Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting

Authors

  • Desti Mona Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Zulhendri Zulhendri Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Penelitian  ini dilatar belakangi oleh  hasil pengamatan di TK Aisyiyah Pulau Payung terhadap keterampilan motorik halus anak yang belum berkembang dengan optimal. Sehingga perlu dilakukan peningkatan dengan metode finger painting. Masalah dalam penelitian ini adalah motorik halus anak seperti mengembangkan ide mencetak, mengkombinasikan warna-warna, dan membuat karya sendiri dalam pelaksanaan pembelajaran motorik halus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan motorik halus anak kelompok B1 TK Aisyiyah Pulau Payung melalui kegiatan finger painting. Jumlah anak yang menjadi subjek berjumlah 12 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian. Perhitungan yang dilakukan dapat diketahui persentase keterampilan motorik halus anak mengalami peningkatan dari kondisi awal sebesar 33,46%. Pada siklus I pertemuan ke I dan II meningkat menjadi 37,50% dan 45,96%. Pada siklus II pertemuan I dan II meningkat lagi menjadi  58,46% dan 76,84%. Hal ini membuktikan bahwa metode finger painting dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di TK Aisyiyah Pulau Payung.  

Downloads

Published

2022-05-09

How to Cite

Mona, D., Zulhendri, Z., & Nurmalina, N. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(2), 20–29. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/4510

Issue

Section

Articles