UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE)

Authors

  • Andri Kurniawan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • John Pahamzah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Asep Muhyidin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22830

Keywords:

Model Siklus Belajar; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji relevansi Model Dick Carrey dalam sharing of knowledge sebuah pembelajaran terkhusus pada pelajaran PAI yang pada studi kasusnya adalah SMP IT Baitul Anshor Cimahi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana melakukan observasi terjun kelapangan dengan mengamti proses pembelajaran serta melakukan wawancara Temuan penelitian menunjukkan bahwa desain instruksional Dick dan Carey sangat cocok untuk proses belajar berbasis keterampilan. Dalam konteks ini, sangat penting bagi lembaga pendidikan dan guru untuk terus bekerja untuk meningkatkan pendidikan agama Islam. Tujuannya adalah untuk memastikan tujuan belajar dengan nilai-nilai lucu dapat dipenuhi seefisien mungkin dengan kohort yang masuk. Penelitian ini memberikan dasar bagi penelitian lanjutan dan pengembangan model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang mana Guru berperan aktif sebagai fasilitator kunci dalam mencapai hasil positif sebuah pembelajaran.

References

Ali, Muhammad H. 2000. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke-10. Bandung: PT Sinar Baru Algensindo

Ayan, Jordan E. 2002. Bengkel Kreativitas: 10 Cara Menemukan Ide-ide Pamungkas. Penerjemah Ibnu Setiawan. Aha!: 10 Ways to Free Your Creative Spirit and Find Your Great Ideas Bibliografi. 1997. Bandung: Kaifa

Dahar, R.W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: P2LPTK

Dasna, I Wayan dan Sutrisno. 2004. Pengembangan Bahan Ajar Model Learning Cycle Untuk Pengajaran Bahasa inggris di SMA. (Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V), Surabaya, 5 – 9 Oktober 2004

DePorter, Bobbi dan M. Hernacki. 2002. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan. Penerjemah Alwiyah Abdurrahman. Quantum Learning: Unleashing the Genius in You. 1992. Edisi 1. Bandung: Kaifa

Dryden, Gordon. dan J. Vos. 2002. Revolusi Cara Belajar (The Learning Revolution): Belajar Akan Efektif Kalau Anda Dalam Keadaan “Fun” Bagian I: Keajaiban Pikiran. Penerjemah Ahmad Baiquni. The Learning Revolution: to Change the Way the World Learns. 1999. Bandung: Kaifa

Santyasa, I Wayan. 2004. Model Problem Solving Dan Reasoning Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. (Makalah disajikan dalam Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia V), Surabaya, 5 – 9 Oktober 2004.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cetakan kesebelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Kurniawan, A., Pahamzah, J. ., & Muhyidin, A. . (2023). UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4405–4413. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22830