MEDIA ELEKTRONIK ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA

Authors

  • Ari Gunardi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Jhon Pahamzah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24039

Keywords:

Android, Hasil Belajar, Mahasiswa, Media Elektronik.

Abstract

Media elektornik android selama ini belum digunakan secara maksimal oleh mahasiswa untuk mendukung perkuliahan. Sebagian kecil mahasiswa masih menggunakan android untuk hal-hal negatif dan tidak mendidik. Riset ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara kuantitatif penggunaan media elektronik android untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Metode riset yang digunakan deskriptif kuantitatif. Langkah-langkah riset yang dilakukan menentukan karakteristik responden, mengukur data, melakukan perbandingan, dan validasi. Hasil riset menunjukan media elektronik android dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa yang terukur adalah hasil belajar sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Mahasiswa harus didorong agar dapat memanfaatkan media elektronik android secara maksimal dan positif. Masih banyak mahasiswa yang belum mengoptimalkan androidnya untuk membantu perkuliahan. Beberapa mahasiswa masih menggunakan android untuk konten-konten negatif. Konten-konten positif yang mendukung perkuliahan masih malas untuk dipelajari. Mereka hanya menginginkan sesuatu yang praktis dan cepat. Dosen harus mendampingi secara berkelanjutan untuk hal tersebut. Beberapa riset lanjutan tentang penggunaan android untuk mendukung pembelajaran perlu ditingkatkan.

References

Abdullah, B. (2023). Edukasi Pembayaran Zakat yang Dilakukan melalui Uang Elektronik dalam Perspektif Akad Muamalah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 288–298. https://doi.org/10.30595/jhes.v6i1.14962

Adesti, A., & Nurkholimah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Sosiologi. Edutainment: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 8(1), 27–38. https://doi.org/10.35438/e.v8i1.221

Aeni, W., N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 10(2), 193–202. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Amin, A., K., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Magistra, 94(27), 12–23.

Arfianti, R., Susatyo, E., B., Prasetya, A., T., & Nurhayati, S. (2023). Desain Media Pembelajaran Fun Colloid berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Peserta Didik pada Materi Sistem Koloid. Chemistry in Education, 12(1), 76–83. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/61546%0Ahttps://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/61546/24103

Arsyad, M., N., & Lestari, D., E., G. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Mobile Learning berbasis Android terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 10(1), 89–105. https://doi.org/10.25273/ajsp.v10i1.5072

Haryadi, R., & Kansaa, H., N., A. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. At-Tàlim: Jurnal Pendidikan, 7(1), 68–73. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim. v7i1.426

Jazuli, M., Azizah, L., F., & Meita, N., M. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android sebagai Media Interaktif. Jurnal Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22

Kasriana, Ode, R., & Magfirah, I. (2023). Penggunaan Sumber Belajar Majalah Elektronik (E-Magazine) Berbasis Android Materi Ajar Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 605–611.

Mubarok, I., W., & Kartika, P., C. (2019). Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(1), 19–24. https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6124

Mulyani, E., W., S. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 06(02), 122–136. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136

Nuryanto, S., Muzanil, Y., A., & Masya, F. (2021). Sistem Informasi E-Learning Berbasis Android untuk Tingkat Sekolah Dasar (Studi Kasus: SDI Al-Hadiriyah). JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 11(3), 44–52. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/13591

Pardede, H., & Sitorus, P. (2021). Pemanfaatan Interactive E-Book Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Suluh Pendidikan, 9(1), 18–23. https://doi.org/10.36655/jsp.v9i1.523

Putra, R., W., Sari, L., P., Meirina, R., Nursyam, Y., Hamzaini, & Zaidi, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Musik Digital Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 3604–3611. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2732

Putri, D., P., E. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 5(2), 66–111. https://doi.org/10.32923/edugama.v5i2.972

Rahmadani, A., F., Suryani, K., Widyastuti, R., Gultom, A., P., N., & Sulastri, R. (2022). Pengembangan Modul Elektronik Evaluasi Pendidikan Komputer Berbasis Android di Perguruan Tinggi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 20(2), 246–258. https://doi.org/10.31571/edukasi.v20i2.4143

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/jps.091.01

Utami, N., Gimin, & Riadi, R. (2022). Pengaruh Media Mobile Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS SMAN 15 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 15815–15823.

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Gunardi, A., Pahamzah, J., & Muhyidin, A. (2024). MEDIA ELEKTRONIK ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 427–433. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.24039