SOCIAL SUPPORT: KUNCI PENINGKATAKAN SELF-ACCEPTANCE PADA REMAJA PELAKU TINDAK KRIMINAL
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24428Keywords:
Social Support, Self-Acceptance, RemajaAbstract
Remaja pelaku tindak pidana kejahatan yang terbukti bersalah akan ditempatkan dalam Lembaga Pembimbingan Khusus Anak (LPKA). Sebagai anak binaan, individu cenderung tidak dapat menghindari perasaan menyesal, malu, dan rendah diri dari anak seusianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh social support terhadap self-acceptance pada remaja pelaku tindak kriminal di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA). Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja pelaku tindak kriminal di LPKA berusia 14-18 tahun sebanyak 133 partisipan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner berskala likert. Kuesioner terdiri dari 41 pertanyaan, yaitu dari 23 item Social Provisions Scale dan 18 item Unconditional Self-Acceptance Questionnaire. Pengujian hipotesis dilakukan mengggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menemukan bahwa social support secara signifikan dan positif mempengaruhi self -acceptance sebesar 26,5% (p = 0.00 < 0.05).References
Adynatha, M. A. (2020). Sikap penerimaan anak di lembaga pembinaan khusus anak kelas II jakarta. Jurnal Justitia. Jurnal Hukum Dan Humaniora, 7(2), 380–389. https://doi.org/10.31604/justitia.v7i2.380-389
Agustina, W., & Naqiyah, N. (2020). Studi kasus penerimaan diri rendah siswa kelas Viii smpn 1 sukodono. Jurnal BK Unesa, 11, 525–539.
Andriani, H. F., & Subroto, M. (2022). Penerapan konsep community based correction dalam pembinaan anak di lembaga pembinaan khusus anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8309–8318.
Audina, Y., Syifanita, S., Alfahis, F. U., & Soetikno, N. (2023). Teen anger management and education: Anger management for adolescent perpetrators of violence in special child development institutions class II jakarta. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(3).
Bilicha, P. N., Nashori, F., & Sulistyarini, I. (2022). Positive thinking training for improving self-acceptance of children in correctional facility. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 10(2), 89–93. https://doi.org/10.22219/jipt.v10i2.16557
Christy, Z. A., & Soetjiningsih, C. H. (2023). Fenomena dukungan sosial: Bagaimana kaitannya dengan motivasi belajar pada siswa smp? Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1).
Database Peraturan BPK. (n.d.). Sistem Peradilan Pidana Anak . Database Peraturan.
Huang, Y., Wu, R., Wu, J., Yang, Q., Zheng, S., & Wu, K. (2020). Psychological resilience, self-acceptance, perceived social support and their associations with mental health of incarcerated offenders in china. Asian Journal of Psychiatry, 52, 102166. https://doi.org/10.1016/j.ajp.2020.102166
Jonata, M., & Butar, H. F. B. (2023). Impelementasi pendidikan kepada anak (studi kasus pada lembaga pembinaan khusus anak kelas II bengkulu). Soliditas, 5(1).
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2023, January 20). Catatan pengawasan perlindungan anak di masa transisi pandemi; Pengasuhan positif, anak indoensia terbebas dari kekerasan. Berita KPAI.
Maharani, D., & Adriansyah, M. A. (2021). Hubungan penerimaan diri dan dukungan sosial terhadap adaptasi sosial pada anak yang menjadi korban perceraian orang tua. Jurnal Imiah Psikologi, 9, 909–920. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Mulyadi, P., Zamralita, & Saraswati, K. D. (2020). Social support and students’ academic engagement. Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020.
Mursyid, M., & Ladiku, R. (2023). Hubungan antara dukungan sosial dengan penerimaan diri pada remaja di pondok pesantren al-islam kabupaten gorontalo. Elsia: Jurnal Psikologi Manusia, 2(1), 37–43.
Ojembe, B. U., Kalu, M. E., Donatus Ezulike, C., Iwuagwu, A. O., Ekoh, P. C., Oyinlola, O., Osifeso, T., Makanjuola, J. O., & Kapiriri, L. (2022). Understanding Social and Emotional Loneliness among Black Older Adults: A Scoping Review. Journal of Applied Gerontology, 41(12), 2594–2608. https://doi.org/10.1177/07334648221118357
Onah, T. A., Olofin, F. T., & Izzumia, B. F. (2020). Perceived influence of coping stragtegies on the psychological well-being of prison inmates in benue state. Keffi Journal of Counseling and Psychoteraphy, 2(1).
Papalia, D. E., & Martorell, G. (2021). Experience human development.
Papalia, D. E., & Martorell, G. (2023). Experience human development (15th ed.). McGraw Hill.
Pasinringi, M. A. A., Vanessa, A. A., & Sandy, G. (2022). The relationship between social support and mental health degrees in emerging adulthood of students. Golden Ratio of Social Science and Education, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.52970/grsse.v2i1.162
Prasetyo, A. (2020). Perlindungan hukum bagi pelaku tindak pidana. Mizan: Jurnal Ilmu Hukum, 9(1), 51. https://doi.org/10.32503/mizan.v9i1.1054
Ramdani, R. T., Hidayati, N. O., & Hernawaty, T. (2022). Penerimaan diri pada anak didik lapas (andikpas) di lembaga pembinaan khusus anak (lpka). Jurnal Keperawatan, 14(1).
Sagita, S., Rifayanti, R., & Rasyid, M. (2022). Interaksi sosial dengan kesepian pada remaja panti asuhan. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 102.
Sari, G. D. P. A., Kurniadi, P., Muslimah, S., Kaloeti, D. V. S., & Sakti, H. (2022). The role of social support and resilience in prison inmates: Literature study. Proceedings of International Conference on Psychological Studies (ICPSYCHE, 3(1), 387–395.
Sari, N., & Saleh, K. (2022). Tinjauan yuridis penerapan sanksi pidana pada kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa menurut pasal 310 undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Jurnal Politik Dan Pemerintahan Daerah, 4(22). https://doi.org/10.36355/jppd.v4i2.55
Singstad, M. T., Wallander, J. L., Lydersen, S., Wichstrøm, L., & Kayed, N. S. (2020). Perceived social support among adolescents in residential youth care. Child and Family Social Work, 25(2), 384–393. https://doi.org/10.1111/cfs.12694
Soetikno, N. (2020). Descriptive study of adolescent depression in covid-19 pandemic. Proceedings of the 2nd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2020).
Wahyuningsih, Z., Mujidin, & Yuzarion. (2021). Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan penerimaan diri pada santri pondok pesantren. Psyche 165 Journal, 14(2), 186–191. https://doi.org/10.35134/jpsy165.v14i2.61
Ward, K. P., & Lee, S. J. (2022). Associations of food insecurity and material social support with parent and child mental health during COVID-19. Children and Youth Services Review.
Yulia, Y. (2019). Hubungan antara dukungan orangtua dengan motivasi belajar pada remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2).
Yuliarsih, E., Daharnis, D., & Karneli, Y. (2020). Self-acceptance of young prisoners in the institute for special education for children (lpka). Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 19–23. https://doi.org/10.24036/4.14341
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yasmin Audina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.