ANALISIS PENGARUH AKUN INSTAGRAM @QURANREVIEW TERHADAP MINAT FOLLOWERSNYA BELAJAR BAHASA ARAB

Authors

  • Siti Saudah Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Moch. Hasyim Fanirin Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia
  • Ali Aminulloh Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19441

Keywords:

Instagram, Minat Belajar, Bahasa Arab

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet yang sangat pesat berdampak pada seluruh aspek termasuk pendidikan. Penggunaan media sosial pun berkembang dan mulai banyak yang menjadikannya sebagai media pembelajaran, salah satunya pembelajaran bahasa Arab yang dikenal sulit dan membosankan sejak lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan Instagram sebagai media berbasis visual terhadap minat pembelajaran bahasa Arab, dalam hal ini akun Instagram @quranreview terhadap Followersnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksplanasi survey. Populasi penelitian adalah Followers akun Instagram @quranreview sebanyak 234.000 per Juni 2021. Teknik pengambilan sampel melalui sampel kuota dengan kriteria khusus yakni merupakan Followers aktif @quranreview dan pernah mengikuti kelas daringnya setidaknya satu kali. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil menunjukkan bahwa ada pengaruh akun Instagram @quranreview terhadap minat Followersnya belajar bahasa Arab dibuktikan dengan koefisien regresi yang bernilai positif pada persamaan regresi yang dihasilkan yaitu Y = 7,588 + 0,637 (X) dan koefisien determinasi (R2) 0,565 atau 56,5%.

References

Bahruddin, U., Amrullah, A. M., & Audina, N. A. (2021). Kontruktivisme dalam Perkuliahan Maharah Kalam Menggunakan Media Instagram : Implementasi, Problematika dan Persepsi Mahasiswa di Indonesia. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 5 (1), 127-140. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/Arabiyatuna/article/view/2396

Bakeer, A. M. (2018). Effects of Information and Communication Technology and Social Media inDeveloping Students' Writing Skill: A Case of Al-Quds Open University. International Journal of Humanities and Social Science 8(5), 45-53. doi:10.30845/ijhss.v8n5p5

Cahyono, D. D., Mustofa, N. H., Fatoni, A., & Gufron, A. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Melalui Media Gambar . ALSYS : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 2 (4), 546-554. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/alsys/article/view/481

Grisatita, J. A., & Lestari, M. T. (2020). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Instagram Rok Galiya sebagai Media Komunikasi Pemasaran. e-Proceeding of Management, 5136-5145. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/viewFile/13645/13160

Hardono, A., Sarayar, A. R., Kurniawan, H. A., Donianxon, R. A., & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019, (pp. 458-464). https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/7632

Husin, Dhia, H. Z., & Khoiriyatunnisa, L. (2021). Pemanfataan Platfrom Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula . Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) VII (pp. 543-554). Malang: Jurusan Sastra Arab Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/1007

Ilmani, A. M., Ahmadi, Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab . Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab 8(1), 17-32. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/id/eprint/2613

Indrawan, I., & Wijoyo, H. (2020). Pendidikan Anak Pra Sekolah. Banyumas: CV. Pena Persada.

Khotimah, S. K. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19 . Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (4), 2149 - 2158 . https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857

Kurniati, D. (2022). Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model Blended Learning . Ta’limi: Journal of Arabic Education & Arabic Studies 1 (2), 119-138. https://journal.stai-nuruliman.ac.id/index.php/tlmi/article/view/32

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 1(1), 128-135.

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Saudah, S. ., Fanirin, M. H. ., & Aminulloh, A. (2023). ANALISIS PENGARUH AKUN INSTAGRAM @QURANREVIEW TERHADAP MINAT FOLLOWERSNYA BELAJAR BAHASA ARAB. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 816–824. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19441