MODEL DICK CARREY DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER RELIGIUS

Authors

  • Usamah Al Mujahid Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Tarsono Tarsono Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Mulyawan Safwandy Nugraha Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22268

Keywords:

Model Pembelajaran Dick And Carey , Keterampilan Siswa, Peran Guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji relevansi Model Dick Carrey dalam sharing of knowledge sebuah pembelajaran terkhusus pada pelajaran PAI yang pada studi kasusnya adalah SMP IT Baitul Anshor Cimahi. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang mana melakukan observasi terjun kelapangan dengan mengamti proses pembelajaran serta melakukan wawancara Temuan penelitian menunjukkan bahwa desain instruksional Dick dan Carey sangat cocok untuk proses belajar berbasis keterampilan. Dalam konteks ini, sangat penting bagi lembaga pendidikan dan guru untuk terus bekerja untuk meningkatkan pendidikan agama Islam. Tujuannya adalah untuk memastikan tujuan belajar dengan nilai-nilai lucu dapat dipenuhi seefisien mungkin dengan kohort yang masuk. Penelitian ini memberikan dasar bagi penelitian lanjutan dan pengembangan model pembelajaran yang relevan untuk meningkatkan mutu pendidikan agama Islam yang mana Guru berperan aktif sebagai fasilitator kunci dalam mencapai hasil positif sebuah pembelajaran.

References

Abdulhak, Ishak, and Oos M. Anwas. “MODEL KONVERGENSI DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN,” n.d., 50–72.

Aripin, Zezen Futuhal, Uus Ruswandi, and Abdul Aziz. “Desain Pembelajaran Model Dick and Carey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam” 10 (2022): 68–79.

Azizah, Nur. “Perilaku Moral Dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum Dan Agama.” Jurnal Psikologi 33, no. 2 (2015): 1–16.

Basuki, Sulistyo. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku, 2010.

Bower, William Clayton. “Moral and Spiritual Values in Education?: A Challenge to Every American.” Social and Philosophical Foundations of Education. 2., 1952. https://uknowledge.uky.edu/upk_social_and_philosophical_foundations_of_education/2.

Dewi, Elawati, Devy Muhammad, and Ari Susandi. “Peran Pendidikan Akhlak Dalam Penanggulangan Krisis Moralitas Sosial Di ERa Globalisasi.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4, no. 1 (2022): 214–22.

Dick, Model-model Desain Intruksional, D A N Addie, Pengembangan Intruksional, Carey Assure, and H M Nasron. “MODEL-MODEL DESAIN INTRUKSIONAL: DICK & CAREY, ASSURE, DAN ADDIE, DALAM PENGEMBANGAN ALAT PERAGA EDUKATIF Abstrak” 7 (2023): 51–69.

Eissa, Manar, and Madihah Khalid. “Development of Character and Life Skills through Islamic Methods of Teaching Acquired Science Subjects at Islamic International Schools in Malaysia.” IIUM Journal of Educational Studies 6, no. 1 (2019): 3–17. https://doi.org/10.31436/ijes.v6i1.143.

Eko, Budi, Setiyono Riau, Iwan Junaedi, and Info Artikel. “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS VII BERDASARKAN GAYA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN PBL” 5, no. 2 (2016): 166–78.

Fauzi, Irfan, and Didi Suryadi. “Inventa?: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Didactical Design Research Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sekolah Dasar” 04, no. 1 (2020): 58–68.

Hasriadi, H. “Metode Pembelajaran Inovatif Di Era Digitalisasi.” Jurnal Sinestesia 12, no. 1 (2022): 136–51. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161.

Jauhari, Muhamad Tanthowi. “Desain Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah” 2, no. 1 (2020): 328–41.

John Wedman, and Martin Tessmer. “Instructional Designers Decisions and Priorities: A Survey of Design Practice.” Performance Improvement Quarterly 6, no. 2 (1993).

Lubis, Ahmad RIfai. “IDENTIFIKASI PERILAKU DAN KARAKTERISTIK AWAL PESERTA DIDIK (Konsep Dan Pola Penerapan Dalam Desain Instruksional),” no. 64 (2008): 28–34.

Martono, Nanang. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Raya Grafindo Persada, 2011.

Muga, Wilfridus, Bayu Suryono, and Eko Lodang Januarisca. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY” 1 (2017): 260–64.

Muhali, Muhali. “Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 3, no. 2 (2019): 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126.

Munir, Muhammad. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF,” 1995, 184–90.

Nurhayati, Ety. “Metode Pengajaran Inovatif Dalam Studi Islam,” n.d.

Pahru, Syaipul. “TEORI BELAJAR KOGNITIVISTIK DAN IMPLIKASINYA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR” 4, no. 4 (2023): 1070–77.

Pastor, Marcial, and Howard F. Problemas de Producción Del Frijol En Los Trópicos, 1994.

Prasetiawati, Eka. “Urgensi Pendidikan Multikultur Untuk Menumbuhkan Nilai Toleransi Agama Di Indonesia.” Tapis?: Jurnal Penelitian Ilmiah 1, no. 02 (2017): 272. https://doi.org/10.32332/tapis.v1i02.876.

Rosyidah, Naeli, Matin, and Unifah Rosyidi. “Internationalization in Higher Education: University’s Effective Promotion Strategies in Building International Trust Naeli.” European Journal of Educational Research 9, no. 1 (2020): 351–61. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.351.

Saettler, and Paul. “Assement of the Cuurent Status of Educational Technology.” ERIC, 1979.

Setyawan, Martinus Didik, and Lukman El Hakim. “PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL DICK AND CAREY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR” 4, no. 07 (2023): 709–21.

Sholeh, Muh. “Perencanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Geografi Tingkat SMA Dalam Konteks KTSP.” Jurnal Geografi 4, no. 2 (2007): 129–37.

Somad, Momod Abdul. “Pentingnya Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Anak.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 13, no. 2 (2021): 171–86. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882.

Zhahiriyah, Farrah. Penggunaan Model Pembelajaran Total Physical Response, n.d.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Al Mujahid, U., Tarsono , T. ., & Nugraha, M. S. . (2023). MODEL DICK CARREY DALAM PEMBELAJARAN PAI UNTUK MEWUJUDKAN SISWA BERKARAKTER RELIGIUS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4397–4404. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22268