PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2022/2023

Authors

  • Mega Maulina Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Harningsih Fitri Situmorang Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21087

Keywords:

Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah  pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (2) untuk mengetahui adakah pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui adakah pengaruh kelengkapan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa di SMK PAB 2 Helvetia Medan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian Akuntansi yang berjumlah 35 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu fasilitas belajar (X1) dan motivasi belajar (X2) serta variabel terikat yaitu prestasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan: Y = 120.589 - 0,647X1 - 0,748X2. Hasil Uji t untuk fasilitas belajar (X1) diperoleh thitung = -3.537 sehingga H1 diterima dan motivasi belajar (X2) diperoleh thitung = -3.159, sehingga H2 diterima. Kemudian untuk Uji F diperoleh Fhitung = 16.897, seingga H3 diterima. Secara simultan (R2) fasilitas belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,3%. Kesimpulan penelitian ini adalah fasilitas belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa baik secara simultan maupun parsial.

References

Al Hakim, R., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas Dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 263. Https://Doi.Org/10.22460/Fokus.V4i4.7249

Aprianto, B. (2013). Sistem Infromasi Laporan Data Pertambangan Pada Dinas Pertambangan Dan Energi Tembilahan Berbasis Web. Jurnal SISTEMASI, 2(2), 58–64. Https://Doi.Org/10.32520/Stmsi.V2i2.168

ARIANTI, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA?: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. Https://Doi.Org/10.30863/Didaktika.V12i2.181

Ayuwardani, R. P., & Isroah, I. (2018). PENGARUH INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUANGAN TERHADAP UNDERPRICING HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (Studi Empiris Perusahaan Go Public Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2015). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). Https://Doi.Org/10.21831/Nominal.V7i1.19781

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 01(02), 1–20.

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46. Https://Doi.Org/10.26858/Publikan.V9i1.7739

Dongoran, F. R., Syah, D. H., Marniati, M., Hubur, A. A., & Susilawati, S. (2020). Factors Influencing Learning Motivation In The Learning Process. Journal Of Critical Reviews, 7(17), 506–511. Https://Doi.Org/10.31838/Jcr.07.17.70

Emda, A. (2017). Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah. Lantanida Journal, 5(1), 83. Https://Doi.Org/10.22373/Lj.V5i1.2061

Habsyi, F. Y. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Nusantara Tauro. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 2(1), 13–22.

Hikmiyah, S. N., & Burhanuddin, H. (2020). Siti Nafsiatul Hikmiyah, Hamam Burhanuddin, Konsep Motivasi Belajar Di Masa Pandemi Covid 19. 02, 85–100.

Kasus, S., Mahasiswa, P., Pahlawan, U., Tambusai, T., Sari, E. N., Farhas, R. J., Zulmi, S., Zakky, M. A., Ekonomi, F., Pahlawan, U., & Tambusai, T. (2022). INNOVATIVE?: Volume 1 Nomor 2 Tahun 2021 Research & Learning In Primary Education Analisis Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Smartphone. 1, 688–695.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. P-ISSN 2549-7332 %7C E-ISSN 2614-1167%0D

Marita, W. E. (2015). Pengaruh Struktur Organisasi Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Penerapan Business Entity Concept. AKRUAL: Jurnal Akuntansi, 7(1), 18. Https://Doi.Org/10.26740/Jaj.V7n1.P18-40

Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Raudhah, 05(02), 1–9. Http://Jurnaltarbiyah.Uinsu.Ac.Id/Index.Php/Raudhah/Article/View/182

Nur, S. (2015). Korelasi Kelengkapan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Sma 2 Polewali. Jurnal Pepatuzdu, 10(1), 47–67. Https://Journal.Lppm-Unasman.Ac.Id/Index.Php/Pepatudzu/Article/View/38

Sitirahayu, S., & Purnomo, H. (2021). Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(3), 164–168. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V4i3.242

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Utami, I. T. (2020). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Korespondensi Indonesia. Jurnal Sekretari & Administrasi (Serasi), 18(2), 13–23. Https://Journal.Budiluhur.Ac.Id/Index.Php/Serasi/Article/View/1176

Zulfia, R., & Syofyan, E. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar Di Rumah, Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Akuntansi Di SMK Kabupaten Agam. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1), 1–10.

Downloads

Published

2023-11-13

How to Cite

Maulina , M. ., & Situmorang, H. F. . (2023). PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK PAB 2 HELVETIA MEDAN T.A 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1522–1526. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.21087