PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING

Authors

  • Muh. Irfan STKIP Al Amin Dompu
  • Nur Islamiati STKIP Al Amin Dompu
  • Aidin Aidin STKIP Al Amin Dompu

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22023

Keywords:

Inquiry Based Learning (IBL), Kemampuan Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah kamampuan berpikir kritis siswa pada penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dan bagaimanakah persepsi siswa pada Inquiry Based Learning (IBL). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis deskriptif. Tempat penelitian dilakukan di sekolah MAN Dompu. Subjek penelitian terdiri dari 60 siswa kelas XI. Intrumen penelitian menggunakan tes dengan jenis esai dan lembar angket dengan jenis anget Skala Likert. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) yang terlihat dari analisis data perindikator yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, menarik kesimpulan, memberikan penjelasan lebih lanjut dan taktik dan strategi. Secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis siswa sebelum penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) memperoleh rata-rata sebesar 13 dan persentasi 66 dengan kategori cukup. Kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) memperoleh rata-rata sebesar 16,32 dan persentasi 81,6 dengan kategori baik. Persepsi siswa dinilai dengan beberapa aspek diantaranya aspek interaksi siswa dan guru, aspek mampu memotivasi siswa dalam belajar, aspek memahami konsep atau materi, Aspek berpikir kritis dan hasil belajar dan aspek kesesuaian model dengan materi. Secara keseluruhan dai setiap aspek persepsi siswa diperoleh nilai rata-rata sebesar 16 dan persentasi sebesar 82 dengan kategori baik.

References

Adinda, I. R., Hasanah, U., & Banun, S. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Siswa Saat Pembelajaran Daring. Jurnal Biolokus, 4(2), 118. https://doi.org/10.30821/biolokus.v4i2.1026

Arifandi, M., & Kristin, F. (2020). The Influence of the Application of Inquiry and Problem Based Learning Models on the Critical Thinking Ability of Students in 5th Grade Elementary School. Journal of Educational Sciences, 4(2), 414. https://doi.org/10.31258/jes.4.2.p.414-425

Arifuddin, A. (2020). The Analysis of Critical Thinking Skills of Primary School Teacher Candidates in Solving Mathematical Problems. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1), 46. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6212

Azisah, A., Khaeruddin, K., Ristiana, E., & S, M. I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1439–1446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1572

Cahya, M. G. S., & Katemba, C. V. (2023). The Effectiveness of Inquiry-Based Learning on Reading Skills at SMAN I Lembang: Kurikulum Merdeka. Jetal: Journal of English Teaching & Applied Linguistics, 4(2), 153–160.

Desnita, D. (2022). Validity and Reliability of Critical Thinking Instruments to Measure the Effectiveness of Context-Based Physics E-Module on Wave Materials. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 8(1), 57–64. https://doi.org/10.21009/1.08106

Dharmayanti, D. P. A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Vi Semester I Sdn 3 Sudaji. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1), 152–161. https://doi.org/10.5281/zenodo.6575115

Girsang, B., Ayu, E., Sinaga, L., Gaylussac Tamba, P., Sihombing, I., & Siahaan, F. B. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dengan Model Program For International Student Assesment(PISA) Konten Quantitiy Pada Materi Himpunan di Kelas VII SMP HKBP Sidorame Medan. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2686–4452(NICoMSE), 172–180. https://doi.org/10.36655/sepren.v3i2

Halimah, F., Nurrizki, F., Sulistiyowati, A., & Dewi, N. K. (2023). Analisis Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora, 2(1), 89–96. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Irfan, M., Islamiati, N., & Ratnah, R. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIS At-Taqwa Wawonduru. Journal on Education, 6(1), 1724–1732. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3142

Islami, M., & Hadi Soekamto. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry Menggunakan Quizizz Multimedia Berbasis Gamification terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 383–392. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.48338

Jalal, E., Lisa, Y., & Syafrudin, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(April), 1–23.

Karmana, I. W., & Samsuri, T. (2018). Kerangka Konseptual Model Conceptual Problem Based Learning Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Edusains, 10(2), 226–234.

Kelana, J. B., Robandi, B., & Widodo, A. (2022). Inquiry Model: How to Improve the Ability of the Nature of Science and Its Aspects in Elementary School? International Journal of Elementary Education, 6(2), 325–332. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i2.45611

Khomaidah, S., & Koeswanti, Dewi, H. (2020). Efektivitas Problem Based Learning dan Guided Inquiry Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Lestari, I., & Putri, N. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa. Histogram?: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 87–97.

Mellita, Sri, A., & Rosita, L. (2019). Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran geografi. GEODIKA?: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 3(2), 70–79.

Muhammad Santoso, A., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 73–86. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123

Nori, A., Zulirfan, & Ma’aruf, Z. (2019). An Analysis of Student’S Critical Thinking Skills in Physics Lesson in Sma 8 Pekanbaru. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 11. https://doi.org/10.31258/jgs.7.1.11-17

Pujani, N. M. (2022). The Effectiveness of the Inquiry Learning Model on Basic Science Learning Materials on Problem Solving and Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55, 173–181.

Putri, Silvana, C. (2023). Peran Pembelajaran Berbasis Outdoor dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa: Studi Quasi-Eksperimental di Sekolah Menengah Atas di Bandung. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 01(02), 68–77. https://doi.org/10.58812/spp.v1.i02

Saekawati, R., & Nasrudin, H. (2021). Effectiveness of Guided Inquiry-Based on Blended Learning in Improving Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 53–68. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.36947

Samadun, S., Setiani, R., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Effectiveness of Inquiry Learning Models to Improve Students’ Critical Thinking Ability. IJORER?: International Journal of Recent Educational Research, 4(2), 203–212. https://doi.org/10.46245/ijorer.v4i2.277

Supriyatno, T., Lestari, D. A., & Utami, U. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models for Students’ Scientific Performances and Critical Skills. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.18860/mad.v13i1.9342

Susilawati, E., Agustinasari, Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i1.1453

Tampubolon, Y., Sitohang, T., & Siagian, Afriani, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kreatif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa-Siswi Kelas XI SMA Tri Sakti Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6201.

Wayudi, M., Suwanto, & Santoso, B. (2019). Kajian analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 141. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i2.18008

Yusuf, E., & Gustiyana. (2022). Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Negeri 02 Bengkulu utara. Jurnal Multidisiplin Dehasen, 1(4), 529–534.

Yuwono, M. R., Udiyono, U., Maarif, D. H., & Sulistiana, S. (2019). Students ’Critical Thinking Profile To Solve The Problem Of Analytical Geometry Viewed From Gender. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 37–46. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i1.3768

Downloads

Published

2023-12-17

How to Cite

Irfan, M. ., Islamiati, N. ., & Aidin, A. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 3526–3533. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.22023