ANALISIS LINGUISTIK TERHADAP CERPEN ‘GUBRAK! (2011)’ KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA: KAJIAN SINTAKSIS BAHASA INDONESIA.

Analisis Cerpen

Authors

  • Budiman Budiman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mhd Alfin Rangkuti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Anggi Dwi Rosidi Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Dea Octavia Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Jeihan Fitrah Wardanah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Ade Safitri Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Syajida Syajida Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Putridary Aprilliya Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Athiyya Azzahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wahit Gunadi Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23279

Keywords:

Cerpen, Semantik, Sintaksis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis linguistik terhadap cerpen "Gubrak! (2011)" karya Seno Gumira Ajidarma dengan fokus pada aspek sintaksis, semantik, ruang, waktu, dan pragmatik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Hasil analisis sintaksis mengungkap struktur cerita dalam urutan satuan isi, alur sebab-akibat, dan skema transformasi. Analisis semantik menyoroti makna kata-kata, ungkapan, dan deskripsi dalam narasi. Ruang fisik dan psikologis, perubahan waktu, serta aspek pragmatik juga dijelajahi untuk memahami dinamika cerita dan interaksi antarkarakter. Penelitian ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana elemen linguistik membentuk kekuatan naratif dan makna dalam cerpen "Gubrak!", serta bagaimana cerita tersebut mencerminkan nilai-nilai moralitas dan kompleksitas kehidupan masyarakat.  

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Irawati, W. O. (2022). Analisis Cerpen Magena Karya. Sosmaniora (Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora), 276.

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan RD. Edisi Revisi XXII. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata . Nana Syaodih, 2011, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sumardjo, J. & Saini K. M. (1997). Apresiasi Kesusasteraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Suroto. (1989). Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMU (teori dan bimbingan). Jakarta: Erlangga

Susan, Stainback. (1988). Undertanding & Conducting Qualitative Research. Kendall/Hunt Publishing Compani ; Dubuque, lowa. Sebagaimana dikutip oleh Sugiyono dalam bukunya yang berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D”. CV. Alfabeta, Bandung 2013, hlm 241. Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Tarmin, W., & Sulistyawati, R. (2019). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta : UHAMKA.

Downloads

Published

2024-01-27

How to Cite

Budiman, B., Rangkuti, M. A. ., Nasution, A. D. R. ., Nasution, D. O. ., Wardanah , J. F. ., Siregar, A. S. ., Syajida , S. ., Nasution, P. A. ., Azzahra, A. . ., & Harahap, W. G. . (2024). ANALISIS LINGUISTIK TERHADAP CERPEN ‘GUBRAK! (2011)’ KARYA SENO GUMIRA AJIDARMA: KAJIAN SINTAKSIS BAHASA INDONESIA.: Analisis Cerpen. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1431–1437. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23279

Most read articles by the same author(s)