EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER

Authors

  • Rika Handayani Universitas Timor
  • Oktovianus Mamoh Universitas Timor
  • Zulkaidah Nur Ahzan Universitas Timor
  • Fitriani Fitriani Universitas Timor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20987

Keywords:

Efektivitas, E-Modul, Hasil Belajar, Keaktifan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektifitas penggunaan e-Modul terhadap hasil belajar dan keaktifaan mahasiswa pada mata kuliah aljabar linier elementer. E-modul yang dimaksud dalam penelitian ini merupakan modul yang menarik dan dibuat secara digital yang mudah diakses dimanapun dan meningkatkan minat baca mahasiswa dengan tampilan yang bagus dan ditambahkan dengan soal dan quiz yang menyenangkan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa e-modul yang digunakan dalam pembelajaran aljabar linier elementer dinyatakan efektif, ditinjau dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 90% peserta didik tuntas dengan memperoleh nilai ? 70 dan hasil belajar menggunakan perhitungan N-Gain dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,8607 berada pada kategori “tinggi” serta keefektifan penggunaan e-modul didukung dengan uji t-paired test dengan nilai sig atau p-value yaitu 0,001 < 0,05. Sedangkan hasil observasi menunjukkan bahwa sebesar 71,67% dengan kategori sangat aktif, 25% dengan kategori aktif dan sebesar 3,33% dengan kategori cukup aktif.

References

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Faridah, A., & Afridiani, W. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui E-Modul Berbasis Android. 26(3), 476–482. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/39008

Gunawan, H. (2018). Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. 261–266. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1830

Gunawan, R. (2022). Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pebelajaran (Perdana). CV. Feniks Muda Sejahtera. https://www.google.co.id/books/edition/MODUL_PELATIHAN_PENGEMBANGAN_BAHAN_AJAR/F2JlEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=modul+adalah&pg=PA5&printsec=frontcover

Ismail, A, A. (2015). Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi. Deepublish.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan Ajar Berbasis Kompetensi: Sesuai dengan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Akademia Permata.

Majid, A. (2007). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166– 175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Lestari, Kurnia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-11-24

How to Cite

Handayani, R. ., Mamoh, O. ., Ahzan, Z. N., & Fitriani , F. . (2023). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH ALJABAR LINIER ELEMENTER. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 2071–2078. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20987