PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI MEDIA KARTU ANGKA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kartu angka pada anak kelompok B TK Naga Beralih. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 adalah (BB) 72,9%, (MB) 14,2%, (BSH) 7,9%, dan (BSB) 4,7%. Siklus I pertemuan I mulai berkurang menjadi (BB) 42,8% (MB) meningkat 36,42%, (BSH) 12.6% dan (BSB) 6,3%, dan pada Siklus I pertemuan II berkurang lagi menjadi (BB) 20,6%, (MB) 46%, (BSH) 21,5% dan (BSB) 11%, Siklus II pertemuan I berkurang lagi menjadi (BB) 1,5%, (MB) 12,6%, (BSH) 39,6% dan (BSB) 55,5% sedangkan pada siklus II pertemuan II semakin berkurang menjadi (BB) 0%, (MB) 4,7%, (BSH) 9,5% dan (BSB) sangat meningkat menjadi 88,8%, Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Naga Beralih. Kata Kunci : Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Media, Kartu Angka.References
Arikunto. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. (edisi revisi). Jakarta : Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Conny Semiawan. 2010. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta : PT Gramedia.
Djamarah. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Ebbut. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Gomes,Faustino Cardoso. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Ketiga. Yogyakarta : Andi Offsen.
Hartati, Sofia. 2010. Perkembangan Belajar Pada anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Moh Fauziddin. 2015. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Membilang dengan metode bermain media kartu angka. Jurnal AUDI, Volume 1, No.2.
Nurani. 2012. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : PT. Indeks.
Rapoport. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Riyanto, Theo dan Handoko, Martin. 2015. Pendidikan Pada Anak Usia Dini.Jakarta : PT. Grasindo.
Sugiono. 2010. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta Sujiono. 2015. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.
Tadkirotun. 2012. Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Tangerang : Universitas Terbuka.
Tim PKP PG PAUD. 2008. Panduan Pemantapan Kemampuan Profesional.
Jakarta : Universitas Terbuka.
Wardani IGAK, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka.
Zainal Aqib, Amrullah, A. 2018. Penelitian Tindakan Kelas-Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi.