BUDAYA MEMBACA MAHASISWA DITINJAU DARI DUKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BACA

Authors

  • Laurensius Laka Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral
  • Jhon Daeng Maeja Sekolah Tinggi Pastoral Yayasan Institut Pastoral

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18729

Keywords:

Dukungan Keluarga, Minat Baca, Budaya Membaca

Abstract

Kegiatan membaca memiliki beberapa manfaat, terutama dalam mendorong kemajuan peradaban suatu bangsa. Namun di Indonesia, belum semua kelompok masyarakat mengadopsi budaya membaca, bahkan kalangan terpelajar seperti mahasiswa pun masih menghadapi krisis terkait hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga dan minat baca terhadap budaya membaca mahasiswa Program Studi Pelayanan Pastoral STP-IPI Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara variabel Minat Baca (X1) dan Dukungan Keluarga (X2) dengan variabel Budaya Membaca (Y), dengan nilai R sebesar 0,736. Uji hipotesis secara simultan (uji-F) menunjukkan variabel Minat Baca (X1) dan Dukungan Keluarga (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel Budaya Membaca (Y), sig. 0.000 < 0.05, dengan arah positif. Selain itu, uji-t mengungkapkan bahwa minat baca dan dukungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap budaya membaca, dengan sig. nilai masing-masing 0,006 < 0,05 dan 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, penelitian ini menegaskan bahwa perkembangan budaya membaca dipengaruhi oleh dukungan keluarga dan minat baca.

References

Cahyono, T. (2007). Peran Perpustakaan Dalam Membangun Budaya Membaca Di Masyarakat. Media Pustakawan, 14(1), 25–34. https://ejournal.perpusnas.go.id/mp/article/download /968/948

Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 66–70.

Hasanah, U., & Deiniatur, M. (2019). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. At-Tajdid?: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 3(01), 10. https://doi.org/10.24127/att.v3i01.973

Hasanah, U. M. U. (2012). Budaya Membaca di Kalangan Anak Muda. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Sejarah, 4. https://core.ac.uk/download/files/478/20325902.pdf

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230

Kurnianingsih, I., Rosini, Chusri, S., & Wardiyono. (2019). Peningkatan Minat dan Budaya Membaca Melalui Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan Keluarga. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement), 5(1), 1–16.

Laka, L. (2023). Metodologi Penelitian Dengan Pendekatan Kuantitatif Jilid 2. Yogyakarta: Deepublish.

Muktiono, J. D. (2003). Aku Cinta Buku Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Noviandari, A., & Gularso, D. (2022). Budaya Membaca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 276–290. doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2880%0Ap-ISSN:

Pradita, A. A. (2022). Budaya Membaca Di Kalangan Mahasiswa Pgsd (Sebuah Studi Kasus Di Kabupaten Sumedang). Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 341–351. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.1976

Purwantara, I. R. (2021). Seni Membaca Buku. Penerbit Andi.

Rohman, S. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 156–160.

Rohman, S. (2022). Urgensi Mendongeng dalam Membangun Budaya Membaca pada Anak (Analisis terhadap Ayat-Ayat Al Qur’an terhadap Berkisah). Dimar Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 31–44.

Saepudin, E. (2015). Tingkat Budaya Membaca Masyarakat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 3(2), 271–282. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/477108

Sulistyo, A. (2017). Evaluasi Program Budaya Membaca di SD Negeri. Prosiding TEP & PDs, 4(1),88–96.http://dx.doi.org/10.1016/bs.ampbs.2017.04.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016 /j.arabjc.2013.08.010%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.chemosphere.2013.01.075%0Ahttp://www.pnas.org/cgi/doi/10.1073/pnas.0308555101%0Ahttp://www.treemediation.com/technical/phytoremed

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Zahrani, D., Istiningsih, S., & Nurwahidah. (2022). Strategi Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 2(1), 106–111.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Laka, L., & Maeja, J. D. . (2023). BUDAYA MEMBACA MAHASISWA DITINJAU DARI DUKUNGAN KELUARGA DAN MINAT BACA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 111–120. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18729