PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK

Authors

  • Mayang Serungke Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Parulian Sibuea Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Annisa Azzahra Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Mutia Asmi Fadillah Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Suci Rahmadani Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Rahmat Arian Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22891

Keywords:

Penggunaan, Proses Pembelajaran, Media Audio Visual

Abstract

Media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa adalah media audio visual. Adanya media dikalangan siswa dapat membantu untuk belajar secara mandiri. Media audio visual tidak hanya menjadi sarana untuk menyampaikan informasi secara lebih menarik, tetapi juga membuka peluang untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Artikel ini bertujuan agar pendidik dapat selalu menggunakan media audio visual dalam proses belajar mengajar. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan studi pustaka. Studi literatur adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data atau sumber yang berkaitan dengan topik yang diangkat dalam suatu penelitian bukan dari pengamatan langsung, melainkan diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, berupa buku dan laporan ilmiah dalam bentuk artikel atau jurnal. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian dilanjutkan dengan analisis, tidak sekedar mendeskripsikan, tetapi juga memberikan pemahaman dan penjelasan yang cukup. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa Penggunaan media pembelajaran berbasis audio visual sangatlah penting dalam mendukung pelaksanaan proses pembelajaran baik luring maupun daring. Penggunaan media tersebut menumbuhkan motivasi siswa, siswa aktif dan antusias dalam melaksanakan pembelajaran.

References

Ahmad. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Research Gate, 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.13140/RG.2.2.12201 .08804

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Gabriela, Novika Dian Pancasari. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 No 1.

Hasibuan, R. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Hibrul Ulama, 4(1), 60–65.

H Sujono AR. 2022. Mengembangkan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam dan Isu-Isu Sosial. Volume 20 No 1.

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian Ke-III (Snhrp-III 2021), 183–188.

Ikhsan, M., & Humaisi, M. S. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam mengembangkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu. Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia (JIIPSI), 1(1), 1-12.

Mulyadi, Febry Fahreza dan Rendi Julianda. 2018. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Pembelajaran Ips Siswa Kelas V SDN Langung. Jurnal Visipena. Volume 9 No 1.

Putrihapsari, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Manajemen Pengasuhan Anak Usia Dini pada Ibu yang Bekerja?: Sebuah Studi Literatur. VISI?: Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 127–136. https://doi.org/. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/ JIV.1502.4 DOI:

Sidi, Jatmiko dan Mukminan. 2016. Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. Jurnal Ilmu – Ilmu Sosial. Volume 15 No 1.

Sumarno. (2020). Langkah-langkah Media Audio Visual. Bandung: Alfabeta

Zahroh dan Rofiqoh Firdausi. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. Volume 4 No 1.

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Serungke, M. ., Sibuea, P. ., Azzahra, A. ., Fadillah, M. A. ., Rahmadani, S. ., & Arian, R. . (2023). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3503–3508. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22891

Most read articles by the same author(s)