PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SEKOTA DILI TIMOR LESTE

Authors

  • Pascoela decastro Gonçalves M Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sumartiningsih Universitas Negeri Semarang
  • Ranu Baskora Aji Putra Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24740

Keywords:

Sarana Prsarana, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Permasalahan tentang kurangnya sarana prasana penjas akan menghambat proses pembelajaran penjas, dan siswa akan bosan dan banyak yang antri di tambah kurangnya minat siswa hal tersebut dapat berpengaruh pada prestasi hasil belajar siswa. Maka dari itu penulis sangat tertarik dengan judul tersebut karena pada observasi yang dilakukan terdapat minimnya sarana prasarana pada proses pemebelajaran penjas di sepuluh SMP sekota dili Timor Leste. Metodelogi dalam penelitian ini Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi,wawanwacara dan dokumentasi, informan penelitian siswa SMP Negeri dan Swasta di Kota Dili Timor Leste yang diambil setiap sekolah 40 siswa sehingga jumlah siswa 400 orang, sedangkan guru penjas masing-masing sekolah satu orang baik negeri maupun swasta, sehingga 10 orang guru penjas, serta 10 kepala sekolah tempat penelitian ini dilakukan. Hasil penelitian tentang Pengaruh sarana prasarana terhadap hasil pembelajaran penjas di sepuluh 10 (sepuluh) Sekolah di Kota Dili Timor Leste yaitu (1) Ebc3 Sergio de Mello Dili Timor Leste, (2) Sekolah Ebc.3 Esperanca de Patria, (3) Sekolah Ebc 3 Nobel de Paz, (4) Sekolah Colegio Paulo IV, (5) Sekolah Ebc. 3 Farol Dili, (6) Sekolah Ebc. 3 Anur Dili, (7) Sekolah Ebc. 3 Sao Jose, (8) Sekolah Ebc.3, Sacrojes Becora Operario, (9) Sekolah Ebc Bidau Akadiru, dan (10) Sekolah Ebc.3, Santa Teresinha Bedois, pada cabang olahraga  Atletik, Bola Voli, Bola Basket, Sepak Bola, Senam dan Aktivitas Ritmik,  menunjukan bahwa sarana dan prasana pada sekolah-sekolah tersebut masih kurang, sehingga pembelajaran Penjas belum maksimal dalam praktik.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian dan pendekatan praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Budiman, M., Haetami, M., & Triansyah, A. (2022). Hubungan Sarana Prasarana Dan Keefektifan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Di Madrasah Aliyah Negeri II Pontianak. Jurnal Marathon, 1(1), 1–14.

Cameron, R. (2011). Mixed methods research: The five Ps framework. Electronic Journal of Business Research Methods, 9(2).

Creswell, J. W. (2012). Personal copy: Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Pearson Education, Incorporated.

Liansoro, A. (2010). Kompetensi guru pendidikan jasmani: Analisis dari perspektif manajemen. Penjasor, 67.

Moleong, L. J. (2007). Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 134.

Suryobroto, A. S. (2004). Diktat Mata Kuliah Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani. Yogyakarta: FIK-UNY.

Yuniari, K. M., Suarni, N. K., Parmiti, D. P., Yuliati, Astutik, Y., Hariani, L. S., ..., Winahyu, T., Dyah Fitri Utami, Susanti, K. A., Suadnyana, I. N., Zulaikha, S., Suliswa, S., Rosmaiyadi, R., Buyung, B., Siallagan, A., Sartono, L. N., Raguwan, S. T. R., Sabang, S. M., … Elferina, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema Sehat Itu Penting Subtema Pola Hidup Sehat Pada Siswa. Jurnal Peluang, 3(1), 1.

Yunita, A., Arnawilis, & Irawan, Y. (2022). Upaya Instalasi Rekam Medis dalam Menjaga Keamanan Rekam Medis di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 2(2), 168–182. https://doi.org/10.25311/jrm.vol1.iss3.384

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

M, P. decastro G. ., Sumartiningsih, S. ., & Putra, R. B. A. . (2024). PENGARUH SARANA PRASARANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP SEKOTA DILI TIMOR LESTE. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1212–1216. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24740