IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Authors

  • Djuniawan Karna Djaja Universitas Gunung Kidul
  • Nurul Hikmah UWGM Samarinda
  • Poiran Poiran Institut Administrasi Dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Kusuma Wardany Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Muhamad Saleh Universitas Serambi Mekkah
  • Ariana Oktavia Universitas Maritim AMNI

Keywords:

Merdeka Belajar, Berpikir Kritis, Mahasiswa

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar adalah inovasi terbaru dalam pendidikan tinggi yang bertujuan untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada mahasiswa dalam memilih dan mengelola kurikulum mereka sendiri. Salah satu tujuan utama dari implementasi Kurikulum Merdeka Belajar adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Kemampuan berpikir kritis merupakan keterampilan intelektual yang penting dalam mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi kompleksitas dunia modern. Studi ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa di sebuah institusi pendidikan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah pengumpulan data kuantitatif melalui survei dan analisis data komparatif sebelum dan setelah implementasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis mahasiswa setelah diterapkannya Kurikulum Merdeka Belajar. Ini mencakup peningkatan kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis informasi, mengevaluasi argumen, dan mengambil keputusan yang berdasarkan bukti. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung atau menghambat keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Temuan ini dapat menjadi pedoman bagi institusi pendidikan tinggi lainnya yang ingin menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar atau inovasi serupa dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan persiapan mahasiswa untuk masa depan yang penuh tantangan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang peran Kurikulum Merdeka Belajar dalam memajukan kemampuan berpikir kritis di lingkungan pendidikan tinggi

References

Arini, N. K & Sudatha, I. G. W. S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA Sisa Kelas V di Desa Pedawa. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communcation, Collaboration, Critical Thinking, dan Creative Thinking) Untuk Menyongsor Era Abad 21. Prosiding Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1).

Aulia, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Write Around Terhadap Kemampuan Kolaborasi Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD N 054914 Kota Lama Tahun Ajaran 2022/2023. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (2nd ed.). Pustaka Pelajar.

Banawi, A. (2019). Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Sintaks Discovery/Inquiry Learning, Based Learning, Project Based Learning. Jurnal Biology Science & Education, 8(1), 90–100.

Barlian, U. C & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0- 387-09506-6

Buda, C. H & Prasetyo, A. K. (2022). Pengembangan Problem Based and Project Based Learning Pasca Covid-19 Terhadap Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(3), 90– 105.

Dewi, F. (2015). Proyek Buku Digital: Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Metodik Didaktik, 9(2), 1–15.

Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan Kekurangan Project-based Learning untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226.

Downloads

Published

2023-10-06

How to Cite

Djaja, D. K. ., Hikmah, N. ., Poiran, P., Wardany, K. ., Saleh, M. ., & Oktavia, A. . (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 21–25. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/19622

Most read articles by the same author(s)