Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Pelepah Pisang

Authors

  • Fina Alfianita Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Musnar Indra Daulay Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian  ini dilatar belakangi oleh  hasil pengamatan di TK Ayssyiyah Pulau Payung terhadap keterampilan motorik halus anak yang belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan peningkatan dengan metode mencetak menggunakan media pelepah pisang.  Masalah dalam penelitian  ini adalah motorik halus anak seperti mengembangkan ide mencetak, mengeksplorasikan warna-warna, menggerakkan jari-jemari tangan, dan membuat karya sendiri dalam pelaksanaan pembelajaran motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak kelompok B1 TK Aisyiyah Pulau Payung melalui kegiatan mencetak menggunakan pelepah pisang. Jumlah anak yang menjadi subjek berjumlah 12 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan rumus  P =  x 100% untuk menghitung persentase keterampilan motorik halus anak. Melalui  perhitungan tersebut dapat diketahui persentase keterampilan motorik halus anak dari kondisi awal sebesar 35,29%. Pada siklus I pertemuan ke I dan II meningkat menjadi 36,76% dan 44,49%. Pada siklus II pertemuan I dan II meningkat lagi menjadi  55,51% dan 76,47%. Hal ini membuktikan bahwa metode mencetak menggunakan media pelpah pisang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di TK Aisyiyah Pulau Payung.

Downloads

Published

2022-05-23

How to Cite

Alfianita, F., Indra Daulay, M., & Nurmalina, N. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mencetak dengan Pelepah Pisang. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(2), 30–40. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/4517

Issue

Section

Articles