PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DI UNIVERSITAS

Authors

  • Djuniawan Karna Djaja Universitas Gunung Kidul
  • Hetty Elfina Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Najdah Najdah Universitas Musamus Merauke
  • Geofakta Razali Institut STIAMI
  • Al Munip STIE Syari’ah Al Mujaddid
  • Muhammadong Muhammadong Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17671

Abstract

Pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam proses pendidikan untuk membentuk kepribadian dan moral mahasiswa. Kepercayaan diri adalah salah satu hasil yang diharapkan dari pendidikan karakter yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh pendidikan karakter terhadap kepercayaan diri mahasiswa di Universitas. Metode penelitian yang digunakan adalah studi survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sampel mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas. Kuesioner ini dirancang untuk mengukur tingkat pendidikan karakter yang diterima oleh mahasiswa dan tingkat kepercayaan diri yang mereka miliki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pendidikan karakter dan kepercayaan diri mahasiswa. Mahasiswa yang mendapatkan pendidikan karakter yang lebih baik cenderung memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi. Beberapa aspek pendidikan karakter, seperti integritas, empati, ketekunan, dan tanggung jawab, secara khusus berkontribusi pada peningkatan kepercayaan diri. Penemuan ini memiliki implikasi penting bagi lembaga pendidikan dalam mengembangkan program pendidikan karakter yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa. Peningkatan kepercayaan diri dapat membawa dampak positif pada prestasi akademik, hubungan sosial, dan kesiapan mahasiswa untuk menghadapi tantangan di dunia nyata.

References

Akram, W., & Kumar, R. (2018). International Journal of Computer Sciences and Engineering Open Access. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), 347–354. https://doi.org/10.26438/ijcse/v5i10.351354

Alhabash, S., & Ma, M. (2017). A Tale of Four Platforms?: Motivations and Uses of Facebook , Twitter , Instagram , and Snapchat Among College Students?? SAGE, (1–3), 1–13. https://doi.org/10.1177/2056305117691544

Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya Di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 0(0), 79–85. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/11151

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. Channerl, 3(2), 1–16.

Bastian, I., Winardi, R. D., & Fatmawati, D. (2019). Metoda Wawancara. In We live in an “interview society,” in which interviews are central to making sense of life (pp. 1–42).

Chukwuere, J. E., & Chukwuere, P. C. (2017). The Impact of Social Media on Social Lifestyle?: A Case Study of University Female Students. Gender & Behaviour, 224–252. https://doi.org/10.4018/978-1-5225-2495-3.ch009

Dasir, M. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Religius dalam Materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kurikulum 2013. 1–30. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/8578/JURNAL.pdf?s equence=9&isAllowed=y

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja dan Permasalahannya. ISTIGHNA, 1(1), 116–133.

Ebrahimi, M., & Yusoff, K. (2017). Islamic Identity, Ethical Principles and Human Values. European Journal of Multidisciplinary Studies, 6(1), 325. https://doi.org/10.26417/ejms.v6i1.p325-336

Febrianshari, D., Kusuma, V. C., Jayanti, N. D., Ekowati, D. W., Prasetya, M. Y., & Suwandayani, I. B. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan SD, 6(April), 88–95. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/45183/20/

Firmansyah, R., Hakim, M. A. R., & Yenil, A. (2019). Mengidentifikasi Sikap Pendidikan karakter Menghargai Prestasi Terhadap Siswa Kelas VII SMP N Kota Jambi. Jurnal Riset Dan Konseptual, 4, 198–205.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Fitri, M. E. Y., & Chairol, L. (2019). Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Gender. Jurnal Benefita, 4(1), 162–181.

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. NATURALISTIC?: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Fitriani, Y., & Agung, I. M. (2019). Religiusitas Islami dan Kerendahan Hati dengan Pemaafan pada Mahasiswa Religiusitas Islami dan Kerendahan Hati dengan Pemaafan pada Islamic Religiosity and Humility with Forgiveness among Undergraduate Students. Jurnal Psikologi, 14(12), 165–172. https://doi.org/10.24014/jp.v14i2.6418

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal At-Taqadddum, 8(1), 21– 46. Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25. https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262

Downloads

Published

2023-08-13

How to Cite

Djaja, D. K., Elfina, H. ., Najdah, N., Razali, G. ., Munip, A. ., & Muhammadong, M. (2023). PENGARUH PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA DI UNIVERSITAS. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(2), 151–156. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i2.17671