PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • Anita Anita Universitas Riau
  • Rita Kurnia Universitas Riau
  • Daviq Chairilsyah Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20147

Keywords:

Pop-Up Book, Mitigasi Bencana Gempa Bumi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Pop-Up Book layak untuk digunakan sebagai bahan mengajar bagi anak usia dini (usia 4-5 tahun) terhadap pengetahuan mitigasi bencana gempa bumi. Penelitian pengembangan (Research and Development) merupakan jenis penelitian yang digunakan, dan tahapan yang dilakukan adalah: identifikasi potensi permasalahan, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, pembuatan produk, serta uji coba produk. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, penyebaran angket, dan analisis instrumen dokumentasi. Media Pop-Up Book telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli pendidikan, dan sejumlah kecil uji lapangan. Temuan studi ini dapat diringkas sebagai 85% “sangat layak”, 83% “sangat layak”, dan 98% “sangat layak” untuk masing-masing divalidasi oleh pakar materi, media, dan pendidikan.

References

Arikunto, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Angkasa.

Dewi, M. P., Adhe, K. R., Maulidiyah, E. C., & Simatupang, N. D. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Mitigasi Bencana Banjir Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(2), 121-144.

Hermon, Dedi. 2015. Geografi Bencana Alam. Jakarta: Rajawali Pers.

Khambali. 2017. Manajemen Penanggulangan Bencana. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kurnia, R., Ummah, R., & Puspitasari, E. (2023). Pengaruh Buku Cerita Rakyat Melayu Riau terhadap Kemampuan Literasi Budaya Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3253-3265.

Pambudi, D. I. (2019). Pengembangan media pop up book sebagai edukasi mitigasi bencana bagi siswa sekolah dasar. Applicable Innovation of Engineering and Science Research (AVoER), 833-836.

Risma, D., & Kurnia, R. (2014). Efektifitas Penggunaan Media Visual (Gambar) Dalam Melatih Daya Ingat Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Labor Fkip Universitas Riau.

Solfiah, Yeni., Risma, Devi., Hukmi., Kurnia, Rita., (2021). Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Pengetahuan Manajemen Bencana Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5 (1). 783-794.

Supriyono, Primus. 2014. Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Anita, A., Kurnia, R. ., & Chairilsyah, D. . (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 572–577. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20147

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>