PERPUSTAKAAN MASJID SEBAGAI SARANA KEGIATAN MEMBACA SERTA MEMBANGUN KESADARAN BAGI PARA JAMA’AH

Authors

  • Zahzia Kurnia Putri Universitas Muhammadiyah Riau
  • Irene Diaz Maura Universitas Muhammadiyah Riau
  • Muhammad Hafizt Ajjruraffi Sauqi Universitas Muhammadiyah Riau
  • Fika Amelia Universitas Muhammadiyah Riau
  • Wismanto Wismanto Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24779

Keywords:

Perpustakaan Masjid, Kegiatan Belajar, Membaca.

Abstract

Dalam konteks masjid sebagai tempat ibadah secara luas, salah satu fungsinya adalah masjid dijadikan tempat kegiatan untuk pendidikan dan pembinaan umat. Penelitian ini bertujuan merintis penyelenggaraan perpustakaan sebagai sarana kegiatan membaca dan belajar di Perpustakaan Masjid. Metode yang digunakan adalah teknik PRA (Participatory Research Appraisal), dengan langkah-langkah: (1) melakukan kegiatan diskusi dan pembelajaran bersama jamaah masjid mengenai membaca dan implikasinya bagi perkembangan intelektual umat islam pada umumnya; (2) menyediakan sarana belajar dan membaca berupa sejumlah buku tentang ilmu pengetahuan umum dan keagamaan; (3) melakukan kegiatan pendampingan kepada jamaah dalam belajar dan membaca sesuai dengan peminatan. Hasil penelitian menggambarkan bahwa, sejak adanya perpustakaan masjid, secara tidak langsung kegiatan belajar dan membaca di lingkungan masjid, mulai terbangun. Kegiatan ini pada prakteknya menjadi bagian dari berfungsinya kehadiran perpustakaan masjid di tengah umat.

References

Ananda, Dwi, Elsa Marfina Nandiani, Joya Anggelia, and Sherin Naura Efendi. 2024. “Ajaran Dan Gaya Hidup Dalam Islam 1” 1 (1): 52–64.

Asmarika, Amir Husin, Syukri, Wismanto, Rafifah. 2022. “Mengasah Kemampuan Softskills Dan Hardskills Calon Guru SD/MI Pada Metode Microteaching Melalui Pengembangan Media Visual Mahasiswa PGMI UMRI.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 11: 282–300.

Asmarika, Syukri, Mohd. Fikri Azhari, Mardhiah, Wismanto. 2022. “Peran Ganda Guru Kelas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sdit Al-Hasan Kec. Tapung Kab Kampar” 11: 301–8.

Aswidar, Rika, and Siti Zahara Saragih. 2022. “Karakter Religius,Toleransi, Dan Disiplin Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.” Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran 6 (1): 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v6i1.43373.

Dan, Masjid, Gedung Yayasan, Bayt Al, Rizaldi Lufti, Fery Mulya Pratama, and Nia Suryani. 2023. “Dibenahi . Selain Masjid , Dalam Yayasan Bayt Al Furqon Juga Terdapat TPA Al Furqon Yang Ingin Dikembangkan Menjadi Sekolah Formal Setingkat SD Sehingga Bisa Berkontribusi Pada Aspek Pendidikan Islam Khususnya Bagi Masyarakat Yang Masyarakat Untuk Bisa Memenuhi Kebutuhan Desain Bagi Yayasan Bayt Al Furqon Ini .” 06 (06): 623–29.

Deprizon, Radhiyatul Fithri, Wismanto, Baidarus, Refika. 2022. “Mitra PGMI?: Sistem Perencanaan Manajemen Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 (MIN 2) Pekanbaru.” Mitra PGMI?: Jurnal Kependidikan MI 8: 100–110.

Elbina Saidah Mamla, Wismanto. 2021. “Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam Al-Qur’an.” At-Thullab 1 (2): 16.

Faizin, Nur, Nur Faizin, Chandra Putri Nuraziza, Dian Amanda, Luna Arsy, Akyaila Eidelweis, Nabila Dwi, et al. 2023. “Rekonstruksi Makna Jihad Di Era Digital,” no. September: 27–39.

