RESILIENSI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DITINJAU DARI DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PEMBINAAN SPIRITUALITAS

Authors

  • Emanuela Dona Tey Henriques STP-IPI Malang
  • Laurensius Laka STP-IPI Malang
  • Tomas Lastari Hatmoko STP-IPI Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22739

Keywords:

Dukungan Teman Sebaya, Pembinaan Spiritualitas, Resiliensi Akademik.

Abstract

Resiliensi akademik siswa menjadi keprihatinan dunia pendidikan, terutama pada masa remaja. Remaja membutuhkan bimbingan akademik maupun spiritualitas, sehingga mampu tumbuh dan berkembang ke arah yang positif. Penelitian ini bertujuan menganalisis resiliensi akademik siswa ditinjau dari dukungan teman sebaya dan pembinaan spiritualitas. Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Katolik Frateran Malang, dengan sampel sebanyak 120 siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok. Hasil analisis regresi menunjukkan nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,944 yang berarti 94% perubahan resiliensi akademik dipengaruhi oleh dukungan teman sebaya dan pembinaan spiritualitas, sementara sisanya (6%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Hasil uji hipotesis secara parsial mengenai pengaruh dukungan teman sebaya terhadap resiliensi akademik menampilkan nilai Sig.t = 0,001< 0,05, yang berarti ada pengaruh dukungan teman sebaya yang signifikan terhadap resiliensi akademik. Demikian pula hasil uji hipotesis secara parsial mengenai pengaruh pembinaan spiritualitas terhadap resiliensi akademik, juga menampilkan nilai Sig.t = 0,001< 0,05 yang berarti ada pengaruh pembinaan spiritualitas yang signifikan terhadap resiliensi akademik. Sementara itu, hasil uji hipotesis secara simultan menampilkan nilai Sig.F = 0,001 < 0,05 yang berarti kedua variabel prediktor (dukungan teman sebaya dan pembinaan spiritualitas) juga berpengaruh signifikan terhadap resiliensi akademik. Dengan demikian, baik secara parsial maupun simultan, terdapat pengaruh dukungan teman sebaya dan pembinaan spiritualitas yang signifikan terhadap resiliensi akademik.

References

Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi Dukungan Sosial Orang Tua dan Peran Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284–300. Https://Doi.Org/10.24036/Sikola.V1i4.53

Almun, I., & Ash- Shiddiqy, A. R. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Di Masa Pandemi Pada Mahasiswa Akhir Prodi X Universitas Di Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 136–140. Https://Doi.Org/10.21009/Insight.102.05

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179. Https://Doi.Org/10.25077/Jmu.8.1.179-188.2019

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arsini, Y., Rusmana, N., & Sugandhi, N. (2022). Profil Resiliensi Remaja Putri Di Panti Asuhan Dilihat Pada Aspek Empathy, Emotion Regulation Dan Self-Efficacy. Bulletin Of Counseling And Psychotherapy, 4(1), 76–83. Https://Doi.Org/10.51214/Bocp.V4i1.151

Aza N.I, Atmoko A, & Hitipeuw I. (2019). Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, Dan Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(4), 491–498.

Baniani, P., & Davoodi, A. (2021). Memprediksi Ketahanan Akademik Berdasarkan Keyakinan Metakognitif Dan Motivasi Berprestasi Pada Siswa SMA Di Shiraz ,. 9(September 2020), 13765–13774. Https://Doi.Org/10.22038/IJP.2020.53686.4257

Bella-Awusah, T. (2023). Improving Resilience In Youth During Difficult Times. 10(2), 17–18. Https://Doi.Org/10.1016/J.Efficacy

Buulolo, F., Telaumbanua, G., Fitriani, R., & Setiawan, D. E. (2021). Spiritualitas Gembala Sidang Dan Implikasinya Bagi Keteladanan Pembinaan Warga Gereja. CARAKA: Jurnal Teologi Biblika Dan Praktika, 2(2), 161–174. Https://Doi.Org/10.46348/Car.V2i2.59

Chakraborti, A., Ray, P., Islam, M., & Mallick, A. (2016). Medical Undergraduates And Pathological Internet Use: Interplay Of Stressful Life Events And Resilience. Journal Of Health Specialties, 4(1), 56. Https://Doi.Org/10.4103/1658-600x.173835

Connor, & Davidson. (1999). Development Of A New Resilience Scale: The Connor-Davidson Resilience Scale (CD-RISC). In Depression And Anxiety.

