ADMINISTRASI PERSONALIA PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH SWASTA HAMPARAN PERAK
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.24482Keywords:
Pendidikan, Sekolah Dasar, KurikulumAbstract
Manajemen personalia adalah kegiatan pegawai sekolah yang secara efektif membantu dan mendorong kemajuan belajar mengajar sehingga tujuan pendidikan tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan administrasi personalia di Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Perak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif kualitatif adalah jenis metode penelitian yang mengumpulkan data sebagai kumpulan kata-kata, gambar, dan bukan angka. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik wawancara, observasi atau observasi langsung, serta pengumpulan dan pencatatan dokumentasi fotografi. Tempat penelitian adalah Madrasah Aliyah Swasta Hamparan Perak dan sumber informasi utama adalah wawancara dengan kepala Madrasah. Tujuan manajemen guru adalah untuk memastikan bahwa staf pengajar berkualitas tinggi, berkomitmen dan memenuhi persyaratan bekerja di lingkungan pembelajaran. Hal ini penting untuk mendukung tujuan pelatihan dan pengembangan individu. Ada beberapa komponen dalam mengelola atau mengelola pelatihan staf, antara lain perencanaan, perekrutan, pelatihan, dan pemecatan.References
Burhanuddin. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Keuangan Syariah. Raja Wali Pers.
Musyarapah, M., Khadijah, K., Octavia, N., & Afifa, A. (2022). Pendampingan Tata Kelola Administarasi Personalia di Smk Karsa Mulia Kota Palangka Raya. Al-Khidma: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 107. https://doi.org/10.35931/ak.v1i2.755
Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i2.380
Rusman. (2022). Tantangan Sumber Daya Manusia di Era Globalisasi. Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(2), 78–84.
Sagala, S. (2010). Manajemen Strategi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.
Smith, H., Ismail, R., & Machmud, N. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(4), 184–190. https://doi.org/10.5281/zenodo.7678382.
Subroto, S. (1998). Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan Di Sekolah. Bina Aksara.
Suhailah, N., Azrina, N., & Aulia, S. R. (2023). Peningkatan Administrasi Pendidikan dalam PGPAUD?: Studi Kasus Implementasi Teknologi Informasi di Sekolah PAUD. 7, 22364–22369. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/10096/8155
Tenggarong, D. (2019). Administrasi Personalia Pendidikan. Ilmu Pendidikan, 7, 27–37.
Wilson, B. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gelora Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Makmur Syukri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.