PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-MIPA DI SMA NEGERI 2 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Syukuriana Laia Universitas Nias
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18404

Keywords:

Scramble learning model, Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil belajar Biologi peserta didik kelas XI-MIPA di SMA Negeri 2 Gunungsitoli dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble. Lokasi penelitian di SMA Negeri 2 Gunungsitoli. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-MIPA 2 yang berjumlah 35 orang yang terdiri dari 19 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Waktu pelaksanaan penelitian yaitu di semester Genap pada Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian yaitu: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar peserta didik, (3) Lembaran panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan proses pembelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble diperoleh rata-rata hasil refleksi pada Siklus I yaitu 60,95% dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 87,56%  dengan kriteria baik. (2) Nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran Biologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Scramble pada Siklus I yaitu 71,83 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 82,23 dengan kriteria baik.

References

Abdullah, Mestin. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Biologi. Jurnal Normalita, 9(1). 14-24.

Aminah, Siti. (2018). Efektivitas Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Journal Indragiri, 1(4).28-32.

Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Raja Grafindo.

Darmadi. (2018). Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar

Siswa. Rineka Cipta.

Darmawan, E, dkk. (2021). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Pustaka Rumah Cinta.

Huda, Miftahul. (2020). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: isu-isu metodis dan paradigmatis. Pustaka Pelajar.

Husamah, dkk. (2018). Belajar dan Pembelajaran. UMM Press.

Jongu, Agustinus Umbu Luwa, dkk. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Poster Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Katolik Anda Luri Waingapu. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya. 10(1). 25-36.

Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud.

Downloads

Published

2023-09-21

How to Cite

Syukuriana Laia, & Toroziduhu Waruwu. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI-MIPA DI SMA NEGERI 2 GUNUNGSITOLI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3). https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18404