UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22830Keywords:
Model Siklus Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji relevansi Model Dick Carrey dalam sharing of knowledge sebuah pembelajaran terkhusus pada pelajaran PAI yang pada studi kasusnya adalah SMP IT Baitul Anshor Cimahi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana melakukan observasi terjun kelapangan dengan mengamti proses pembelajaran serta melakukan wawancara Temuan penelitian menunjukkan bahwa desain instruksional Dick dan Carey sangat cocok untuk proses belajar berbasis keterampilan. Dalam konteks ini, sangat penting bagi lembaga pendidikan dan guru untuk terus bekerja untuk meningkatkan pendidikan agama Islam. Tujuannya adalah untuk memastikan tujuan belajar dengan nilai-nilai lucu dapat dipenuhi seefisien mungkin dengan kohort yang masuk. Penelitian ini memberikan dasar bagi penelitian lanjutan dan pengembangan model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang mana Guru berperan aktif sebagai fasilitator kunci dalam mencapai hasil positif sebuah pembelajaran.References
Ali, Muhammad H. 2000. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-10. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo
Ayan, Jordan E. 2002. Bengkel Kreativitas: 10 Cara Menemukan Ide-ide Pamungkas. Penerjemah Ibnu Setiawan. Aha!: 10 Ways to Free Your Creative Spirit and Find Your Great Ideas Bibliografi. 1997. Bandung: Kaifa
Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: P2LPTK
Dasna, I Wayan dan Sutrisno. 2004. Pengembangan Bahan Ajar Model Learning Cycle Untuk Pengajaran Bahasa inggris di SMA. (Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V), Surabaya, 5 – 9 Oktober 2004
DePorter, Bobbi dan M. Hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Penerjemah Alwiyah Abdurrahman. Quantum Learning: Unleashing the Genius in You. 1992. Edisi 1. Bandung: Kaifa
Dryden, Gordon. dan J. Vos. 2002. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution): Belajar Akan Efektif Kalau Anda Dalam Keadaan “Fun” Bagian I: Keajaiban Pikiran. Penerjemah Ahmad Baiquni. The Learning Revolution: to Change the Way the World Learns. 1999. Bandung: Kaifa
Santyasa, I Wayan. 2004. Model Problem Solving Dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. (Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V), Surabaya, 5 – 9 Oktober 2004.
Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan kesebelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Andri Kurniawan, John Pahamzah, Asep Muhyidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.