PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DALAM BUDDHISME

Authors

  • Husin Taslim Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Partono Nyanasuryanadi Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga
  • Kabri Kabri Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Smaratungga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22543

Keywords:

Analisis, Transaksional, Buddhisme.

Abstract

Jurnal ini mengeksplorasi aplikasi pendekatan analisis transaksional dalam konteks Buddhisme dengan tujuan memahami bagaimana konsep-konsep utama dalam analisis transaksional, seperti "ego states" dan "transactions," dapat diintegrasikan dan diinterpretasikan dalam kerangka kerja ajaran Buddhis. Melalui analisis literatur dan pemahaman mendalam terhadap konsep-konsep ini, penelitian ini membahas kemungkinan penyelarasan antara pemahaman Buddhisme tentang keberadaan manusia dan teori analisis transaksional. Penelitian ini juga mengeksplorasi potensi kontribusi analisis transaksional dalam konteks pengembangan pribadi dan pertumbuhan spiritual dalam praktik Buddhis. Apakah konsep-konsep analisis transaksional dapat memberikan wawasan tambahan atau alat praktis untuk memahami dinamika batin manusia dalam konteks meditasi dan transformasi diri. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membuka diskusi baru tentang cara menyatukan dua pendekatan yang berasal dari tradisi yang berbeda ini, dengan tujuan meningkatkan pemahaman kita tentang diri sendiri, hubungan interpersonal, dan perjalanan spiritual. Melalui penggabungan pendekatan analisis transaksional dengan ajaran Buddhis, penelitian ini mengeksplorasi kemungkinan sinergi yang dapat memberikan manfaat praktis bagi individu yang mencari pengembangan pribadi dan pemahaman yang lebih dalam tentang kehidupan.

References

Aleks Effendi, et al. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Materi Buddha Parinibbana Kelas 9 Sekolah Menengah Pertama. Journal on Education. 5(4). 7435-17443

Didik Siswanto, et al. 2023. Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Predisposisi Mengikuti Pembelajaran Agama Buddha Siswa Kelas Xii Sma Negeri 1 Donorojo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP). 6(3) 676-680.

Eko Prasetyo, et al. 2022. Pertautan Sikap Yudhistira Pada Lakon Wahyu Darma Dengan Agama Buddha (Sebuah Analisis Hermeneutika). Jurnal Pendidikan Buddha dan Isu Sosial Kontemporer (JPBISK). 4(2)47-57.

Eko Prasetyo. 2016. Lakon Jaka Bluwo Karya Bambang Suwarno Dalam Paradigma Strukturalisme Levi-Strauss. Lakon Jurnal Pengkajian & Penciptaan Wayang. 12(1).

Eko Prasetyo. 2022. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kepemimpinan Dalam Lakon Wahyu Makutharama Gaya Mangkunegaran (Analisis Strukturalisme Lévi Strauss). Jurnal Binagogik. Vol. 9 No. 1. 1-12.

H Wijoyo, J Surya. 2020. Analisis penerapan Meditasi Samatha Bhavana di Masa covid-19 terhadap Kesehatan mental umat buddha vihara dharma loka pekanbaru. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED 10 (2), 121-130.

J Pranata, et al 2021. Akulturasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Mengawe Dalam Agama Buddha. Jurnal Maitreyawira 2 (1), 58-64

J Surya, et al. 2020. Therav?da Bhikkhun? of Sangha Agung Indonesia: Equality and Justice in Education, Spiritual Practice and Social Service. International Conference on Science and Education and Technology (ISET 2019) 353-358.

J Surya. 2019. How Vipassan? Meditation Deals With Psychological Problems Of The Anger Character In Order To Create A Peaceful Life. Buddhist Approach to Harmonious Families, Healthcare and Sustainable. 574(Atlantis Press SARL)463 – 466.

Joni Pranata, et al. 2021. Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapi?aka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial 2021. Jurnal Maitreyawira. 2(1) 58-64.

Julia Surya. 2021. Kajian Penyebab Kemarahan Menurut Suttapi?aka dalam Masyarakat Multikultural: Perspektif Psikologi Sosial. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS). 3(3)1124-1133.

Downloads

Published

2023-12-11

How to Cite

Taslim, H. ., Nyanasuryanadi, P. ., & Kabri, K. (2023). PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DALAM BUDDHISME. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3133. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22543