Fathurohman, Oman. 2019. “Kontribusi Pendidikan Karakter Dalam Sistem Pendidikan Nasional.” Eduprof?: Islamic Education Journal 1 (1): 1–20. https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i1.3.

Fitriani, Fitriani, Yola Lestari, Japeri Japeri, Silva Namira, Engkizar Engkizar, and Fuady Anwar. 2022. “Strategi Guru Dalam Mendidik Akhlak Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” Muallimuna?: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 8 (1): 13. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v8i1.6161.

Haibah, Mujahidatul, Hasan Basri, Mohamad Eri Hadiana, and Tarsono Tarsono. 2020. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5 (2): 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Hamzah, Tuti Syafrianti, Bambang Wahyu Susanto, Wismanto, Rieskha Tri Adilah. EM. 2022. “Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Al-Rasyid Pekanbaru” 4 (6): 1734–10351.

Handayani, F. (2020). 2020. Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri05 Lawangagung Seluma (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu). Malaysian Palm Oil Council (MPOC). Vol. 21. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/.

Hasan, M, A KHaliq, R B Santoso, and W Musthofa. 2018. “Pivoting Ayat Jihad Mantan Teroris Indonesia.” Ijims 2000: 2.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, Khairul Amin. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau.” Journal on Education 04 (04): 1448–60. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129.

Jamali, Jamali. 2023. “Pemanfaatan Perpustakaan Madrasah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Min 10 Hulu Sungai Utara.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Kedakwahan 16 (31): 19–30. https://doi.org/10.58900/jiipk.v16i31.32.

Jubba, Hasse. 2021. “Beradaptasi Dengan Bencana: Strategi Beribadah Umat Islam Dan Kristen Di Tengah Pandemi Covid-19.” Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya 5 (1): 1–14. https://doi.org/10.15575/rjsalb.v5i1.11164.

Junaidi, Andisyah Putra, Asmarika, Wismanto, Rizka syafitri. n.d. “Pola Komunikasi Guru Dengan Peserta Didik Dalam” 4 (3): 1162–68.

Junaidi, Zalisman, Yusnimar Yusri, Khairul Amin, Wismanto. 2021. “Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam.” AL-FAHIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3 (2): 131–46. https://doi.org/10.54396/alfahim.v3i2.183.

Khairul Amin, Imam subaweh, Taupik Prihatin, Yusnimar Yusri, Wismanto. 2022. “Kemampuan Sumber Daya manusia Dalam meningkatkan Kualitas Manajemen Lembaga Pendidikan Islam di Era Disrupsi 1Khairul” 11: 204–26.

Kusuma, Destiara. 2018. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Sholat Berjamaah.” Jurnal Kewarganegaraan P-ISSN: 1978-0184 E-ISSN: 2723-2328 2 No. 2 (2): 34–40.

Mardhiah, Amir Husin, Muhammad Imaaduddin Masjunaidi, Wismanto. 2022. “Ikhtiar Kepalamis Raudhatul Mushallin Tanjung Unggat Dalammeningkatkan Eksistensi Madrasah Yang Dipimpinnya Melalui Perbaikan Manajemen” 11 (2): 285–94.

Marzuenda, Asmarika, Deprizon, Wismanto, Riska Syafitri. 2022. “Strategi Guru Pai Dalammengatasi Perilaku Bullying Di MI Al – Barokah Pekanbaru” 11: 204–26.

Masyarakat, Pemberdayaan, Muhammad Yudi, Ali Akbar, Jln Sisingamangaraja, and Kebayoran Baru. 2023. “Peran Masjid Kampus Dalam Pengelolaan Potensi ZISWAF Dan Pemberdayaan Masyarakat,” no. April: 32–38.

Moh. Firdaus Mochammad; Haq, Azhar & Muslim. 2020. “Peranan Orang Tua Dalam Membentuk Krakter Anak Di Tpq Al-Amin Kebonagung Malang.” Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam 5: 114–19. http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/7746.

Muslim, Yusnimar Yusri, Syafaruddin, Mahyudin Syukri, and Wismanto. 2023. “Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius Di Era Disrupsi ( Studi Kasus Di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ).” Journal of Education 05 (03): 10192–204.

