PERAN PSIKOTERAPI PSIKOANALIS DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS

Authors

  • Turahmi Turahmi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Tjhia Khie Khiong Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Kabri Kabri Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22547

Keywords:

Psikoterapi, Psikoanalis, Buddhis

Abstract

Jurnal ini membahas peran psikoterapi psikoanalis dalam perspektif Buddhis dengan tujuan menjelajahi potensi integrasi dua pendekatan yang berbeda ini terhadap pemahaman mendalam tentang kondisi batin manusia dan proses penyembuhan. Psikoterapi psikoanalis, yang memusatkan perhatiannya pada pemahaman terhadap alam bawah sadar dan dinamika psikologis, diintegrasikan dengan pandangan Buddhisme yang menekankan pemahaman mendalam tentang keterikatan, penderitaan, dan jalan menuju pembebasan. Melalui analisis literatur dan penerapan prinsip-prinsip psikoanalisis dalam konteks Buddhisme, penelitian ini menjelajahi cara di mana konsep-konsep seperti id, ego, dan superego dapat diterjemahkan dan diperkaya oleh perspektif Buddhisme. Integrasi ini membuka diskusi tentang bagaimana pemahaman tentang kondisi batin manusia, pengungkapan emosi, dan transformasi diri dapat ditingkatkan melalui penerapan prinsip-prinsip psikoterapi psikoanalis dalam praktik Buddhisme. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru tentang potensi kolaborasi antara psikoterapi psikoanalis dan Buddhisme, menawarkan pendekatan holistik yang menyelaraskan aspek-aspek psikologis dan spiritual dalam pemahaman dan penyembuhan kondisi batin. Implikasi praktis dan etis dari integrasi ini juga diperdebatkan, mengilustrasikan cara pendekatan terpadu ini dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode intervensi yang lebih komprehensif dan efektif.

References

Aleks Effendi, et al. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Buddha Parinibbana Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Journal on Education. 5(4). 7435-17443

Didik Siswanto, et al. 2023. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Predisposisi Mengikuti Pembelajaran Agama Buddha Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 6(3) 676-680.

Eko Prasetyo, et al. 2022. Pertautan Sikap Yudhistira Pada Lakon Wahyu Darma Dengan Agama Buddha (Sebuah Analisis Hermeneutika). Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK). 4(2)47-57.

Eko Prasetyo. 2016. Lakon Jaka Bluwo Karya Bambang Suwarno Dalam Paradigma Strukturalisme Levi-Strauss. Lakon Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang. 12(1).

Eko Prasetyo. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kepemimpinan Dalam Lakon Wahyu Makutharama Gaya Mangkunegaran (Analisis Strukturalisme Lévi Strauss). Jurnal Binagogik. Vol. 9 No. 1. 1-12.

Joni Pranata, et al. 2021. Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapi?aka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial 2021. Jurnal Maitreyawira. 2(1) 58-64.

Julia Surya. 2021. Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapi?aka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 3(3)1124-1133.

Widhi Nyanna Pujita dan Tjhia Khie Khiong. 2021. The effect of Mah?y?na Puja Bakti and emotional intelligence on the spiritual intelligence of Buddhists at the Padmasari Temple in Lahat, South Sumatra. 1(2) 56-65.

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Turahmi, T., Khiong, T. K. ., & Kabri, K. (2023). PERAN PSIKOTERAPI PSIKOANALIS DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3138–3143. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22547