OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN PADA GURU MAN LIMAPULUH KOTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Intan Marajo MAN Limapuluh Kota

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20472

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Supervisi Akademik Berkelanjutan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi kompetensi pedagogik dalam menyusun rencana pelaksanaan program pembelajaran melalui supervisi akademik berkelanjutan pada guru MAN Limapuluh Kota semester genap tahun pelajaran 2022/2023.Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek dari penelitian ini adalah guru-guru MAN Limapuluh Kota semester genap tahun akademik 2022/2023 yang berjumlah 33 orang. Penelitan ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap akhir siklus dilakukan analisis hasil pembelajaran guru Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunaan lembar observasi pengamatan guru,  catatan lapangan dan dokumentasi. Metode yang digunakan dalam analisis data yaitu metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik berkelanjutan dapat mengoptimalisasi kompetensi pedagogik guru MAN Limapuluh Kota semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan supervisi akademik berkelanjutan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam membuat RPP di MAN Limapuluh Kota. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan rata-rata kemampuan mereka dari siklus I ke siklus II. Peningkatan rata-rata per indikator penilaian pembuatan RPP terjadi peningkatan dari 80,82 kategori cukup memuaskan (C) pada siklus I menjadi 86,88 kategori memuaskan (B) dengan persentase peningkatan adalah 7,50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik berkelanjutan dapat mengoptimalisasi kompetensi pedagogik guru MAN Limapuluh Kota.

References

Abdul Majid, 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2010.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Armianto, Aris. 2023. RPP Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Arrosit, Ahmad Ma’ruf Muzaidin. 2021. Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Studi Kasus di MA Maarif Al-Falah Ngrayun Ponorogo). Ponorogo: Unpublished.

Cucu, Suhana. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Dedi Supriadi, 2002. Laporan Akhir Tahun Bidang Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel. Jakarta: Kompas

Depdiknas, 2002. Kurikulum dan HAsil Belajar Kompetensi Dasar. Jakarta: Balitbangdiknas

Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Em Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Difa Publisher

Evivi, Metrin. 2019. Penerapan Supervisi Akademik Berkelanjutan dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Silabus Pengembangan dan RPP di SMPN 67 Jakarta. Jakarta: Unpublished.

Faizatun. 2019. Supervisi Akademik Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Multi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pati). Pati: Unpublished.

Hamdayama, Jumanta. 2016. MetodologiPengajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hasbi, M. 2020. Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogik Guru. Gowa: Unpublished

Iru, La dan Arihi, La Ode Safiun. 2012. Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran.Yogyakarta: Multi Presindo

Isjoni. 2013. Cooperative Learning: Mengembangkan Kemampuan Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta

J. La Solo, 1983. Pendekatan dan Teknik-teknik Supervisi Klinis. Jakarta: Departemen P dan K, Ditjen Pend. Tinggi (PPLPTK)

Jasmani & Syaiful Mustofa. 2013. Supervisi Pendidikan: Terobosan Baru dalam Peningkatan Kinerja Pengawas Sekolah dan Guru. Jokjakarta: Ar-Ruzz Media

Jumakir.2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Dalam Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Melalui Supervisi Akademik terhadap Guru SDN Lampeong. Lampung: Unpublished.

Juniardi, Wilman. 2022. Pengertian Kompetensi Pedagogik Guru dan Aspek Pentingnya. Jakarta: Quipper.

Juniardi, Wilman. 2023. RPP: Komponen, Kriteria, Cara Menyusun, dan Contoh. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kompri. 2015. Manajemen Pendidikan: Bandung: Alfabeta

Kompri. 2017. Standardisasi Kompetensi Kepala Sekolah Pendekatan Teori untuk Praktik Profesional. Jakarta: Kencana

Lantip Diat Prasojo dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.

Martiyono. 2014. Mengelola dan Mendampingi Implementasi Kurikulum 2013. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Moh. Rifai. 2002. Supervisi Pendidikan. Bandung: Jemmars

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: GP Press

Mulyasa, E, 2008, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.

Nana Sudjana, 2005. Strategi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Ngalim Purwanto, 2009. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Ngalim Purwanto. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurhaidah. 2020. Melalui Supervisi Akademik Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas dalam Proses Pembelajaran di SDN 014 Rimba Seminai. Indragiri Hulu: Unpublished.

Piet A. Sahertian, 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengambangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Prawiradilaga, Dewi Salma, Evelin Siregar, 2007, Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana

Sahertian, Piet A. 2008. Konsep Dasar dan Tehnik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Mengembangkan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi akademik. Jakarta: Bineka Cipta

Sakasman. 2020. Supervisi Akademik Berkelanjutan untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Kuburaya: Unpublished.

Sapoetra, Jimmy. 2017. Kompetensi Pedagogik. Jakarta: Binus University

Subari. (1994). Supervisi Pendidikan dalam rangka Perbaikan Situasi Mengajar, Jakarta Bumi Aksara

Sudrajat Jaja, Thamrin Abdullah, Widodo Sunaryo. (2015). Supervision, Leadership, and Working Motivation to Teachers’ Performance. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR). Volume 3. Issue 6. June 2015. PP 146-152.

Syaiful Sagala, 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syamsuddin, HS. 2019. Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru, Buleleng: Unpublished.

Tri, Fajar. 2023. 4 Kompetensi Guru yang Wajib Dimiliki oleh Calon Guru. Guru Binar

Wilson, I. D. et al, 2000, Encyclopedia of Separation Science. New York: Academic-Press.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Marajo, I. (2023). OPTIMALISASI KOMPETENSI PEDAGOGIK DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK BERKELANJUTAN PADA GURU MAN LIMAPULUH KOTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 851–857. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20472