KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENURUT ZAKIYAH DRAJAT

Authors

  • Fikri Nur Rachman UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ema Roslaeni UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Farhan Abdurohim Pamungkas UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tarsono Tarsono UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ulfiah Ulfiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23986

Keywords:

Kepribadian, Guru, Zakiyah Drajat

Abstract

Idealnya, seorang guru memiliki karakteristik kepribadian yang baik, karena karakteristik kepribadian yang baik ini adalah salah satu kompeten yang harus dimiliki oleh berguru berdasarkan UU No 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Namun realitanya, selama ini para guru kurang menyadari jika kepribadian yang mereka tunjukkan didepan anak didiknya sangat berpengaruh pada perkembangan karakter anak didik itu sendiri. Para guru cenderung hanya menunaikan tugas utama mereka yaitu mengajar, tanpa memperhatikan jika apa yang mereka lakukan dilihat, didengar, dan ditiru oleh peserta didiknya. Berdasarkan berbedanya antara kondisi ideal dengan realita, penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik kepribadian guru yang dianggap penting dalam proses belajar-mengajar, berdasarkan pandangan dan pengalaman Zakiyah Drajat. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan Kualitatif dengan metode Studi Kepustakaan/Litelatur. Hasil dari penelitian ini  dijelaskan bahwasannya menurut Zakiyah Drajat ada enam unsur pokok kepribadian guru dalam proses belajar yakni, kegairahan dan kesediaan untuk belajar, membangkitkan minat anak didik, menumbuhkan bakat sikap dan nilai, mangatur proses belajar mengajar, hubungan manusiawi dalam situasi pengajaran, pemindahan pengaruh belajar dan penerapannya dalam kehidupan umum.

References

Al-farabi, M., OK, A. H., & Nasution, M. R. I. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam dalam Perspektif Zakiah Daradjat. Urnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 17(1), 11.

Edy, E., & Maryam, S. (2022). Kompetensi Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Edusifa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 48–67. https://doi.org/10.56146/edusifa.v6i1.4

Fahruddin, A. H., & Sari, E. N. T. (2020). Implementasi Kode Etik Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 151. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v13i2.643

Ghofur, A., & Albab, U. (2022). Islamic Educational Thought: Zakiyah Darajat’s Perspective. 95–107.

Hadziq, H. A. F. (2021). Konsep Psikologi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Prof. Dr. Zakiah Daradjat. Study Pendidikan, 7(1), 107–128.

Hafsah M. Nur, & Nurul Fatonah. (2023). Paradigma Kompetensi Guru. Jurnal PGSD UNIGA, 2(1), 12–16. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JPGSDU/about

Hakim, N., & Fitriana, S. (2018). Konsep Pendidikan Anak Perspektif Zakiah Daradjat Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 13(02), 301–331. https://doi.org/10.37680/adabiya.v13i02.28

Indria, A. (2019). GAGASAN DAN PEMIKIRAN ZAKIYAH DARADJAT DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Ruhama?: Islamic Education Journal, 3(1), 18–23.

Mahdany, D. (2023). Pendidikan Islam Kontemporer Perspektif Ibnu Sina dan Zakiah Darajat Accepted?: Reviewed?: 2(1), 1–20.

Nisa, A. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 102. https://doi.org/10.22373/je.v4i2.3282

Nunzairina, N. (2018). Sejarah Pemikiran Psikologi Islam Zakiah Daradjat. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(1), 99. https://doi.org/10.30829/j.v2i1.1793

Pratiwi, F., Hidayah, A. N., Khairani, N., & Jannah, S. N. (2018). Pendidikan Anak Menurut Zakiah Daradjat. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 46. https://doi.org/10.24014/potensia.v4i1.4505

Ramaliya. (2018). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Bidayah: Studi Ilimu-Ilmu Keislaman, 9(1), 77–87.

Rosyad, A. M., & Zuchdi, D. (2018). Aktualisasi pendidikan karakter berbasis kultur sekolah dalam pembelajaran IPS di SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 79–92. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v5i1.14925

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sutrisna, G., & Artajaya, G. S. (2022). Problematika kompetensi kepribadian guru yang memengaruhi karakter peserta didik. Stilistika, 11(1), 1–14. https://doi.org/10.5281/zenodo.7416908

Waston, W., & Rois, M. (2017). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Psikologi Islam (Studi Pemikiran Prof. Dr. Zakiyah Daradjat). Profetika: Jurnal Studi Islam, 18(1), 27–35. https://doi.org/10.23917/profetika.v18i1.6298

Wukir, R. (2008). Kajian Terhadap Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Guru. Lex Jurnalica, 5(3), 187–205. https://media.neliti.com/media/publications/18047-ID-kajian-terhadap-undang-undang-nomor-14-tahun-2005-tentang-guru-dan-dosen-dalam-r.pdf

Zola, N., & Mudjiran, M. (2020). Analisis Urgensi Kompetensi Kepribadian Guru. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 88–93. https://doi.org/10.29210/120202701%0Ahttps://jurnal.iicet.org/index.php/jppi%0AAnalisis

Downloads

Published

2024-01-05

How to Cite

Rachman, F. N. ., Roslaeni, E. ., Pamungkas, F. A. ., Tarsono, T., & Ulfiah, U. (2024). KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU DALAM PROSES BELAJAR MENURUT ZAKIYAH DRAJAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 45–55. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23986