IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS PERTIWI MANDAILING NATAL

Authors

  • Sakinah Sakinah Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Sofni Indah Arifa Lubis Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20146

Keywords:

Model Pembelajaran Discovery; Anak Usia Dini

Abstract

Pembelajaran yang diterapkan pada pendidikan anak usia dini membutuhkan suatu model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan menyesuaikan perkembangan anak. Model Pembelajaran Discovery dipercaya sebagai suatu model pembelajaran yang dapat mengkonstruksi pengetahuan dan perkembangan anak usia dini.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran discovery pada pendidikan anak usia dini, dan implementasi model pembelajaran discovery di TK Tunas Pertiwi Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipatif, dan wawancara mendalam. Data dianalisis dengan tahapan kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery dapat dilaksanakan dengan langkah persiapan, stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Implementasi model pembelajaran discovery dalam pendidikan anak usia dini di TK Tunas Pertiwi yaitu dengan pembelajaran berbasis lingkungan, pembelajaran percobaan, dan pembelajaran pemecahan masalah. Pembelajaran berbasis lingkungan dilaksanakan dengan mengenalkan anak tentang lingkungannya, terutama konteks di mana anak berada Pembelajaran eksperimen dan pemecahan masalah dilaksanakan dengan kegiatan sederhana dan tidak membahayakan anak.

References

Anhusadar, L. O., & Wulandari, H. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Seni Berbasis Agama Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 58–68.

Diani Magasida. (2017). Penerapan Metode Discovery Inkuiri pada Pembelajaran Sains Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3.

E. Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Insan Madani.

M. Fadlillah. (2016). Desain Pembelajaran PAUD (p. 16). Ar-Ruzz Media.

Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD (p. 31). Remaja Rosdakarya.

Rahman, M. H. (2020). Development of Module Early Childhood Education Based on Panca Amal Al-Washliyah to Improve Teacher ’ s Pedagogic Competence in RA Al-Washliyah Kisaran Kabupaten Asahan Sumatera Utara. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(Desember 2019).

Sulaswari, M., & Wasino, W. (2022). Pendidikan Multikultural Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Sosial Budaya untuk Sekolah Monokultural. NCESCO: National Conference on …. http://103.35.140.33/index.php/NCESCO/article/view/76

Suyadi. (n.d.). Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dalam Perspektif Neurosains?: Robotik, Akademik dan Saintifik. Edukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 13(2), 273–304.

Suyadi, M. U. (2015). Konsep Dasar PAUD. Remaja Rosdakarya.

Ulfa, U. (2019). Strategi Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. SELING: Jurnal Program Studi PGRA. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/451

Yuliati, C. L., & Susianna, N. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains , Berpikir Kritis , dan Percaya Diri Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13, 48–58.

Downloads

Published

2023-10-21

How to Cite

Sakinah, S., & Lubis, S. I. A. . (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS PERTIWI MANDAILING NATAL. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 566–571. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20146