KONSEP KONSELING DAN PSIKOTERAPI DALAM PERSPEKTIF BUDDHIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22542Keywords:
Konseling, Psikoterapi, Perspektif Buddhis.Abstract
Jurnal ini menyajikan analisis mendalam tentang konsep konseling dan psikoterapi dalam perspektif Buddhis, merangkul pandangan tradisi Buddhisme sebagai sumber inspirasi untuk praktik-praktik bimbingan dan terapi. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan prinsip-prinsip Buddhis ke dalam kerangka kerja konseling modern, penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi kontribusi Buddhisme terhadap pemahaman dan pelaksanaan praktek konseling yang holistik. Artikel ini mencakup penjelasan konsep-konsep kunci Buddhis, seperti Empat Kebenaran Mulia, Jalan Astangika Margga, dan konsep-konsep lain yang mendasari pemahaman mendalam terhadap kondisi batin manusia. Selanjutnya, jurnal ini mengeksplorasi bagaimana prinsip-prinsip seperti keterikatan, penderitaan, dan pembebasan dapat memberikan panduan bagi pendekatan konseling yang berfokus pada pertumbuhan pribadi dan kesejahteraan mental. Dengan merinci aplikasi konsep-konsep Buddhis dalam konteks konseling, penelitian ini membahas cara-cara di mana terapis dapat mengintegrasikan prinsip-prinsip ini ke dalam praktik sehari-hari, menciptakan lingkungan terapeutik yang mendukung eksplorasi mendalam terhadap kondisi batin klien. Jurnal ini juga menyoroti pentingnya pengembangan kesadaran diri, kehadiran terapeutik, dan empati yang bersandar pada prinsip-prinsip Buddhis untuk memperkaya hubungan terapeutik. Dengan menghubungkan tradisi Buddhisme dengan konsep-konsep modern konseling, artikel ini mengeksplorasi potensi integrasi untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi konseling dalam konteks lintas-budaya. Kesimpulannya, penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi konseling dan psikoterapi yang tertarik untuk memperdalam pemahaman dan mengintegrasikan elemen-elemen Buddhis dalam pendekatan mereka untuk mencapai kesejahteraan mental dan pertumbuhan pribadi yang berkelanjutan.References
Aleks Effendi, et al. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Buddha Parinibbana Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Journal on Education. 5(4). 7435-17443
Didik Siswanto, et al. 2023. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Predisposisi Mengikuti Pembelajaran Agama Buddha Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 6(3) 676-680.
Eko Prasetyo, et al. 2022. Pertautan Sikap Yudhistira Pada Lakon Wahyu Darma Dengan Agama Buddha (Sebuah Analisis Hermeneutika). Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK). 4(2)47-57.
Eko Prasetyo. 2016. Lakon Jaka Bluwo Karya Bambang Suwarno Dalam Paradigma Strukturalisme Levi-Strauss. Lakon Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang. 12(1).
Eko Prasetyo. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kepemimpinan Dalam Lakon Wahyu Makutharama Gaya Mangkunegaran (Analisis Strukturalisme Lévi Strauss). Jurnal Binagogik. Vol. 9 No. 1. 1-12.
Joni Pranata, et al. 2021. Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapi?aka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial 2021. Jurnal Maitreyawira. 2(1) 58-64.
Julia Surya. 2021. Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapi?aka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 3(3)1124-1133.
MR Dewi, et al. 2023. Pengaruh Kegiatan Keagamaan Buddha Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Beragama Buddha SMP Smaratungga Ampel. Jurnal Agama Buddha dan Ilmu Pengetahuan. 9 (1), 94-103.
Sri Utami, Nguyen Thi My Loc. 2022. The significance of the monastic training system and the essential factors for the spiritual development of bhikkhun?s as depicted in early Buddhist discourses. SMARATUNGGA: JURNAL OF EDUCATION AND BUDDHIST STUDIES. 2 (1)11-20
Widhi Nyanna Pujita dan Tjhia Khie Khiong. 2021. The effect of Mah?y?na Puja Bakti and emotional intelligence on the spiritual intelligence of Buddhists at the Padmasari Temple in Lahat, South Sumatra. 1(2) 56-65.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Mahardika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.