PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI

Authors

  • Mulyeni Mulyeni Universitas Mahmud Yunus Batusangkar
  • Wahidah Fitriani Universitas Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22280

Keywords:

Based Learning, Daya Ingat Siswa, Mata Pelajaran Fikih dan Budi Pekerti

Abstract

Pendekatan dalam penelitian ini ialah jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Maksud dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menggambarkan keadaan yang sedang diteliti terkait bagaimana cara guru dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning. Selain itu penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui perubahan daya ingat siswa setelah diterapkannya menerapkan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam perencanaan model pembelajaranProject Based Learning, guru PAI merancang silabus dan RPP sebelum melaksanakan pembelajaran. (2) Langkah-langkah dari pelaksanaan model Project Based Learning ialah: Question (pertanyaan), plan (perencanaan), schedule (penjadwalan), monitor (pantauan), dan evaluate (evaluasi). (3) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada mata pelajaran PAI dapat peningkatkan daya ingat siswa di SMP 3 Sawahlunto. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan kepada nilai rata-rata sebelum diterapkannya model pembelajaran Project Based Learning pada kelas 8 yaitu 87,7 dan setelah guru PAI menerapkan model pembelajaran project based learning pada kelas XI Agama 1 menjadi 89,4.

References

rizi, A. (2016). Menjadi Guru Unggul: Bagaimana Menciptakan Pembelajaran Yang Produktif dan Profesional. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Buzan, T. (2006). Gunakan Memori Anda. Batam: Interaksa.

Corbin, A. S. (2009). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2017). Pendekatan Pembelajaran PBL Kurikulum. Yogyakarta: Gava Media.

Fitrah, M. d. (2017). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas, & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Idi, A. (2014). Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2017). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rais, M. (2010). Model Project Based-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. Vol. 43, No. 3.

Sekretariat Negara Republik Indonesia UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (n.d.).

Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Press.

Syafaat, A. S. (2018). Peranan Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syarifuddin. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.

Yani, A. (2022). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jakarta: media Book.

Downloads

Published

2023-12-08

How to Cite

Mulyeni, M., & Fitriani, W. . (2023). PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN DAYA INGAT SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2873–2878. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22280