TEACHER’S DIRECTIVE SPEECH ACT ON STRENGTHENING THE STUDENTS’ CHARACTER AT SMPS BUNDA MULIA SILIMAKUTA

Authors

  • Dewi Satria Saragih Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Christina Natalina Saragi Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Usman Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20107

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan analisis tindak tutur direktif dari tuturan guru BK selama proses pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tindak tutur direktif guru terhadap penguatan karakter siswa dan jenis tindak tutur direktif guru yang paling dominan terhadap penguatan karakter siswa. Desain penelitian penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah fokus pada tindak tutur direktif. Penulis mengambil data dari ucapan-ucapan guru bimbingan dan konseling selama proses pembelajaran. Data penelitian ini adalah tipe urutan sajian frekuensi dominan dari kedua belas tipe tindak tutur direktif. Tindak tutur direktif menurut Searle & Vanderveken, (1985:37) menyatakan bahwa tindak tutur direktif mempunyai maksud adalah berusaha menyuruh orang lain melakukan sesuatu. Mereka mengungkapkan apa yang diinginkan pembicara. Dari analisis tersebut peneliti menemukan hasil; Terdapat 148 data atau ujaran dengan 12 jenis tindak tutur direktif yang diwujudkan sebagai berikut: memerintahkan 21 ucapan (14.18%), menceritakan 16 ucapan (10.81%), meminta 15 ucapan (10.13%), mengarahkan 14 ucapan (9.45%), melarang 14 ucapan (9,45%), melarang 14 ucapan (9,45%), menasihati 13 ucapan (8,78%), meminta 13 ucapan (8,78%), menyarankan 10 ucapan (6,75%), mendesak 8 ucapan (5,40%), memperingatkan 6 ucapan (4,05%), dan merekomendasikan 4 ungkapan (2,70%). Dan jenis tindak tutur direktif yang paling dominan digunakan guru BK dalam proses belajar mengajar adalah perintah dengan jumlah tuturan sebanyak 21 kali (14,18%).

References

Baehaqi, M. L. (2020). Strengthening Discipline Character of Students at Muhammadiyah Boarding-School ( MBS ) Muhiba Yogyakarta. 20(1), 63–82.

Baharun, H., & Ummah, R. (2018). Strengthening Students’ Character in Akhlaq Subject Through Problem Based Learning Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1), 21. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2205

Dewi, A. (2021). Directive speech act and types of teacher talk in english class at SMK muhammadiyah Belitung Timur. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hermansyah, S., Hanafi, M., Syamsu, T., & ... (2022). Analysis Directive Speech Act And Communication Approach Between Teachers And Students In The Learning Process. … Language Journal, 8(1), 10–16. http://jurnal.umsrappang.ac.id/laogi/article/view/597%0Ahttps://jurnal.umsrappang.ac.id/laogi/article/download/597/425

Lestari Kasih Grasella Nahampun, Herman, Christina Natalina Saragi, & Nanda Saputra. (2022). The Contrastive Analysis of the Sound in Vowel and Consonant in English and Batak Language. LingLit Journal Scientific Journal for Linguistics and Literature, 3(2), 87–92. https://doi.org/10.33258/linglit.v3i2.724

Martini, Rosdiana, L., Subekti, H., & Setiawan, B. (2018). Strengthening students’ characters and ecopreneurship through science, environment, technology, and society course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 162–171. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.14338

Saragi, C. N., Sumarlam, S., Wibowo, A. H., & Marmanto, S. (2019). Directive Speech Acts on Ulaon Unjuk in Batak Toba Custom: Gender Perspective. 338(Prasasti), 328–333. https://doi.org/10.2991/prasasti-19.2019.56

Sasmita, R., Hardiah, M., & . E. (2018). an Analysis of Deixis and Its Reference Used By Main Character in “a Thousand Words” Movie Scriptby Steve Koren. Journal of English Education and Teaching, 2(1), 68–75. https://doi.org/10.33369/jeet.2.1.68-75

Searle, J. R., & Vanderveken, D. (1985). Speech Acts and Illocutionary Logic. Logic, Thought and Action, 1, 109–132. https://doi.org/10.1007/1-4020-3167-x_5

Suryandani, P. D., & Budasi, I. G. (2021). an Analysis of Directive Speech Acts Produced By Teachers in Efl Classroom. Journal of English Language and Culture, 12(1), 36–45. https://doi.org/10.30813/jelc.v12i1.2823

Downloads

Published

2023-11-17

How to Cite

Saragih , D. S. ., Saragi , C. N. ., & Sidabutar , U. . (2023). TEACHER’S DIRECTIVE SPEECH ACT ON STRENGTHENING THE STUDENTS’ CHARACTER AT SMPS BUNDA MULIA SILIMAKUTA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1656–1659. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.20107