PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC PADA MATERI PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDN 35 PONTIANAK SELATAN

Authors

  • Agung Amiansyah Universitas Tanjungpura
  • Hamdani Hamdani Universitas Tanjungpura
  • Dyoty Aulia Vilda Ghasya Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19168

Keywords:

Pengembangan, Video Animasi, Motion Graphic.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi motion graphic yang layak digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran kurikulum merdeka pada mata pelajaran IPAS materi proses fotosintesis pada tumbuhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and development (R&D) dengan mengadaptasi model ADDIE. Sampel data penelitian ini adalah 97 peserta didik kelas IV SD Negeri 35 Pontianak Selatan dan 2 orang validator ahli yang terdiri ahli materi dan ahli media. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan angket. Hasil penelitian dan pengembangan mendapatkan penilaian validitas menurut validator ahli materi pada aspek isi, penyajian, dan bahasa memperoleh nilai persentase 88,00% dengan kriteria “Sangat Valid”, dan menurut validator ahli media pada aspek spartial, temporal, live action, dan typographic memperoleh nilai persentase 91,16% dengan kriteria “Sangat Valid”. Hasil ini didukung dari hasil kegiatan uji coba produk dan mendapat respon dari peserta didik kelompok kecil memperoleh nilai persentase 80,66% yang merupakan kriteria “Sangat Praktis”, dan respon kelompok besar memperoleh nilai persentase 83,65% yang merupakan kriteria “Sangat Praktis”. Dengan demikian disimpulkan bahwa video animasi motion graphic layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Akbar., S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto. S., & Jabar. C, S, A. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa Dan Praktisi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gustiawati, R, D Arief, and A Zikri. (2020). “Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar .” Jurnal Basicedu 4(2): 2580–1147.

Magdalena. I., Riana. O, P., & Emilia. S, R. (2020). “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 2(2): 170–87.

Purwanto. (2017). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rochmad, (2012). Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Jurnal Kreano, 3(1), 59-72. Diunduh di https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano/article/view/2613

Saputra, A. B. (2018). Pembuatan Motion Graphic Sebagai Media Promosi Untuk Proyek Purna Jual Datsun Sigap. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 2(2), 84-97. Diunduh di http://jurnal.kopertipindonesia.or.id/index.php/kopertip/article/view/51

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.” In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alpabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alpabeta

Yuliarmi. N, N, dan Marhaeni. A, A, I, N. (2019). Metode Riset Jilid 2. Denpasar: CV Sastra Utama.

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Amiansyah, A., Hamdani, H., & Ghasya, D. A. V. . (2023). PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC PADA MATERI PROSES FOTOSINTESIS PADA TUMBUHAN SISWA KELAS IV SDN 35 PONTIANAK SELATAN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 627–634. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.19168