Hubungan Gaya Belajar dengan Konsentrasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Authors

  • Nurhaswinda Nurhaswinda Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan langsung antara Gaya Belajar dengan Konsentrasi. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Tahun Ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, metode survei dengan teknik pengukuran, sedangkan data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik dekriptif, uji hipotesis, dan regresi sederhana. Populasi menggunakan populasi sasaran adalah seluruh mahasiswa semester 1 A prodi PGSD di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai berjumlah 57 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampel total (total sampling). Berdasarkan hasil analisis korelasi diperoleh bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya belajar dengan konsentrasi belajar mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar matematika prodi PGSD Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil ini ditunjukkan oleh nilai rhitung = 0,278 dan rtabel = 0,266, jadi rhitung > rtabel. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini diterima. Kata Kunci: Gaya Belajar, Konsentrasi Mahasiswa, Korelasi.

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Nurhaswinda, N. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Konsentrasi Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 2(2), 1–9. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpt/article/view/3385

Issue

Section

Articles