Daga1, A. T. (2019). Relevansi Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Katolik Dalam Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Jurnal Jumpa, VII(1), 49–66.

Daimun, E., & Omin, A. (2022). Literasi Digital Dalam Pembelajaran PAK Dalam Terang Deklarasi Gravissimum Educationis. 1–9.

Darmanto, A. E., & Ardijanto, D. B. K. (2019). Implementasi Kegiatan Doa Remaja Katolik (Rekat) Di Paroki Santo Hilarius Klepu. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 19(1), 49–62. Https://Doi.Org/10.34150/Jpak.V19i1.219

Debora, K., & Han, C. (2020). Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance Of The Role Of Christian Teachers In Building Students’ Character In Christian Education: A Study Of Christian Ethics]. Diligentia: Journal Of Theology And Christian Education, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.19166/Dil.V2i1.2212

Dermawan, D. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif.

Derung, T. N., & Mandonza, M. (2022). Peran Pembina Dalam Pelaksanaan Bina Iman Anak Usia Dini Di Paroki Santo Andreas Tidar. In Theos?: Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 1(6), 183–189. Https://Doi.Org/10.56393/Intheos.V1i6.547

Dewan Pimpinan Umum. (1991). Inti Jiwa Hidup. Tim Spiritualitas Frater Bunda Hati Kudus.

Dewantara, A. W. (2021). Penelitian Tentang Formatio Spiritualitas Dan Kepribadian Di Rumah Bina Karya Illahi Madiun. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 21(2), 59–73. Https://Doi.Org/10.34150/Jpak.V21i2.325

Dewantoro, A., & Rachmawati, I. (2020). Analysis Of Evaluation And Exploratory Studies On Student’s Resilience Of Online Learning During Pandemic Of Covid-19. KONSELI?: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 7(2), 155–162. Https://Doi.Org/10.24042/Kons.V7i2.7422

Dewi, T. Anggia. (2015). Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sma Se-Kota Malang. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 24–35. Https://Doi.Org/10.24127/Ja.V3i1.148

DPI. (1997). Konstitusi Frater-Frater Bunda Hati Kudus. Kongregasi Frater-Frater Bunda Hati Kudus.

Duli, N. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Dwi, I. A. (2021). Perkembangan Penelitian Resiliensi Akademik Di Indonesia: Scoping Literature Review. Psikologi Talenta, 1.

Elisabeth Marito Gultom, Sugiyana Sugiyana, & Wuriningsih Wuriningsih. (2022). Hubungan Antara Pembinaan Iman Dengan Resiliensi Pada Remaja Katolik Di Smk Santo Fransiskus Semarang. Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral, 1(1), 10–20. Https://Doi.Org/10.55606/Lumen.V1i1.24

Erida, M. (2021). Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen Motivasi Pengidap HIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 10–21.

Evelyn, E., Kusuma, I., Prihandono, D. E., Kadek, N., & Utami, Y. (2023). Perancangan Interior Retret-Retret Untuk Umat Katholik. 2(1), 86–94.

Faturrohmah, A., & Sagita, D. D. (2022). Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) Di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta. Bulletin Of Counseling And Psychotherapy, 4(2), 167–178. Https://Doi.Org/10.51214/Bocp.V4i2.188

Feezel, J. (2018). The Evolution Of Communication Pedagogy. Journal Of Communication Pedagogy, 1(1), 3–8. Https://Doi.Org/10.31446/Jcp.2018.02

García-Crespo, F. J., Fernández-Alonso, R., & Muñiz, J. (2021). Academic Resilience In European Countries: The Role Of Teachers, Families, And Student Profiles. Plos ONE, 16(7 July), 1–20. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0253409

Gurning, L., Tinggi, S., & Kadesi, T. (2023). Konteks Persekolahan Di Indonesia Masa Kini. 5(April), 43–60.

Harahap, A. C. P., Harahap, S. R., & Harahap, D. P. S. (2020). Gambaran Resiliensi Akademik Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad, 10(2). Https://Doi.Org/10.30829/Al-Irsyad.V10i2.8541

Hatmoko, T. L., & Mariani, Y. K. (2022). Moderasi Beragama Dan Relevansinya Untuk Pendidikan Di Sekolah Katolik. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(1), 81–89. Https://Doi.Org/10.34150/Jpak.V22i1.390

Hero, H., & Author, C. (2021). Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Rangka Pembentukan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama Di Sdk Nangahaledoi. Sosioedukasi?: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 103–112.

