IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI ERA DIGITAL 4.0 PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA AL ISHLAHIYAH BINJAI

Authors

  • Muhammad Yusuf Yusuf STAI Syekh H Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Alfian Tanjung STAI Syekh H Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai
  • Fenny Mustika Piliang Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22558

Keywords:

Nilai Pancasila, Era Digital

Abstract

Di era kemajuan ilmu dan teknologi saat ini dunia pendidikan dihadapkan pada perkembangan revolusi industri di era digital 4.0 yang luar biasa cepat sekali. Nilai nilai pancasila harus seiring sejalan dengan hal tersebut. Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa merupakan suatu landasan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Nilai –nilai Pancasila sangat perlu ditanamkan dalam diri setiap individu dan pemahaman nilai-nilai tersebut harus diajarkan sejak dini untuk mewujudkan generasi yang berpancasila, berbudi pekerti dan berkarakter. Implementasi nilainilai Pancasila dapat diberikan sejak dini melalui pendidikan yakni dilakukan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran dilakukan dengan mengintegrasikan nilai dan norma yang ada dalam sila-sila Pancasila. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan contoh tutur kata dan tingkah laku yang baik, artinya dalam mengimplementasikan nilai Pancasila kepada peserta didik dengan melandaskan pada nilai, moral dan norma dalam etika hidup di era digital 4.0. Hasil dari Penelitian ini menunjukan bahwa dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila melalui budaya sekolah dapat meningkatkan karakter peserta didik, dilihat dari sikap dan juga tindakan mereka yang sudah mencerminkan nilai-nilai Pancasila terkhususnya pada sila kesatu yakni Ketuhanan yang Maha Esa dan juga sila ketiga Persatuan Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan sekolah seperti melaksanakan perbuatan-perbuatan luhur, melaksanakan sholat berjamaah bersama, menghargai perbedaan, menghormati para guru dan juga orang yang lebih tua, mengikuti upacara bendera dengan penuh semangat, cinta pada tanah air dan dibuktikan melalui peduli terhadap lingkungan dengan membersihkan area lingkungan sekitar serta menggunakan teknologi untuk menunjang kegiatan pembelajaran di madrasah.

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Hasanah, U. (2021). Implementasi nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi millenial untuk membendung diri dari dampak negatif revolusi indutri 4.0. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 52-59.

Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis, 4(1), 80-88.

Mutmainah, S. U., & Dewi, D. A. (2021). Reaktualisasi Nilai Pancasila dan Implementasinya Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 611-618.

Nurgiansah, T. H. (2019). Pemutakhiran Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan di Era Revousi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional: Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia; Digital Library, 15 Oktober 2019 (hlm. 95-102). Medan: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Nurgiansah, T. H. (2021a). Pendidikan Pancasila. In Solok: CV Mitra Cendekia Media.

Nurgiansah, T. H. (2021b). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Jujur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(1), 33–41.

Priyatna, R. K., Hidayat, D. O., Eltariant, I., & Fernanda, S. A. (2019). Implementasi nilai-nilai pancasila dalam mencegah degradasi moral terhadap isu sara dan hoax. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1).

Regiani, E., & Dewi, D. A. (2021). Pudarnya Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat Di Era Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 30-38.

Wahyuni, D., & Dewi, D. A. (2022). Analisis Penerapan Nilai-Nilai Pancasila di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Menghindari Degradasi Moral Bangsa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10984-10989.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Yusuf, M. Y., Tanjung, A. ., & Piliang, F. M. . (2023). IMPLEMENTASI NILAI NILAI PANCASILA MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI ERA DIGITAL 4.0 PADA MADRASAH ALIYAH SWASTA AL ISHLAHIYAH BINJAI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3243–3247. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22558