IMPLEMENTASI METODE REPETITIVE PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT KELAS 1B DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA

Authors

  • Muhammad Alfa Satrio Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Anggi Septia Nugroho Universitas Muhammadiyah Lampung
  • Arizal Eka Putra Universitas Muhammadiyah Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24761

Keywords:

Metode Repetitive, Pendidikan Islam, Mahfudzot, Inovasi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode repetitif pada mata pelajaran Mahfudzot kelas 1B di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 7 Kalianda, Lampung Selatan. Metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa metode repetitif memiliki dampak positif pada pencapaian santri, menciptakan lingkungan pembelajaran terstruktur dan fokus. Meskipun efektif dalam meningkatkan konsentrasi dan kemampuan hafalan, penelitian juga mengidentifikasi hambatan seperti rasa bosan. Faktor pendukung, seperti pemberian soal terkait sebelum pembelajaran, terbukti bermanfaat. Kesimpulannya, implementasi metode repetitif pada Mahfudzot dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat dasar, sementara upaya terus dikembangkan untuk mengatasi kendala dan mempertahankan keterlibatan santri.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ahmaliya, N. L., & Rif’an, A. R. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Mengatasi Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Aliyah Integratif Nahdlatul Ulama Al-Hikmah Jeru Tumpang. Journal Islamic Studies, 5(1), 77. https://doi.org/10.32478/jis.v5i1.1509

Aulia Mustika Ilmiani, S. Pd. I, M. Pd, Dr. A., S. Ag, M. S. I. (2020). Metodologi pembelajaran bahasa arab konvensional hingga era digital (1st ed.). yogyakarta: Ruas media.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462

Dristiana, G. L., & Lumbantoruan, J. (n.d.). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Keyboard Menggunakan Metode Drill.

Evananda, F., Bafadal, I., & Sobri, A. Y. (2018). Studi Kasus Implementasi Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dolan. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 252–262. https://doi.org/10.17977/um027v1i32018p252

Inaku, M. S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pembelajaran Seni Rupa Materi Merancang Dan Menyelenggarakan Pameran di Kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 471. https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.471-482.2022

Indarsari, M. S. (2023). Penggunaan Metode Repetition And Feedback Dalam Menunjang Pembelajaran Anak Slow Learners. Refleksi Edukatika?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(2), 172–181. https://doi.org/10.24176/re.v13i2.8316

Kholish, A. (2022). Pendidikan Multikultural di Pondok Pesantren Tradisional dan Modern sebagai Upaya Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (Studi di Pondok Pesantren Asy Syamsuriyah Brebes). 1(1).

Kurniawan, A. (n.d.). Metode Pembelajaran Di Era Digital 4.0.

Mufidah, N. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. al Mah?ra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218. https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03

Mukminin, A. (2021). Metode Pembelajaran Mahfudzod Dalam Mendisiplinkan Siswa Kelas X Ma Al-Iman Wonogiri: Mahfudzod’s Learning Method In Discipline Students Of Class X MA AL-IMAN WONOGIRI. Jurnal Jaringan Penelitian Pengembangan Penerapan Inovasi Pendidikan (Jarlitbang), 47–56. https://doi.org/10.59344/jarlitbang.v7i1.91

Pelatihan Metode Repetitive Learning Dalam Mengembangkan Kecerdasan Kognitif Anak Usia Dini. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4).

Wahidah, A. N. (2022). Mengurangi Tingkat Plagiarisme melalui Metode Repetitive dalam Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Mahasiswa PAI FTIK IAIN Pontianak. 05(01).

Yohanes Bery Mokalu, E. C. W. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran. Soscied Journal Social, Science, and Education, 5(2).

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Satrio , M. A. ., Nugroho, A. S. ., & Putra, A. E. . (2024). IMPLEMENTASI METODE REPETITIVE PADA MATA PELAJARAN MAHFUDZOT KELAS 1B DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR KAMPUS 7 KALIANDA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 842–848. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24761