PENGARUH PENERAPAN GAMES BASED LEARNING MENGGUNAKAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI HAKIKAT FISIKA DI MA MUHAMMADIYAH WATULIMO

Authors

  • Ummu Habibatus Sholihah Universitas Ahmad Dahlan
  • Ishafit Ishafit Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20728

Keywords:

Game Based Learning, Kahoot, Motivasi Belajar.

Abstract

Pembelajaran fisika seringkali mengharuskan guru untuk menciptakan suasana belajar yang dapat menumbuhkan motivasi siswa. Seringkali siswa merasa bahwa fisika merupakan mata pelajaranyang sulit sehingga membuat siswa menjadi malas untuk mulai belajar. Ditambah dengan metode pembelajaran yang itu – itu saja yaitu guru menerangkan didepan, memberikan contoh soal lalu siswa diminta untuk mengerjakan soal. Mengakibatkan siswa merasa bosan sehingga penerapan teknologi dalam pendidikan dapat diterapkan agar pembelajaran dapat berjalan yang efektif dan menyenangkan serta dapat membangun motivasi siswa untuk belajar. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa adalah game based learning sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan game based learning menggunakan kahoot terhadap motivasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif model one group design. Dengan dua kali penyebaran angket motivasi belajar angket tersebut adalah angket pre-test dan post-test. Penelitian ini dilaksanakan di MA Muhammadiyah Watulimo pada kelas X materi hakikat fisika. Hasil dari penelitian ini sebelum penerapan model game based learning menggunakan kahoot indikator motivasi belajarnya hanya sebesar 55%, setelah penerapan 88%, kesimpulan dari penelitian ini adalah model game based learning menggunakan kahoot dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135. Https://Doi.Org/10.31764/Orbita.V6i1.2069

Cinta, A., Wibawa, P., Mumtaziah, H. Q., Sholaihah, L. A., & Hikmawan, R. (2021). Game-Based Learning (Gbl) Sebagai Inovasi Dan Solusi Percepatan Adaptasi Belajar Pada Masa New Normal. Integrated (Journal Of Information Technology And Vocational Education), 3(1), 17–22. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Integrated/Article/View/32729

Clarisa, C. V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Game Kahoot Terhadap Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematis Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. 65.

Collette-Chiappetta_Chapter-1_1989.Pdf. (N.D.).

Hakikat, P. (N.D.). Pembelajaran 1. Hakikat Ilmu Fisika. 3–21.

Nurdiansyah, E., Fh, Y., & Deskoni. (2019). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Kahoot! Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Utilitas, 5(October), 1–10.

Oktavia, R. (2022). Game Based Learning Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa. Osf Preprints, 1–7.

Sakdah, M. S., Prastowo, A., & Anas, N. (2021). Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 487–497. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.1845

Sulistiyawati, W., Sholikhin, R., Afifah, D. S. N., & Listiawan, T. (2021). Peranan Game Edukasi Kahoot! Dalam Menunjang Pembelajaran Matematika. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(1), 46–57.

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar. Prosiding, 6(November), 28–36. Http://Jurnal.Lppm.Unsoed.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Prosiding/Article/View/1192

Susanti, R. (2013). Penerapan Pendekatan Demonstrasi Interaktif Untuk Meningkatka Pemahaman Konsep Fisika Siswa Sma. Universitas Pendidikan Indonesia, 19–29. Reprository.Upi.Edu

Umniah, H. F. (2019). Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Ma ’ Arif Jurusan?: Pendidikan Agama Islam.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Sholihah, U. H. ., & Ishafit, I. (2023). PENGARUH PENERAPAN GAMES BASED LEARNING MENGGUNAKAN KAHOOT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X PADA MATERI HAKIKAT FISIKA DI MA MUHAMMADIYAH WATULIMO. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1207–1212. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20728