PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN HUKUM MAD THOBI’I DAN MAD BADAL (STUDI PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN)

Authors

  • Fitriani Fitriani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahmah Rahmah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Sulaiman Sulaiman Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19705

Keywords:

Pembelajaran Al-Qur’an, Edpuzzle, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab Suci yang merupakan salah satu ibadah yang utama dan paling mulia. Dalam proses membaca Al-Qur’an, terdapat kaidah-kaidah yang harus dipahami, dipatuhi, serta diperhatikan oleh seorang pembaca diantaranya adalah mengenai makhroj, tajwid, dan tartilnya Agar dapat mempelajari Al-Qur’an dengan mudah dan menyenangkan, maka penggunaan media sangat penting dilakukan. Salah satu media yang bisa  digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an, yaitu media edpuzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dari data yang diperoleh dari hasil tes yang diberikan kepada siswa. Kemudian dianalis dengan langkah-langkah yang ditempuh dalam menganalisis data ini, meliputi; (1) Pengkoreksian data, (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah, (3) analisis deskriptif, (4) analisis inferensial, dan (5) uji hipotesis. Dari penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil bahwa 1) Ha diterima, hal ini dibuktikan dengan adanya kemajuan kemampuan mahasiswa dalam memahami dan menerapkan hukum Mad Thobi’i dan Mad badal ketika membaca Al-qur’an pada ayat-ayat yang telah ditentukan, setelah mendapatkan pemeberian materi tentang hukum bacaan Mad Thobi’i dan Mad badal. 2) Peningkatan rata-rata hasil belajar Mahasiswa sebelum dan sesudah eksperimen berada pada kategori ”Tinggi”.

References

M. Jaedi, Pentingnya Memahami Al-Qur’an Dan Ilmu Pengetahuan, Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5, No. 3 (2019): H. 66.

Sugestiana Dan Joko Soebagyo, Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Basicedu: Research & Learning In Elementary Education Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Hal. 2637 – 2646

Muhammad Afandi, Dkk., Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, (Semarang: Unissula Press, 2013), H. 16

Husniyatus Salamah Zainiyati, Model Dan Strategi Pembelajaran Aktif (Teori Dan Praktek Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam) (Surabaya: Putra Media Nusantara, 2010), H. 67

Muh Husyain Rifa’i Dkk., Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Inovatif (Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta, 2022), H. 2 Dan 3

Shilphy A. Octavia, Model-Model Pembelajaran (Yogyakarta: Deepublish, 2020), H. 12-13

Abdul Majid, Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012), H. 125

Abdul Majid, Belajar Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, H. 134

Abas Asyafah, Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam), Vol. 6, No. 1 (2019): H. 23

Halid Hanafi, Dkk, Profesionalisme Guru Dalam Pengelolaan Kegiatan (Yogyakarta: Deepublish, 2018)

Manna Al-Qaththan, Pengantar Studi Ilmu Al-Qur’an (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2006), H. 12.

Agus Ruswandi Dan Syarifah Muthi’atun Najah, Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Qiraati Di Sd Islam Terpadu (Sdit) Al Ichwan Cikarang Utara, Bekasi Jawa Barat, Jurnal Penamas Vol. 32 No. 1 (2019): H. 673

Kurnia A, Implementasi Metode Al-Hidayah Dalam Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an, Jurnal Tatsqif, Vol. 15, No. 1, 2017, H. 82

Sundi, V. H., Astari, T., Rosiyanti, H., & Ramadhani, A. (2020). Efektivitas Penggunaan Edpuzzle Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj, 1–10. Http:Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnaskat

Achmad, N., & Ganiati, M. (2021). Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. Ujmes (Uninus Journal Of Mathematics Education And Science), 06(02), 46–51

Qadriani, N. L., Hartati, S., Dewi, A., & Selatan, J. (2021). Pemanfaatan Youtube Dan Edpuzzle Sebagai Media Pembelajaran Daring Berbasis Video Interaktif. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 04(01), 1–8. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.36722/Jpm.V4i1.841

Sugestiana Dan Joko Soebagyo, Respon Siswa Terhadap Implementasi Media Edpuzzle Dalam Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Covid 19, Jurnal Basicedu: Research & Learning In Elementary Education Volume 6 Nomor 2 Tahun 2022 Hal. 2637 – 2646

Adiva Syaifullah, Farah Maulida Rahmah , Fathatus Salamah , Triana Srisantyorini. Penerapan Ilmu Tajwid Dalam Pembelajaran Al-Quran Untuk Mengembangkan Bacaan Al-Quran. Hal.2. File:///C:/Users/Asus/Downloads/10844-28415-1-Sm.Pdf

M. Hasbi Ashadiqi, Aan Erlansari, Funny Farady. Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android. .2020. Jurnal Rekursif, Vol. 8 No.1. Hal. 61. File:///C:/Users/Asus/Downloads/9641-File%20utama%20naskah-22996-26933-10-20200609.Pdf

Abdul Hadi, Contoh Mad Badal, Pengertian, Dan Ketentuannya Dalam Ilmu Tajwid, Https://Tirto.Id/Gogx

Downloads

Published

2023-10-24

How to Cite

Fitriani, F., Rahmah, R., & Sulaiman, S. (2023). PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DENGAN EDPUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN HUKUM MAD THOBI’I DAN MAD BADAL (STUDI PADA MAHASISWA POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN). Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 692–699. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19705