PENGARUH M-BANKING TERHADAP KEMUDAHAN MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI DI BANK MUAMALAT KCP STABAT

Authors

  • Safrina Safitri Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Khairina Tambunan Universitras Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21394

Keywords:

Mobile Banking, Kemudahan, Transaksi

Abstract

Untuk memudahkan klien bertransaksi dimana saja, kapan saja, dan hanya dengan smartphone, PT. Bank Muamalat KCP Stabat mendorong nasabah untuk mengadopsi mobile banking. Namun, masih ada beberapa konsumen yang tidak mau menggunakan mobile banking karena sulit digunakan, tidak percaya, atau tidak mau menghadapi risiko yang ada. Studi lapangan dengan pendekatan kuantitatif merupakan metodologi penelitian yang digunakan. Populasi penelitian ini adalah nasabah Bank Muamlat KCP Stabat yang membelanjakan hingga 755 dana IB Hijrah. Rumus slovin digunakan untuk memilih sampel untuk penyelidikan ini, yang mencakup hingga 98 klien. teknik pengumpulan data yang melibatkan wawancara dan survei. metode untuk menganalisis data dengan analisis banyak regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berpengaruh positif signifikan terhadap nasabah yang menggunakan layanan mobile banking yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 0,05 dan nilai thitung 4,117 > ttabel 1,66365; dan (2) berpengaruh positif signifikan terhadap minat nasabah terhadap layanan mobile banking Bank Muamalat KCP Stabat.

References

Ahmad dan Prambudi. Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Jakarta : Jornal Studi Manajemen No. 1-11, 2014.

Amirudin. Pengatar Metode Penelitian Hukum. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003.

Arikonto Suharsimi. Prosedur penelitian.

Arikunto Suharaimi. Prosedur penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2002.

Astuti, Rahmad, Riyadi. Pengaruh Kemudahan Terhadap Kepercayaan dan Penggunaan Mobile Banking. Jurnal : Administrasi Bisnis, 2017.

Basu, Swasta dan Hani, Handoko. Manajemen Perusahaan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Liberty Edisi Pertama, 2009.

Bi Rahmani, Nur Ahmadi. Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan : FEBI UINSU Press.

Bungin, Burhan. Metedologi Penelitian Sosial Dan Ekonomi. Jakarta;Kencana, 2013.

Bused and Tiwari. The Mobile Commere Prospects : A Strategic Analisys of Oppurtunities In The Banking Sector. Hamburg University Press, 2007.

Ghizali Imam. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan program IBMSPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.

Hasan, Iqbal. Analisis Data Penelitian dengan Statistik Cet 3. Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

https://www.bi.go.id.com Di unduh 28 Juni 2020 Jam 20.05 WIB.

Hutabarat, S. Evan, S.M. Pengantar Oceao Grafi. Jakarta : Universitas Indonesia, 2008.

Jogiyanto. Metodologi penelitian sistem informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset 2008.

Jogiyanto. Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta : Penerbit Andi Publisher, 2007.

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Safitri, S. ., & Tambunan, K. . (2023). PENGARUH M-BANKING TERHADAP KEMUDAHAN MASYARAKAT UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI DI BANK MUAMALAT KCP STABAT. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1825–1828. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21394