MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMEDIA PUZZLE MATERI PECAHAN KELAS IV SDI MADAWAT

Authors

  • Yuvensia Ratin Sedhu Universitas Nusa Nipa
  • Maria Angelina Fransiska Mbari Universitas Nusa Nipa
  • Maria Herliyani Dua Bunga Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23435

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Media Pembelajaran, Papan Puzzle Pecahan, PTK.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDI Madawat, terdapat permasalahan yaitu media yang digunakan dalam pembelajaran masih terbatas yakni menggunakan buku tema dan buku pendamping yang sederhana. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggar yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tempat penelitian di SDI Madawat, dengan subjek penelitian siswa kelas IV sebanyak 28 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa soal tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan Media Pembelajaran Papan Puzzle Pecahan dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SDI Madawat . Hal ini dapat dilihat dari hasil test yang dilakukan siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I ada 8 siswa dan tidak tuntas 20 siswa . Pada siklus II terdapat 26 siswa tuntas dan 2 siswa tidak tuntas. Temuan dari penelitian ini adalah media puzzle disebut sebagai permainan edukasi untuk bermain sekaligus mengasah otak dan melatih antara kecepatan pikiran dan tangan.

References

Acesta, A. (2014). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 1(2), 96764.

Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 147–158. https://doi.org/10.24256/pijies.v2i2.959

Dewi Sri Muliani, Andi Makkasau, S. D. (2022). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS V SDN 23 TAKKU KECAMATAN SEGERI KABUPATEN PANGKEP. Global Journal Teaching Professional, 1(1), 24–29.

Firdaus, A. (2018). Pendekatan Matematika Realistik dengan Bantuan Puzzle Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 243–252. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p243-252

Kudsiah, M., & Alwi, M. (2020). Pengembangan Media Puzzle Pecahan Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Elementary, 3(2), 102–106. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

Lewar, Y. E. R., El Puang, D. M., & Lawotan, Y. E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmuah Pendidikan Dasar, 08(03), 1730–1740. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10968

Maria El Puang, D., Angelina Fransiska Mbari, M., Yufrinalis, M., & Alfrida, A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Tematik Berbasis Cerita Jong Dobo dan Permainan Tradisional Kabupaten Sikka Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(1), 18–32. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i1.24460

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Pramita, P. D. (2018). Pengaruh Pendekatan Scientific Berbasis Realistic Mathematics Education (Rme) Berbantu Media Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sd. Js (Jurnal Sekolah), 2(4), 276. https://doi.org/10.24114/js.v2i4.10673

Pratama, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Media Kantong Bilangan. Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi PGSD, 8(22).

Putra, S. H. J. (2021a). Effect of Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Learning Model on Students’ Motivation and Learning Outcomes in Biology. Tarbawi?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 145–153. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v17i2.1063

Putra, S. H. J. (2021b). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030

Rahayu, D., Hamid, S. I., & Sutini, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 129–136. https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10527

Sri Yunita, U. S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Sri. Syntax Idea, 3(8). http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf

Wulansari, W., Anggraeni, P., & Kusnandar, N. (2023). MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN. Sebelas April Elementary Education (SAEE), 2(3), 297–308.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Sedhu, Y. R. ., Mbari, M. A. F. ., & Bunga, M. H. D. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUIMEDIA PUZZLE MATERI PECAHAN KELAS IV SDI MADAWAT . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 4073–4078. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23435