Ipan, S. (2023). Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia. 3(2), 56–63.

Ishak, N. H. F. B., Yusoff, N. F. B. M., & Madihie, A. (2020). Resilience In Mathematics, Academic Resilience, Or Mathematical Resilience?: An Overview. Universal Journal Of Educational Research, 8(5 A), 34–39. Https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.081905

Khaulani, F., Neviyarni, S., & Murni, I. (2020). Fase Dan Tugas Perkembangan Anak Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–59.

Kotera, Y., Llewellyn-Beardsley, J., Charles, A., & Slade, M. (2022). Common Humanity As An Under-Acknowledged Mechanism For Mental Health Peer Support. International Journal Of Mental Health And Addiction, 0123456789. Https://Doi.Org/10.1007/S11469-022-00916-9

Krisnanda, M. L., Vita, V. F., & Goa, L. (2021). Katekese Umat Tentang Doa Menurut Lukas 11:1-13 Bagi Orang Muda Katolik. In Theos?: Jurnal Pendidikan Dan Theologi, 1(9), 265–270. Https://Doi.Org/10.56393/Intheos.V1i9.1190

Kristiayuliawan. (2021). Pelatihan Smartpls 3.0 Untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 43–50.

Kusumastuti, A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Deepublish.

Laka, L. (2023). Metodologi Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif Jilid 2. Deepublish.

Lias, H., & Dewantara, A. W. (2022). Spiritualitas Guru Agama Katolik Berdasarkan Gravissimum Educationis. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 22(2), 2016–2215. Https://Doi.Org/10.34150/Jpak.V22i2.404

Mahaputra, M. R. (2022). Pembinaan Keterampilan Sosial Siswa Oleh Guru Dalam Pembelajaran Ppkn Di SMP N 10 Padang. Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 3(1), 29–37. Https://Doi.Org/10.38035/Jihhp.V3i1.1386

Mahmudah, U., Lola, M. S., Fatimah, S., & Suryandari, K. C. (2022). Academic Resilience And Science Academic Emotion In Numeration Under Online Learning: Predictive Capacity Of An Artificial Neural Network. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(4), 542–551. Https://Doi.Org/10.15294/Jpii.V11i4.39091

Manalu, H., Sianturi, A., Sihombing, C., Ginting, E., & Dkk. (2022). Pentingnya Pembinaan Gereja Bagi Remaja. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humanis, 1(4), 12–26.

Mardiyah, S. (2022). Efektivitas Program Pengembangan Kecerdasan Emosi Dalam Meningkatkan Kemampuan Resiliensi Berbasis Teknologi Informasi Perserta Didik Kelas XI IPS MAN 1 Padang. Bimbingan Dan Konseling Islam, 6.

Masinambow, Y., & Nasrani, Y. (2021). Pendidikan Kristiani Sebagai Sarana Pembentukan Spiritualitas Generasi Milenial. PASCA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 17(1), 64–81. Https://Doi.Org/10.46494/Psc.V17i1.114

Mir’atannisa, I.M., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Kemampuan Adaptasi Positif Melalui Resiliensi. Journal Of Innovative Counseling?: Theory, Practice & Research, 3(2), 70–76.

Muhammad, F., Bahri, S., & Zuliani, H. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Resiliensi Remaja Di SMA Banda Aceh. Suloh, 3(1), 1–8.

Murtiningrum, D., & Pedhu, Y. (2021). Resiliensi Akademik Siswa/Siswi Kelas Vii Dan Viii Sekolah Menengah Pertama Santo Andreas Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Psiko-Edukasi, 19(2), 166–181.

Novi Nitya Santi1, R. I. K. (2019). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4.

Novianti, R. (2018). Orang Tua Sebagai Pemeran Utama Dalam Menumbuhkan Resiliensi Anak. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 7(1), 26–33.

Nur, F., & Cahyadini, S. (2022). Pendekatan Resiliensi Terhadap Bencana Dalam Pengembangan Kawasan Permukiman Atas Air Balikpapan. 11(5), 165–170.

Nurmalia, P. H., Putri, A. M., Artini, I., & Pramesti, W. (2021). Jurnal Psikologi Konseling Vol. 16 No. 1, Juni 2020. Jurnal Psikologi Konseling, 18(1), 934–951.

