IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN PROGRESIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN: TEORI DAN PRAKTIK

Authors

  • Teddy Fadhly Solikhin Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21317

Keywords:

Kepemimpinan Progresif, Pendidikan

Abstract

Kepemimpinan progresif dalam pendidikan sangat penting karena memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan siswa, kemajuan institusi pendidikan, dan masyarakat secara keseluruhan. Kepemimpinan progresif dalam pendidikan tidak hanya sekedar mengikuti tren baru, tetapi merupakan sikap dan tindakan yang berorientasi pada masa depan dengan tujuan menciptakan lingkungan pendidikan yang kompetitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan bahwa lembaga pendidikan dapat menjadi pusat pengembangan potensi siswa dan tempat pemberdayaan mereka untuk mencapai kesuksesan pribadi dan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kepemimpinan pendidikan progresif menekankan pada pembaharuan, pengembangan, dan penerapan strategi yang inovatif untuk memajukan kualitas pendidikan.

References

Afifandasari, T., & Subiyantoro, S. (2022). Pengembangan Jiwa Edupreneurship Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Lembaga Pendidikan. Jurnal Eduscience, 9(1), 279–287.

Amin, M., & Muttaqin, I. (2022). Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam Ideal Di Era Digital. Arfannur, 3(1), 21–30.

Andriansyah, T. I. S. W. (2021). Kepemimpinan Transformatif Dan Progresif. Penerbit Adab.

Anggraeni, Y., & Santosa, T. E. C. (2013). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Dinamika Ekonomi & Bisnis, 10(1).

Astuti, W. (2017). Hakikat Pendidikan. Over The Rim, 191–199.

Awaluddin, A. (2021). Kepemimpinan Progresif Atasi Kemunduran Pendidikan Islam Tradisional. Arfannur, 2(2), 119–132.

Azhar, C. (2017). Manajemen Pengembangan Pendidikan Islam Perspektif Al-Quran. Tarjih: Jurnal Tarjih Dan Pengembangan Pemikiran Islam, 14(1), 1–18.

Duryat, H. M. (2021). Kepemimpinan Pendidikan: Meneguhkan Legitimasi Dalam Berkontestasi Di Bidang Pendidikan. Penerbit Alfabeta.

Efendi, M. B., Wakhyuni, E., Romy, E., & Sudirman, A. (N.D.). Jurnal Pendidikan Progresif.

Fakhruddin, A., No, U., Nasional, S. P., Sisdiknas, U. U., Yang, T., & Esa, M. (2014). Urgensi Pendidikan Nilai Untuk Memecahkan Problematika Nilai Dalam Konteks Pendidikan Persekolahan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 12(1), 79.

Fauzi, M. A. N., Suryadi, T., Fatkhullah, F. K., & Saefurridjal, A. (2023). Internalisasi Landasan Teologis, Filosofis, Psikologis, Dan Sosiologis Dalam Strategic Planning Pendidikan. Foundasia, 14(1), 55–68.

Febrianto, S. E. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepemimpinan Dan Kerjasama Tim: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Pendekatan Kepemimpinan Tim, Dan Efektivitas Tim (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 598–609.

Karwan, D. H., Hariri, H., & Rini, R. (2017). Membangun Budaya Guru Pembelajar Melalui Kepemimpinan Visioner. Jurnal Pendidikan Progresif, 7(2), 77–87.

Khasanah, N. U. R., Aravik, H., & Hamzani, A. I. (2022). Pemikiran Pendidikan Progresif Abdul Munir Mulkhan Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(1), 30–40.

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal Of Education Research, 1(2), 134–137.

Mayan, M. P., & Mansor, M. (2020). Hubungan Antara Amalan Kepimpinan Distributif Dengan Efikasi Kendiri Dan Komuniti Pembelajaran Profesional Guru Di Kuala Lumpur: The Relationship Between Distributive Leadership Practice And Self-Efficacy And Learning Community Professional Teachers In Kuala Lumpur. Management Research Journal, 9(2), 70–83.

Muthohar, S., Syukur, F., & Junaedi, M. (2020). Pemikiran Pendidikan Progresif Ivan Illich Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam Di Era Millenial. El-Tarbawi, 13(1), 1–22.

Noor, J. (2011). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Paywala, R. J., & Wulandari, D. (2022). Pembelajaran Seumur Hidup Di Abad 21 Untuk Menghadapi Era Disrupsi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 20(2), 1215–1222.

Prayitno, A., & Tahir, R. (2022). Servant Leadership Dan Kinerja Organisasi Study Sistematik Literatur Review. Adbispreneur: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 7(1), 29–38.

Siswadi, H. (2017). Konsep Dasar Kepemimpinan Pendidikan. Selat Media.

Usanto, U., Sucahyo, N., Warta, W., Khie, S., & Fitriyani, I. F. (2023). Transformasi Kepemimpinan Yang Bersifat Profetik Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Era Society 5.0 Yang Berkelanjutan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5287–5301.

Wardani, D. K., & Indriayu, M. (2015). Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Prosiding Seminar Nasional, 9.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Solikhin, T. F. . (2023). IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN PROGRESIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN: TEORI DAN PRAKTIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1758–1764. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21317