ADMINISTRASI PERSONALIA PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA HAMPARAN PERAK

Authors

  • Makmur Syukri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nabila Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Sri Retno Anjani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nuraini Kabeakan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Athiyya Azzahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24482

Keywords:

Pendidikan, Sekolah Dasar, Kurikulum

Abstract

Manajemen personalia adalah kegiatan pegawai sekolah yang secara efektif membantu dan mendorong kemajuan belajar mengajar  sehingga tujuan pendidikan  tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan administrasi personalia di Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Perak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif adalah jenis metode penelitian yang mengumpulkan data sebagai kumpulan kata-kata, gambar, dan bukan  angka. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, observasi atau observasi langsung, serta pengumpulan dan pencatatan dokumentasi fotografi. Tempat penelitian  adalah  Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Perak dan sumber informasi utama adalah wawancara dengan  kepala Madrasah. Tujuan manajemen guru adalah untuk memastikan bahwa staf pengajar berkualitas tinggi, berkomitmen dan memenuhi persyaratan bekerja di lingkungan pembelajaran. Hal ini penting untuk mendukung tujuan pelatihan dan pengembangan individu. Ada beberapa komponen dalam mengelola atau mengelola pelatihan staf, antara lain perencanaan, perekrutan, pelatihan, dan pemecatan.

References

Burhanuddin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah. Raja Wali Pers.

Musyarapah, M., Khadijah, K., Octavia, N., & Afifa, A. (2022). Pendampingan Tata Kelola Administarasi Personalia di Smk Karsa Mulia Kota Palangka Raya. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 107. https://doi.org/10.35931/ak.v1i2.755

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380

Rusman. (2022). Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 78–84.

Sagala, S. (2010). Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Smith, H., Ismail, R., & Machmud, N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(4), 184–190. https://doi.org/10.5281/zenodo.7678382.

Subroto, S. (1998). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan Di Sekolah. Bina Aksara.

Suhailah, N., Azrina, N., & Aulia, S. R. (2023). Peningkatan Administrasi Pendidikan dalam PGPAUD?: Studi Kasus Implementasi Teknologi Informasi di Sekolah PAUD. 7, 22364–22369. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10096/8155

Tenggarong, D. (2019). Administrasi Personalia Pendidikan. Ilmu Pendidikan, 7, 27–37.

Wilson, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gelora Aksara.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Syukri, M. ., Nabila, N., Anjani, S. R. ., Kabeakan, N. ., & Azzahra, A. . (2023). ADMINISTRASI PERSONALIA PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA HAMPARAN PERAK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 1024–1030. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24482

Most read articles by the same author(s)