Oktaiani, D., & Perianto, E. (2022). Pengaruh Dukungan Teman Sebaya Terhadap Minat Belajar Siswa. TERAPUTIK?:Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 127–134. Https://Doi.Org/10.26539/Teraputik.611093

Oktariani. (2018). Hubungan Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada. Jurnal Kognisi, 2(2), 98–112.

Pratiwi, Z. R., & Kumalasari, D. (2021). Dukungan Orang Tua Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa. Analitika, 13(2), 138–147. Https://Doi.Org/10.31289/Analitika.V13i2.5482

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. Https://Doi.Org/10.32550/Teknodik.V0i0.554

Putri, A., Darmayanti, N., Menanti, A., Psikologi, F., & Medan, U. (2023). Pengaruh Regulasi Emosi Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Akademik Siswa. 4(1), 21–31.

Putri, R. H., Pratiwi, M., & Anggraini, D. (2021). Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Karyawan Yang Mengalami PHK Dimasa Pandemi Covid-19. Psychology Journal Of Mental Health, 3(2011), 38–53.

Putri, S. A. R. R., & Laksmiwati, H. (2022). Resiliensi Akademik Mahasiswa Jurusan Psikologi UNESA Saat Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi. Jurnal Penelitian Psikologi, 9(7), 27–35.

Pyade Saputro Mahasiswa S-, S., Jasmani, P., Rekreasi, Dan, Ilmu Keolahragaan, F., & Indriarsa Dosen S-, N. (2013). Perbandingan Minat Belajar Antara Siswa Sekolah Negeri Dan Sekolah Swasta Dalam Permainan Sepakbola (Studi Pada Siswa Sma Negeri 1 Manyar Kelas X Dan Sma Darul Islam Gresik Kelas X). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 01, 672–676. Http://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jurnal-Pendidikan-Jasmani/Issue/Archive

Qomariyantus, S. (2020). Pengantar Metode Penelitian. UB Press.

Rachmawati, I., Multisari, W., Triyono, T., Simon, I. M., & Da Costa, A. (2021). Prevalence Of Academic Resilience Of Social Science Students In Facing The Industry 5.0 Era. International Journal Of Evaluation And Research In Education, 10(2), 676–683. Https://Doi.Org/10.11591/Ijere.V10i2.21175

Ramadhana, N. S., & Indrawati, E. (2019). Kecerdasan Adversitas Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Resiliensi Akademik Siswa SMP X Jakarta Timur. Ikraith-Humaniora, 3(2), 39–45.

Ramadhani, D. P. (2023). Resiliensi Akademik Siswa SMA Muhamadiah Sidoarjo Pada Masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTM-T)?: Analisis Berdasarkan Kelamin. Mahasiswa BK-AN-NUR, 1.

Rohani, P., Terhadap, K., Bosco, D., & Ardijanto, K. (2015). M A D I U N. 13(April).

Ruimassa, A. A. (2023). Memahami Psikologi Perkembangan Remaja Sebagai Upaya Merencanakan Pelayanan Pastoral Yang Peka Kesehatan Mental Remaja. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 7(2), 769–784. Https://Doi.Org/10.30648/Dun.V7i2.845

Rumidi, S. (2006). Metode Penelitian. Gajah Mada Express.

Santoso, G., Salsabilla, E., Murod, M., & Faznur, L. S. (2023). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Karakter Cinta Damai Anak. Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ), 02(01), 107–113.

Saputro, Y. A., & Sugiarti, R. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Konsep Diri Terhadap Penyesuaian Diri Pada Siswa SMA Kelas X. PHILANTHROPY: Journal Of Psychology, 5(1), 59. Https://Doi.Org/10.26623/Philanthropy.V5i1.3270

Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). The Relationship Between Peer Social Support And Academic Resilience In Final Year Students Majoring In X Faculty Of Engineering, Diponegoro University. Empati, 5(April), 177–182.

Sartika, S. H., & Nirbita, B. N. (2023). Ketahanan Akademik Dan Keterlibatan Siswa Pada Pt Pendidikan Tinggi?: Studi Perilaku Pasca Pandemi Machine Translated By Google. 4(1), 29–34.

