ANALISIS PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS

Authors

  • Ilham Kamaruddin Kamaruddin Universitas Negeri Makassar
  • Gusnidar Gusnidar STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh
  • Septiani Utami Utami Universitas Samawa
  • Anwar Anwar Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
  • Nasrullah Nasrullah Smp Negeri 3 Kendari
  • Mas'ulil Munawaroh STAI Sabilul Muttaqin Mojokerto

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22100

Keywords:

Disiplin, Prestasi, Mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di Universitas. Disiplin belajar merupakan faktor kunci yang dapat memengaruhi pencapaian akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner kepada sampel mahasiswa universitas. Analisis data dilakukan melalui teknik statistik seperti regresi linier dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa disiplin belajar memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki tingkat disiplin belajar yang lebih tinggi cenderung mencapai prestasi akademik yang lebih baik. Selain itu, faktor-faktor lain seperti dukungan sosial dan motivasi juga dapat memoderasi hubungan antara disiplin belajar dan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini memiliki implikasi penting bagi pengembangan strategi pendidikan di universitas. Dalam rangka meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, perlu diberikan perhatian khusus terhadap pengembangan disiplin belajar mahasiswa melalui program-program pembinaan dan dukungan sosial. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lain yang mungkin memengaruhi prestasi belajar mahasiswa secara lebih mendalam

References

Anwar, K. (2018). Urgensi Penerapan Manajemen Konflik Dalam Organisasi Pendidikan. Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3206

Asrin, A. (2021). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru(1st ed.). Azka Pustaka.Daft, R. L. (2010). Era Baru Manajemen(9th ed.). Salemba Empat.Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa(1st ed.). Deepublish.

Dwi L., E., Muhsin, M., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Disiplin Belajar, Kompetensi Sosial Guru dan Kesiapan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29778

Ekosiswoyo, R., & Rochman, M. (2002). Manajemen Kelas(2nd ed.). Semarang Press.

Elly, R. (2016). Hubungan Kedisplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), Article 4.

Fajar, D. P. (2016). Teori-Teori Komunikasi Konflik: Upaya Memahami Memetakan Konflik(1st ed.). Universitas Brawijaya Press.

Firmansyah, M. A., & Mahardika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen(1st ed.). Deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25(9th ed.). Universitas Diponegoro.

Habeahan, S. (2013). Kepemimpinan—Untuk Organisasi Publik dan Organisasi Non Profit(1st ed.). Krista Mitra Pustaka.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan(1st ed.). Deepublish.

Pratiwi, R., & Aini, N. (2020). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-12.

Saputro, A. (2021). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2019 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Akuntansi, 9(1), 1-12.

Saputro, A. (2023). Pengaruh Disiplin Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(1), 1-12.

Sari, N. P. D., & Sulistyowati, M. (2022). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 25(1), 1-12.

Wardani, R. R., & Sulistyowati, M. (2019). Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(2), 1-12.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Kamaruddin, I. K., Gusnidar, G., Utami, S. U., Anwar, A., Nasrullah, N., & Munawaroh, M. . (2023). ANALISIS PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA DI UNIVERSITAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2675–2680. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22100