FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Agus Holid UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Miftahudin Miftahudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Encep Syarifudin UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Anis Fauzi [email protected]

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22898

Keywords:

Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, Pendidikan Islam.

Abstract

Pemahaman yang lebih mendalam tentang filsafat ilmu yang berkaitan dengan ontologi, epistemologi, dan aksiologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menampilkan ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dari sudut pandang Manajemen pendidikan Islam. Karena hal ini berbeda dengan studi ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam bidang studi lain, hal ini menjadi penting untuk diteliti dalam bidang pendidikan Islam. Dalam Manajemen  pendidikan Islam, ontologi berusaha mendorong siswa untuk mengenal hakikat segala sesuatu, yaitu mengenal hakikat Tuhan. Dalam kajian epistemologinya, mereka berusaha memahami sumber ilmu pengetahuan. Selain itu, sumber penelitian Islam berbeda dari sumber penelitian umum. Oleh karena itu, epistemologi Islam, khususnya tentang pendidikan Islam, berusaha menjelaskan sumber penelitian dalam pendidikan Islam, yang jelas berbeda dari sumber penelitian umum. Kajian ini berfokus pada aksiologi pendidikan Islam, yang merupakan yang terakhir yang berusaha mengeksplorasi nilai dalam pendidikan Islam secara keseluruhan. Tujuannya adalah untuk menjawab pertanyaan tentang relevansi dan nilai-nilai yang melekat dalam pendidikan Islam.

References

Susanto. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologi, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Ach. Maimun Syamsuddin. Integrasi Multidimensi Agama dan Sains: Analisis Sains Islam Al-Attas dan Mehdi Golshani. Jogjakarta: IRCiSod, 2012.

Ahmad Tafsir. Filsafat Umum: Akal dan Hati Sejak Thales Sampai Capra. Bandung:

Remaja Rosda Karya, 2012.

Ali Anwar dan Tono TP. Rangkuman Ilmu Perbandingan Agama dan Filsafat. Bandung:

Pustaka Setia, 2005.

Aminatul Zahroh. ·Aksiologi Pendidikan Islam. http://gudangilmu pendidikan.blogspot.co.id/2013/02/aksiologi-pendidikan-islam.htm

Anas Salahuddin. Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Endang Komara. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian. Bandung: Refika Aditama, 2011.

Hamdani. Filsafat Sains. Bandung: Pustaka Setia, 2011.

Jumari·2QWRORJL 3HQGLGLNDQ,VODP. http://kangjumari.blogspot.co.id/2007/12/ontologi-pendidikan-islam.html.

Kadar M. Yusuf. Tafsir Tarbawi. Pekanbaru: Zanafa Publishing, 2011.

Kaelan. Filsafat Bahasa: Realitas bahasa, Logika Bahasa Hemeneutika dan Postmodernisme. Yogyakarta: Paradigma, 2002.

--------. Filsafat Pancasila: Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma, 2002.

M. Athiyah al-Abrasyi. Dasa-Dasar Pokok Pendidikan Islam. Terj. Bustami A.Gani dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang, 1993.

Mohammad Adib Filsafat Ilmu: Ontologi, Epistemologi, Aksiologi, dan Logika Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011.

Mohammad Muslih. Filsafat Ilmu: Kajian Atas Asumsi Dasar, Paradigma dan Kerangka Teori Ilmu Pengetahuan. Yogyakarta: Belukar, 2010.

Nata, Abuddin. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali, 2013.

Poedjawijatna. Pembimbing ke Arah Alam Filsafat. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Tim Penyusun. Pengantar Filsafat. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.

Toto Suharto. Filsafat Pendidikan Islam: Menguatkan Epistemologi Islam dalam Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Holid, A. ., Miftahudin, M., Syarifudin, E. ., & Fauzi , A. (2023). FILSAFAT ILMU DALAM PENGEMBANGAN TEORI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3542–3548. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22898