanto, Hitami, M., & Abu Anwar. (2021). Integrasi Islam dan Sains dalam Pengembangan Kurikulum di UIN. In Jurnal Randai (Vol. 2, Issue 1, pp. 85–94).

Wismanto, W., Yanti, N., Yapidus, Y., Pranata, H., & Deprizon, D. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 9(1), 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820

Wuryandani, W., Maftuh, B., . S., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(2), 286–295. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168

Yacob, A., Muamalah, J., Negeri, U. I., Syarif, S., & Riau, K. (2010). Nim?: 10622003728.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Rauf , A. ., Hrp, P. ., Haikal, M. I. ., & Yuni, R. . (2023). MENGHIDUPKAN PERAN MESJID SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN DAN MEDIA DAKWAH KONTEMPORER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1138–1147. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24832