MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA INOVATIF DAN KREATIF PEMBELAJARAN SENI BUDAYA STUDI KASUS: PENTAS SENI SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 TOMOHON 2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22999Keywords:
Manajemen Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif Dan Kreatif Pembelajaran, Seni Budaya, Pentas SeniAbstract
Penelitian ini betujuan untuk memperoleh deskripsi tentang bagaimana pengelolaan pembelajaran Seni Budaya sebagai manajemen Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif dan Kreatif bidang pendidikan. Pembelajaran tersebut menghasilkan sebuah karya seni pertunjukan, disebut Pentas Seni. Kegiatan ini sebagai pembelajaran ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya bagi siswa kelas XII SMA Negeri 1 Tomohon. Ini menarik untuk dikaji mengingat Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif dan Kreatif dibutuhkan dalam lingkungan pendidikan sekolah dalam rangka menjawab perkembangan inovasi pembelajaran. Pengumpulan data diperoleh melalui metode penelitian kualitatif deskriptif dan dirancang sebagai studi kasus. Metode ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumen. Selanjutnya hasil data yang dianalisis dideskripsikan sebagai bentuk Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif dan Kreatif pembelajaran melalui Pentas seni. Faktor-faktor penunjang dan kendalanya dipaparkan pada bagian hasil dan pembahasan. Pentas seni merupakan implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif dan Kreatif pembelajaran Seni Budaya. Melalui pentas seni kreatif dan inovatif memberi dampak pembelajaran yang sangat berguna bagi siswa. Siswa menyalurkan minat dan bakatnya yang luar biasa. Siswa juga dilatih kepemimpinan, kemandirian dan langkah-langkah manajemen melalui berbagai pekerjaan sebagai pembelajaran yang harus dilakukan untuk mensukseskan acara tersebut. Konsep acara dan teknis pelaksanaannya berbeda dengan yang dilakukan oleh sekolah sebelumnya. Oleh sebab itu, pentas seni 2023 ini merupakan Manajemen Sumber Daya Manusia Inovatif dan Kreatif. Sumber Daya Manusia Inovatif dan Kreatif pendidikan ini bermuara pada keunggulan atau mutu satuan Pendidikan sekolah.References
Bogdan, R. C. & Biklen. 1998. Riset Kualitatif Untuk Pendidikan. Terjemahan Munandir. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kambey, Danel. C. 2006. Landasan Teori Administrasi Manajemen (sebuah intisari) : Yayasan Tri Ganesa Nusantara.
Miles, Matthew B. & A.M Huberman. 1992. Qualitative Data Analisys, (Terjemahan Tjejep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.
Moleong, L.J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kuantitatif. Bandung: Tarsito.
Raintiarno, N. 2011. Kitab Teater. Jakarta : Grasindo.
Soetedja, dkk. 2018. EDISI 3. Jakarta : KEMENDIKBUD 2017.
Sofanudin, A. 2016. Manajemen inovasi pendidikan. Cendekia Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan. https://www.researchgate.net/publication/321311055_Manajemen_Inovasi_Pendidikan_Berorientasi_Mutu_Pada_MI_Wahid_Hasyim_Yogyakarta ( Diakses Maret 2023).
Sudarmanto, E. 2022. Manajemen Kreativitas dan Inovasi. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Sudira,Made Bambang Oka. 2010. Ilmu Seni Teori dan Praktik. Jakarta: Inti Prima.
Supriadi, D. 2017. Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreativitas Guru. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review volume 1. No.2 (Online) Available online at : https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/issue/view/153.
Supriyono, Rakhmat. dan R.Raintiarno. 2011. KITAB TEATER. Jakarta: Grasindo.
Suranto. 2019. Inovasi manajemen pendidikan di sekolah kiat jitu mewujudkan sekolah nyaman belajar. Surakarta: CV Kekata Group.
Yulius, Y. 2021. Modul manajemen kreatif dan inovatif. (online) Available http://repository.upi-yai.ac.id/4843/1/Modul%20Manajemen%20Kreatif%20dan%20Inovatif.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maria R. Walukow
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.