Mustika Sari, Ramadhanita, and Muhammad Amin. 2020. “Implementasi Integrasi Ilmu Interdisipliner Dan Multidisipliner: Studi Kasus Di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 2 (Maret 2020): 245–52. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/409.

Mustofa, Idam. 2022. “Pemberdayaan Kekuasaan Masyarakat Dalam Restrukturisasi Takmir Masjid Mubarok Dusun Pulorejo Desa Wates Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk.” Jurnal Pengabdian Masya 02: 1–14.

Nurhaibi, Zalisman, Haryuni Hariati. 2023. “Mitra PGMI?: Upaya Guru PAI Mengembangkan Karakter Religius Peserta Didik SDIT Imam Asy-Syafii Pekanbaru” 9: 71–79.

Rifa Nur Fauziyah, Asep Dudi Suhardi, and Fitroh Hayati. 2022. “Strategi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (PAIKEM) Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN X Astanaanyar Kota Bandung.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam 1 (2): 120–26. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i2.547.

Riska Syafitri, Miskun, Erfina, Rusli Ibrahim, Wismanto. 2022. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis ‘ Subsidi Silang ’ Pada SDIT Imam Asy-Syafii” 11 (2): 274–84.

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, Abunawas. n.d. “Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru” 4 (1): 1082–88.

Setiawan, Dede, Sulaiman Abdul Aziz, and Cecep Hilman. 2022. “Pengembangan Social Dan Pembangunan Pendidikan Berbasis Masyarakat.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP) 2 (2): 74–84. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i2.217.

Simanjuntak, W. 2022. “Eksistensi Komnas Ham Di Tinjau Berdasarkan Sistem Ketatanegaraan Indonesia,” no. 3. http://repository.uhn.ac.id/handle/123456789/7306%0Ahttps://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/7306/Windanesia Simanjuntak.pdf?sequence=1.

Sri Indriyani, NerianiDzakirah Nur AssyifaMaya Wulan sari, Wismanto. 2023. “Korelasi Kedudukan Dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum Dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik” 1 (2): 123–35.

Susanto, Bambang Wahyu, and Atiqah Zhafirah Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto. 2023. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Berkomunikasi Peserta Didik” 12: 327–37.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, Khairul Amin. Rafifah Qanita. 2023. “Manajemen Kepala Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menumbuhkan Pendidikan Karakter Religius Pada Era Digital.” Jurnal on Education 6 (1): 13. https://doi.org/10.29210/146300.

Wismanto, Nova Yanti, Yapidus, Hamdi Pranata, Deprizon. 2022. “Mitra PGMI?: Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI VIII: 50–59.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, Elbina Mamla Saidah. 2023. “Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di SDIT Al Hasan Tapung - Kampar” 12 (1): 196–209.

Wismanto., Zuhri Tauhid., Atiqah Zhafirah. 2023. “Upaya Pencegahan Budaya Syirik Di Media Sosial Melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan” 12: 338–50.

Wismanto. n.d. “Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.”

———. 2021. “Pembentukan Awal Generasi Mukmin Dalam Al- Qur ’ An Hadits Dan Implikasinya Pada Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Imam Asy-Syafii Pekanbaru” 12 (1).

Wismanto, Munzir Hitami, and Abu Anwar. 2021. “Integrasi Islam Dan Sains Dalam Pengembangan Kurikulum Di UIN.” Jurnal Randai.

Wismanto, Wismanto, Nova Yanti, Yapidus Yapidus, Hamdi Pranata, and Deprizon Deprizon. 2023. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Aqidah Untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Muhammadiyah Riau.” Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI 9 (1): 16–27. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v9i1.820.

Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, . Sapriya, and Dasim Budimansyah. 2014. “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2 (2): 286–95. https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Putri, Z. K. ., Maura, I. D. ., Sauqi, M. H. A. ., Amelia, F. ., & Wismanto, W. (2023). PERPUSTAKAAN MASJID SEBAGAI SARANA KEGIATAN MEMBACA SERTA MEMBANGUN KESADARAN BAGI PARA JAMA’AH. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1068–1078. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24779

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2