PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULU MORO’O

Authors

  • Jenifer Paulina Gulo Universitas Nias
  • Toroziduhu Waruwu Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18345

Keywords:

Problem Based Learning, Learning Outcomes

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o ditemukan beberapa permasalahan antara lain yaitu: (1) Kegiatan pembelajaran masih berpusat kepada guru. (2) Nilai rata-rata peserta didik masih tergolong dalam kriteria cukup. Tujuan penelitian: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.  (2) Mendeskripsikan nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.  Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ulu Moro’o. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-B yang berjumlah 24 orang, yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Instrumen penelitian: (1) Lembaran observasi, (2) Tes hasil belajar peserta didik, (3) Lembaran panduan wawancara. Hasil penelitian: (1) Pelaksanaan kegiatan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di Siklus I rata-rata persentasenya yaitu 56,25% dengan kriteria kurang dan Siklus II rata-rata persentasenya yaitu 85,42%  dengan kriteria baik. (2) Nilai rata-rata peserta didik pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran IPA di Siklus I yaitu 69,42 dengan kriteria cukup dan Siklus II yaitu 81,25 dengan kriteria baik.

References

Imron, Muhamad dan Johanis Saroi. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa. Biolearning Journal, Vol. 7, No. 2, Hal. 70-74

Kemendikbud. (2020). Penilaian Kependidikan: Sistem Penilaian, Hasil Belajar dan Kemampuan Guru Melaksanakan Penilaian Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemedikbud

Khoerunnisa, Putri dan Syifa M. Aqwal. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, Hal. 1-27.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama

Rohmah, Choirun Nurul dan Rahyu Setiani. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, Vol. 5, No. 2, Hal. 99-106

Setiawati, Siti Ma’rifah. (2018). Telaah Teoritis: Apa Itu Belajar. HELPER: Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA, Vol. 35, No. 1, Hal. 31-46.

Shoimin, Aris. (2018). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sofyan, Herminarto, dkk. (2018) Problem Based Learning Dalam Kurikulm 2013. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-09-17

How to Cite

Jenifer Paulina Gulo, & Toroziduhu Waruwu. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 ULU MORO’O. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 470–475. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i3.18345