THE DESCRIPTIVE ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS IN IMPLEMENTING CURRICULUM 2013 IN TEACHING LEARNING AT THE EIGHTH GRADE OF UPTD SMP NEGERI 2 MANDREHE BARAT IN 2022/2023

Authors

  • Tiwi Hati Hartati Zebua Universitas Nias
  • Yaredi Waruwu Universitas Nias
  • Okniel Zebua Universitas Nias
  • Adieli Laoli Universitas Nias

Keywords:

Descriptive Analysis, Curriculum 2013, Recount Text.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan desain rencana pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 pada materi recount text oleh guru bahasa Inggris di kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Mandrehe Barat. Tujuan penelitian yang kedua adalah untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru bahasa Inggris dalam mengimplementasikan rencana pelaksanaan pembelajaran pada materi recount text berdasarkan kurikulum 2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yang kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa guru bahasa Inggris merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris pada materi teks recount di kelas VIII SMP Negeri 2 Mandrehe Barat telah dilaksanakan berdasarkan komponen kurikulum 2013. Kendala guru dalam mengimplementasikan RPP berdasarkan kurikulum 2013 di kelas VIII UPTD SMP Negeri 2 Mandrehe Barat adalah guru tidak memberikan isyarat apa yang harus dilakukan siswa sesuai dengan RPP, tidak menggunakan media secara efektif dan efisien, tidak melibatkan siswa dalam memanfaatkan media, tidak melakukan penilaian di akhir pembelajaran sesuai dengan kompetensi dan indikator yang harus dicapai oleh siswa.

References

Ali, B.I., Ridwan M.Pd. (2018). The Implementation Of Curriculum 2013 For Teaching And Learning English At The Tenth Grade Students Of Ma Negeri Tarakan In Academicyears 2018/2019. Jurnal Edukasi. 5 (2).

Creswell. (2013). Qualitative Inquiry & Design Research. (Third Edition). SAGE Publications

Creswell, John W. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches.

Ema, P. Pratolo, B, W. Mahfiana. (2020). Teacher’s Belief about the Implementation of Curriculum 2013 in English Language. Ethical Lingua. Vol. 7 (1).

Fauzi, S. M., (2019). Implementation Of Curriculum 2013 For Physical Education, Sport And Healt Of Junior Highschool In Samarinda. Journal of Teaching & Education. 1 (2).

Juanda, R. Pratama, A. Ningsih, W. R. & Nina Afriani. (2020). Teachers’ Difficulties In Implementing The 2013 Curriculum. J-Shelves Of Indragiri. 1(2).

Ramadhana, P, G. Ahmad, S, Ngadimun. (2021). Management and Implementation of 2013 Curriculum in Junior High Schools. Journal Of K6 Education And Management. Vol. 4 (1).

Saripudin. (2018) Increasing the Students’ Social Intelligence Through Pencak Silat Extracurricular. International Journal Pedagogy Of Social Studies. Vol 3. (2).

Pratomo and Imam Shofwan. (2022). Implementation of Education and Training Program Evaluation. Edukasia. 16 (2).

Downloads

Published

2023-09-13

How to Cite

Zebua, T. H. H. ., Waruwu, Y. ., Zebua, O. ., & Laoli, A. . (2023). THE DESCRIPTIVE ANALYSIS OF ENGLISH TEACHERS IN IMPLEMENTING CURRICULUM 2013 IN TEACHING LEARNING AT THE EIGHTH GRADE OF UPTD SMP NEGERI 2 MANDREHE BARAT IN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 308–313. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/18927