PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK DHARMA WANITA GRESIK

Authors

  • Chairunnisa’ Eka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Marniati Marniati Universitas Negeri Surabaya
  • Inty Nahari Universitas Negeri Surabaya
  • Rahayu Rahayu Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20483

Keywords:

Media Video Tutorials, Female Body Proportions

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) keterlaksanaan pembelajaran menggambar proporsi tubuh wanita dengan media video tutorial, 2) mengetahui respon siswa terhadap media video tutorial, 3) mengetahui pengaruh penerapan media video tutorial terhadap hasil belajar siswa dalam menggambar proporsi tubuh wanita. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection) yang dilakukan pada setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X tata busana SMK Dharma Wanita Gresik yang berjumlah 12 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket respon, dan hasil tes belajar siswa berupa tes kognitif dan tes psikomotor. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) keterlaksanaan pembelajaran dengan media video tutorial dapat terlaksana dengan baik dengan rata-rata skor mencapai kategori baik, 2) respon siswa terhadap media video tutorial menunjukkan hasil dengan rata-rata skor mencapai kategori sangat baik, 3) hasil belajar siswa pada ranah afektif, kognitif, dan psikomotor pada siklus 1 masih belum mencapai target yang diinginkan sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus 2 dimana terdapat peningkatan hasil belajar, namun sebagian siswa masih belum mencapai target yang diinginkan sehingga penelitian dilanjutkan pada siklus 3 dimana hasil belajar semua siswa telah mencapai target yang diinginkan dengan rata-rata hasil skor nilai mencapai kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media video tutorial menggambar proporsi tubuh wanita dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Arfika, Fitria. “Penerapan Media Berbasis Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membuat Kampuh Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Stabat” E-Journal Universitas Negeri Medan 5, No. 1 (2017):1-12

Arsyad Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Atapukan, Erni Rusli. “Pengaruh Penggunaan Media Pmbelajaran Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada mata pelajaran IPS Terapadu di SMP Negeri 1 Bontonompo Kabupaten Gowa” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2019

Daryanto, 2011, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh- Contohnya, Yogyakarta : Gava Media.

Dinata, Yogi Nurcahyo. 2013.“Penggunaan Media Pembelajaran Video Tutorial untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Seyegan pada Mata Pelajaran Menggambar dengan Autocad” Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, Siska. “Penerapan Media Video Pembelajaran pada Kompetensi Dasar Membuat Pola Dasar Rok secara Konstruksi di Kelas X Tata Busana 3 SMK Negeri 6 Surabaya” e-Journal. Volume 07 No. 02 (2018):18-21

Himmah, Yuli Faiqoh “Penerapan Media sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Membuat Pola Busana di SMKN 3 Kediri” Jurnal Online Tata Busana, Volume 03 No. 01 (2014):195-201

Hutapea, Flora dan Nur Asma Purba. 2013. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Hasil Belajar Mengait pada Siswa Tata Busana SMK Negeri 8 Medan” Skripsi. Universitas Negeri Medan

Maryati. “Persepsi Siswa terhadap Penggunaan Media Pebelajaran Google Clasroom dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 3 Bantul” e-Journal Pendidikan Ekonomi dan Akutansi, Vo. 15 No. 1 (2021):31-41

Maslifah, Musfidatul. “Penerapan Media Video Pembelajaran Kompetensi Dasar Membuat Pola Blus Sesuai Desain” e-Journal Universitas Negeri Surabaya, Volume 09 No. 2 (2020):1-6

Nicholas Reiss, dkk. 2017. Understanding Design Methods- Using Explanatory Videos for Knowledge Transfer in Engineering Discipline. Germany. Karlsruhe Institute of Technology.

Pane, Efani Raflesia. “Pengaruh Minta Belajar dan Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Menggambar Proporsi Tubuh Wanita Dewasa Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Laguboti” Skripsi, Universitas Negeri Medan, 2015

Parastiwi, Tiara Ayu. “Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Peningkatan Hasil belajar Mata Pelajaran Pola Drapping di SMK PSM Randublatung Blora” Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga UNNES. [Online]. Vol.2 No. 1 (2015):41-50

Saifuddin Azwar, Sikap Manusia Teori Dan Pengukurannya Respon, (Bandung: Bina Cipta, 2011), h. 17.

Sundari, Novia. “Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Dasar Desain Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Ampek Angkek” Jurnal Kapita Selekta Geografi, Volume 2 No. 10 (2019):91-102

Tambunan, Hamonangan dan Efendi. “Effectivenenn of Interactive Multimedia Based Learning Model in Engineering Mechanics” Journals International Educational Studies, Vol. 9 No. 10 (2016):155-162

Downloads

Published

2023-11-20

How to Cite

Putri, C. E. ., Marniati, M. ., Nahari, I. ., & Rahayu, R. (2023). PENERAPAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MENGGAMBAR PROPORSI TUBUH WANITA PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK DHARMA WANITA GRESIK. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1765–1772. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20483