Seçer, ?., & Ula?, S. (2020). The Mediator Role Of Academic Resilience In The Relationship Of Anxiety Sensitivity, Social And Adaptive Functioning, And School Refusal With School Attachment In High School Students. Frontiers In Psychology, 11(April), 1–12. Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2020.00557

Sembiring, M. (2022). Hubungan Regulasi Emosi Denganresiliensiakademik Siswa SMA Seminari Menengah Pematangsianta. Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 2.

Sermatan, B. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Di Smp Budhi Mulia – Langgur Maluku Tenggara Pendahuluan. 557–578.

Setyawan, I. (2021). Melihat Peran Pemaafan Pada Resiliensi Akademik Siswa. Jurnal EMPATI, 10(3), 187–193. Https://Doi.Org/10.14710/Empati.2021.31282

Siahaan, C., & Rantung, D. A. (2019). Peran Orangtua Sebagai Pendidik Dan Pembentuk Karakter Spiritualitas Remaja. Jurnal Shanan, 3(2), 95–114. Https://Doi.Org/10.33541/Shanan.V3i2.1581

Simorangkir, F. D. H., Simarmata, S. W., & Sembiring, M. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Resiliensi Akademik Siswa Di Smp Tamansiswa Binjai Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 12–18. Https://Doi.Org/10.37755/Jsbk.V11i1.543

Sipayung, R. (2021). Pendampingan BIR (Bina Iman Remaja) Dalam Tugas Dan Fungsi BIR Sebagai Putera-Puteri Altar Dengan Metode Dinamika Kelompok Di Paroki Santo Fransiskus Asissi Padang Bulan Medan. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 142–149. Https://Doi.Org/10.24036/Abdi.V3i2.112

Songbes, L. (2023). Memaknai Tindakan Para Uskup Keuskupan Amboina Dalam Membangun Kehidupan Persaudaraan Antar Sesama Manusia Di Maluku Dalam Terang Ensiklik Fratelli Tutti. Jurnal Fides Et Ratio, 8(1), 35–47.

Stevanus, K. (2020). Meningkatkan Pendalaman Iman Katolik Di Lingkungan Sekolah Di Sdk Labala Kecamatan Wulandoni. E- Jurnal Mitra Pendidikan, 4(6), 350–363. Https://Doi.Org/10.52160/E-Jmp.V4i6.746

Sugiyo. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Tindakan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatatif, R&D. IKAPI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi.

Sukardi. M. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Sulfemi, W. B., & Yasita, O. (2020). Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Perilaku Bullying. Jurnal Pendidikan, 21(2), 133–147. Https://Doi.Org/10.33830/Jp.V21i2.951.2020

Sullivan, M. P., Williams, V., Grillo, A., Mckee-Jackson, R., Camic, P. M., Windle, G., Stott, J., Brotherhood, E., & Crutch, S. J. (2022). Peer Support For People Living With Rare Or Young Onset Dementia: An Integrative Review. Dementia, 21(8), 2700–2726. Https://Doi.Org/10.1177/14713012221126368

Support, S. (2022). Dukungan Sosial , Optimisme , Dan Resiliensi Akademik Pada Mahasiswa Akhir Yang Sedang Mengerjakan Skripsi On Thesis. 2(2), 186–195. Https://Doi.Org/10.56326/Jpk.V2i2.1956

Supranoto, H. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Dalam Pembelajaran SMA. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2.

Tarigan, E. F., Nilmarito, S., Islamiyah, K., Darmana, A., & Dwi, R. (2022). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Analisis Instrumen Tes Menggunakan Rasch Model Dan Software SPSS 22 . 0. 16(2).

Utami, L. H. (2020). Bersyukur Dan Resiliensi Akademik Mahasiswa. Nathiqiyyah, 3(1), 1–21. Https://Doi.Org/10.46781/Nathiqiyyah.V3i1.69

V.A.R.Barao, R.C.Coata, J.A.Shibli, M.Bertolini, & J.G.S.Souza. (2022). Title. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Wati, M. P. A., Halawa, C. R. W., & Derung, T. N. (2021). In Theos?: Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi Partisipasi Orang Muda Katolik Dalam Kehidupan Rohani Di Paroki. Jurnal Pendidikan Agama Dan Teologi, 1(12), 377–382.

Downloads

Published

2023-12-14

How to Cite

Henriques, E. D. T. ., Laka, L. ., & Hatmoko, T. L. . (2023). RESILIENSI AKADEMIK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DITINJAU DARI DUKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN PEMBINAAN SPIRITUALITAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3359–3371. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22739