PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA

Authors

  • Albertus Bili Tonda Hery Kresnadi Universitas Tanjung Pura
  • Hery Kresnadi Universitas Tanjung Pura
  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya Universitas Tanjung Pura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21307

Keywords:

Suplemen Bahan Ajar, Ipas, Materi Wujud Zat Dan Perubahannya

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk berupa suplemen bahan ajar pada mapel IPAS materi wujud zat dan perubahannya kelas IV Sekolah Dasar Kartika XVII-1 yang layak menurut penilaian ahli desai, ahli materi dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan metode campuran (mixed methode) dan menggunakan model ADDIE, yaitu analisis (analyze), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap implementasi atau uji coba lapangan dilaksanakan di Sekolah Dasar Kartika XVII-1 pada peserta didik kelas IV dengan jumlah responden 30 orang. Hasil penelitian ini berupa produk pengembangan suplemen bahan ajar untuk pembelajaran “Wujud Zat dan Perubahannya”. Hasil uji validasi produk oleh ahli desai mencapai rata-rata sebesar 4,3 (sangat valid) dan hasil validasi yang dilakukan oleh validator ahli materi sebesar 4,3 (sangat valid). Selain itu ujicoba produk tahap I mencapai rata-rata sebesar 4,2 yang berkriteria sangat baik dan pada ujicoba tahap II mencapai rata-rata sebesar 4,4 yang berkriteria sangat baik.

References

Amri, S, & Iif, K, A. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Produk Kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Arikunto, S (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azis, H. (2019, 19 Sepetember). Pengembangan Bahan Ajar Fisika “Validitas, Realibilitas, Praktikalitas, dan Efektifitas Bahan Ajar Cetak Meliputi Hand Out, Modul, Buku (Diktat, Buku Ajar, Buku Teks)” (tidak dipublikasikan). Padang, Universitas Negeri Padang.

Bahtiar, E. T. (2015). Penulisan bahan ajar. In Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.

Daryanto, A. D (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Dewi S. L. (2020). Membangun Peradaban Bangsa dalam Era Globalisasi Pendidikan Karakter. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar , 4(1), 48-54. https://doi.org/10.24903/pm.v4i1.396

Kadir, A., & Asrohah, H. (2014). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Grafindo Persada.

Kepmendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum. Jakarta: Kemdikbudristek. Diunduh dari https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp- content/unduhan/CP_2022.pdf

Koesasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Sinar Grafika Offset

Prastowo, A (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana

Prastowo, A (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Inovatif. Jakarta: Kencana

Pratiwi, N. T. (2021). Analisis implementasi pendidikan pancasila sebagai pendidikan karakter di SD negeri 002 Tanjungpinang Barat. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 439-449. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1417/1117

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research and Development). Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Sugiyomo. (2017). Metode Penelitian & Pengembanhan: Research and Development. Bandung: Alfabeta. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabet

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79–85

Trianto (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Widoyoko. E. P (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Kresnadi, A. B. T. . H. ., Kresnadi, H. ., & Ghasya, D. A. V. (2023). PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR PADA MATA PELAJARAN IPAS MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA . Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1704–1710. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21307