PROFIL KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA SMA PADA MATERI GEOMETRI

Authors

  • Sukiyanto Sukiyanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Dewi Anggreini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Deri Fathurahman Arif Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19543

Abstract

Penelitian berfokus pada profil kecerdasan visual spasial siswa kelas 12 SMA N 1 Jetis Bantul terhadap pada tingkat pemecahan masalah yang tinggi. Fokus penelitian yang diangkat didasarkan pada urgensi bahwa siswa merasa kesulitan dalam menghubungkan bagian-bagian visual dalam sisi bangun ruang dan belum mampu memprediksi bangun ruang bila dilihat dari berbagai sudut pandang menurut survey lapangan yang dilakukan oleh Fajri dkk (2016). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa soal tes Matematika yang mengadaptasi model Open-Ended Problem dan pedoman wawancara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil kecerdasan visual spasial tingkat tinggi siswa kelas 12 SMA N 1 Jetis Bantul berdasarkan karakteristik kecerdasan visual-spasial Haas. Sampel penelitian adalah siswa kelas 12 MIPA 4 SMA N 1 Jetis Bantul yang dipilih sebanyak 2 siswa berdasarkan capaian hasil pekerjaan siswa yang tergolong pada tingkat pemecahan masalah yang tinggi berdasarkan kriteria pada Taksonomi Bloom revisi terbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terpilih menjadi sampel penelitian ini memiliki profil kecerdasan visual-spasial yang sangat baik ditinjau berdasarkan karakteristik kecerdasan visual-spasial Haas. Pernyataan tersebut menegaskan bahwa kecerdasan visual-spasial yang dimiliki siswa tersebut telah melewati urgensi penelitian yang diangkat.

References

Alimuddin, H & Trisnowali, A.M.S. (2018). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2), 169-182. http://dx.doi.org/10.31100/histogram. v2i2.238.

Haas, Steven C. (2003). Algebra for Gifted Visual-Spatial Learners, Gifted Education Communication (Spring), 34(1), 30-31; 42-43.

Hidayat, Badi Rahmad, Bambang Sugiarto, and Getut Pramesti. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Jurnal Pendidikan Matematika Solusi 1, no. 1 (2013): 39–46.

Kurniasari, Ika. “Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Geometri Materi Dimensi Tiga Kelas XI IPA SMA.” In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Vol. 329, 2013.

Nuraini, A., Sunardi, S., Ambarwati, R., Hobri, H., & Jatmiko, D. D. H. (2022). Analisis Karakteristik Kecerdasan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Shape and Space ditinjau dari Tipe Kepribadian menurut David Keirsey. KadikmA, 13(1), 88-100.

Rahmah, N. (2013). Hakikat pendidikan matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Rizky, E.P. (2016). Peran Kemampuan Spasial Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Yang Berkaitan dengan Geometri.

Sukiyanto, S. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan Pendekatan Active Learning pada Materi Bangun Datar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 57–76. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2834

Utami, C. (2020). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan spasial matematis. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 123-132.

Wulansari, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Wulansari, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Sukiyanto, S., Agustito , D. ., Anggreini, D. ., & Arif, D. F. . (2023). PROFIL KECERDASAN VISUAL-SPASIAL SISWA SMA PADA MATERI GEOMETRI. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1005–1019. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.19543