ANALISIS PENERAPAN LITERASI KESEHATAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SITI SAWIAH BAITUSSALAM PEKANBARU

Authors

  • Sari Maulida Purnama Universitas Riau
  • Ria Novianti Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22640

Keywords:

Literasi Kesehatan, PAUD, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan literasi kesehatan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Yayasan Siti Sawiah Baitussalam Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Permasalahan yang diteliti adalah pemahaman terhadap kesehatan bagi anak usia dini di PAUD Siti Sawiah Baitussalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil dari program penerapan literasi kesehatan bagi anak usia dini melalui pembiasaan literasi kesehatan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode deskriptif. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan Program penerapan literasi kesehatan berfokus pada perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari di rumah, mencuci tangan menggunakan sabun, istirahat yang cukup, beolahraga, dan tata cara bersin dan batuk yang benar dihadapan orang serta dilakukan secara terencana dan sistematis. Anak-anak murid juga sangat menyukai dengan adanya program penerapan literasi kesehatan melalui pembiasaan literasi kesehatan sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara optimal .

References

ALwalluddin 2017, Hubungaln Staltus Gizi dengaln Halsil Belaljalr Siswal Kelals 1 SD Negeri 5 Balndal ALceh. Jurnall Pesonal Dalsalr, 5 (2)

Bugin, Burhaln. (2012). Penelitialn Kuallitaltif. Jalkalrtal: Kencalnal Prenaldal Gralfikal

Kesumal, ALristrialnal. (2015). Falktor-falktor yalng berhubungaln dengaln perilalku kesulitaln malkaln alnalk pralsekolalh. https://medial.neliti.com/medial/publicaltions/186035-ID-falktor-falktor-yalng -berhubungaln-dengaln-pe-pdf

Malrdhialti, R. (2019). Guru PALUD: Pendidikaln Perilalku Hidup Bersih daln Shealt ALnalk Usial Dini. IKRAL-ITH ALBDIMALS, 2 (3), 133-141

Nurjalnalh. (2016). Heallth Literalcy Paldal Malhalsiswal Kesehaltaln Sebualh Indikaltor Kompetensi Kesehaltaln yalng Penting, VisiKes Jurnall Kesehaltaln Malsyalralkalt, 15(2), pp. 135-141.

Paldmaldewi&ALrtini. (2018). Literalsi di Skeolalh, dalri teori ke pralktik. Balndung: Nilalckalral

Ralmaldhaln. (2017). Tingkalt Literalsi Kesehaltaln Paldal Kelualrgal Penderital Penyalkit Dialbetes Mellitus di RSUD Dr. M. Soewalndhie Suralbalyal, Universitals ALirlalnggal, ALvalilalble alt: http://repository.unalir.alc.id/69068/3/Jurnall_Fis.IIP.06%2018%20Ralm%20t.pdf

Setyalwaln, Ibnu ALji. (2018). Kupals Tuntals Jenis daln Pengertialn Literalsi. Retrieved from: htpps://guru.digitall.id

Speirs. (2012). Heallth Literalcy alnd nutrition behalviors almong Low-income aldults. Journall of Heallth Calre for the Poor alnd Underserved 23 (2012): 1082–1091.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitialn Daln Pengembalngaln Resealrch Daln Development. Balndung: Allfalbeta.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Purnama, S. M. ., Novianti, R. ., & Chairilsyah, D. . (2023). ANALISIS PENERAPAN LITERASI KESEHATAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD SITI SAWIAH BAITUSSALAM PEKANBARU. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3311–3317. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22640

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2